Health

Kalori Ketoprak Bikin Gagal Diet? Masa Sih!

By Erwin |

Ketoprak sendiri adalah salah satu makanan yang menggunakan bahan kacang dan rasanya pun bisa dibilang sangat lezat. Makanan ini sendiri bahkan menjadi favorit beberapa orang. Di dalamnya terdapat banyak kalori dan protein yang tentunya menyehatkan. Intip kalori ketoprak sebelum Anda mengonsumsinya. 

Berapakah Kalori Ketoprak?

Ketoprak sendiri menjadi salah satu makanan Nusantara dan memiliki kandungan gizi yang seimbang. Di dalamnya terdapat kandungan gizi yang sangat penting seperti karbohidrat, protein, lemak dan juga vitamin. Akan tetapi, untuk kalori ketoprak sendiri sangat tinggi sehingga beberapa orang yang sedang diet tidak akan mengonsumsi makanan ini. 

Untuk 1 porsi makanan ketoprak ini sama halnya dengan 200 gram dan kalori ketoprak sendiri sebesar 306 kkal. Dari manakah jumlah kalori ini berasal? Jawabannya dari ketupat, tahu, bihun, tauge bahkan saus kacangnya sendiri. Bahkan di dalam ketoprak juga ada kerupuk udang yang akan menambah kalori dari ketoprak ini. 

Jika dikonsumsi seporsi saja, ketoprak menjadi sangat aman dan wajar untuk dikonsumsi karena protein dan kalori yang tidak terlalu tinggi. Makanan ketoprak sendiri juga mengandung protein nabati dan juga hewani yang termasuk telur, tauge dan tahu. 

Apakah Cocok Mengonsumsi Ketoprak Saat Diet? 

Bagi beberapa orang yang sedang diet, pastinya mereka akan menjaga pola makan mereka dan tidak mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak kalori seperti ketoprak. Namun, apakah dipastikan bahwa ketoprak sendiri tidak cocok dikonsumsi untuk diet? Tentunya benar saja bahwa kandungan di dalam ketoprak sendiri adalah karbohidrat yang tinggi dan juga lemak yang sangat besar. 

Bagi Anda yang sedang dalam program diet dan ingin mengonsumsi ketoprak, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengatur jumlah kalori dengan tepat. Khususnya pemilihan bahan makanan dan juga bagaimana cara memasaknya yang tepat. 

Ketoprak yang biasanya dijual di pasaran tentu akan mengandung jumlah kalori yang sangat tinggi karena adanya tambahan kacang dan juga porsi yang besar. Nah, untuk cara meminimalkan jumlah konsumsi kalori ketoprak yang tinggi, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut: 

  • Buatlah saus kacang sendiri yang pastinya menyehatkan. Jika pada umumnya saus kacang mengandung banyak penyedap rasa dan minyak, maka Anda bisa menyangrainya yang akan mengurangi kandungan minyak. 
  • Jangan lupa juga untuk mengurangi porsi dari bihun dan juga lemak. Dikarenakan kerupuk dan bihun juga mengandung kalori yang cukup tinggi. 
  • Jika di dalam ketoprak akan menggunakan tahu goreng, maka Anda bisa menggantinya menggunakan tahu rebus yang juga akan mengurangi kadar minyak. Jika ingin tetap di goreng, Anda bisa menggunakan air fryer dengan metode penggorengan tanpa minyak. 

Jadi, itulah informasi jumlah kalori pada salah satu makanan yang menjadi favorit banyak orang yaitu ketoprak. Bagi Anda yang sedang diet maka tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsinya karena dengan mengatur pola dan porsinya, Anda tetap bisa mengonsumsinya. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category