Health

Bagaimana Cara Menghitung Kalori Harian yang Diperlukan Tubuh?

By Erwin |

Ingin tahu cara menghitung kalori harian? Pada kesempatan kali ini, mari lihat rumus hitung yang bisa Anda gunakan untuk keperluan kalori harian ini. Jika sudah tahu kebutuhan kalori, pasti lebih mudah untuk atur makan dan diet!

Rumus Cara Menghitung Kalori Harian

Untuk hitung kalori harian, Anda harus pisahkan rumus menjadi dua, yaitu hitungan rumus untuk pria dan satu lagi untuk wanita. Berikut adalah rumus hitungan kebutuhan kalori pria dan wanita tersebut:

Pria

Tahap pertama untuk cari kebutuhan kalori pria sehari-hari, Anda harus hitung BMR terlebih dahulu dengan rumus sebagai berikut:

BMR = 66,5 + (13,75 * kilogram berat badan) + (5,003 * centimeter tinggi badan) – (6,75 * usia)

Hasil hitungan BMR tersebut akan dikalikan dengan rating aktivitas keseharian Anda. Rating ini adalah antara 1,2 sampai 1,9. Semakin rendah aktivitas harian angkanya makin dekat 1,2 sedangkan makin aktif secara fisik, rating akan mendekati 1,9.

Jadi untuk kalori akan dihitung dengan rumus berikut:

Kalori harian pria = BMR Pria * rating aktivitas

Wanita

Sama halnya dengan hitung kalori pria, wanita juga harus hitung BMR dulu. Namun rumus yang digunakan berbeda, yaitu:

BMR = 665 + (9,6 * kilogram berat badan) + (1,8 * centimeter tinggi badan) – (4,7 * usia)

Setelah itu, gunakan rating aktivitas yang sama yaitu antara 1,2 samai 1,9 tergantung seberapa besar kegiatan fisik si wanita.

Pada tahapan akhir, hitung dengan rumus:

Kalori harian wanita = BMR Wanita * rating aktivitas

Ternyata mudah bukan cara menghitung kalori harian? Anda sekarang tahu berapa batasan kebutuhan kalori tubuh dan menggunakan info tersebut untuk rencana diet.

Perhitungan Ini Hanya Perkiraan Semata

Setelah tahu cara menghitung besaran kalori harian Anda, sekarang waktunya menjelaskan beberapa catatan yang harus Anda ingat.

Penghitungan kalori harian menggunakan rumus tersebut adalah perkiraan semata. Jadi, jangan anggap hitungan tersebut akurat dan dapat dijadikan patokan pasti. Saat hitung kalori kebutuhan harian, Anda harus asumsikan hal ini tidak akurat dan masih memiliki faktor eror tinggi.

Walaupun begitu, Anda bisa pakai angka sebagai pembatasan kira-kira konsumsi harian kalori Anda. Gunakan hitungan tersebut sebagai perkiraan dasar dan hitung jumlah kalori makanan yang Anda konsumsi dalam sehari.

Jika jumlah kalori makan masih di bawah perkiraan kalori harian Anda, berat badan tubuh pasti mudah turun. Sebaliknya bagi yang ingin jaga berat badan tubuh tetap sama, pastikan kalori yang masuk tidak terlalu besar dibandingkan referensi hitungan kalori yang dilakukan dengan rumus di atas.

Penjelasan cara menghitung kalori harian di atas akan membantu Anda jaga berat badan lebih mudah. Saat tahu kebutuhan kalori diri sendiri, Anda tinggal hitung berapa kalori yang masuk dalam tubuh setiap harinya. Jika mampu jaga asupan masuk selalu lebih rendah dari kebutuhan, Anda akan turun berat badan lebih efektif!

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category