Health

Defisit Kalori Adalah Raja Teknik Diet yang Efektif, Apakah Anda Ingin Belajar Cara Melakukannya?

By Erwin |

Banyak orang tahu bahwa defisit kalori adalah salah satu teknik diet yang banyak direkomendasikan. Namun, banyak orang tidak tahu mengapa teknik diet ini efektif. Untuk menjelaskan apa itu defisit kalori dan cara melakukannya, Anda wajib baca artikel berikut ini!

Penjelasan Umum Tentang Teknik Diet Defisit Kalori

Secara umum, defisit kalori dapat dijelaskan sebagai membatasi asupan kalori masuk lebih kecil dibandingkan kebutuhan kalori tubuh. Tentu saja kebutuhan kalori manusia bisa berbeda dan terpengaruh hanya faktor. Namun, defisit kalori hanya akan sukses jika Anda perhitungkan faktor tersebut.

Manusia dewasa membutuhkan kalori sekitar sampai 2.000 – 2.500 kalori per harinya untuk kegiatan umum sehari-hari. Jadi, dalam teknik diet defisit kalori, Anda harus batasi asupan makanan di bawah batasan tersebut tiap harinya. 

Batasan kalori ini bisa lebih tinggi bagi golongan dewasa yang terlibat banyak aktivitas fisik. Contoh atlet dan kuli bangunan pasti membakar lebih banyak kalori dibanding standar normal 2.500 kalori per harinya.

Jadi, sesuaikan diet Anda dengan gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Jangan sampai Anda terlalu menekan diri diet jauh dari standar kebutuhan kalori tubuh dan menjadi tidak mampu beraktivitas.

Cara Melakukan Diet Defisit Kalori

Agar lebih efektif melakukan teknik diet ini, ada beberapa arahan yang bisa Anda ikuti. Melakukan teknik defisit kalori adalah hal yang mudah secara teori, tetapi sulit dalam prakteknya. Bagi yang kesulitan, baca arahan teknik dietnya berikut ini:

  • Melakukan Perhitungan Kalori yang Dibutuhkan Tubuh

Hitung kebutuhan kalori rata-rata Anda tiap hari. Hal ini dapat dihitung dengan mencari info kegiatan yang Anda lakukan dalam sehari dan menghitung berapa besar kegiatan tersebut membakar kalori. Informasi ini dapat Anda cari di internet sebagai referensi. Contoh saja rata-rata kerja kantoran akan bakar 1.600 kalori pada umumnya.

  • Membatasi Kalori yang Dikonsumsi

Setelah tahu berapa besar kebutuhan kalori rata-rata sehari, sekarang waktunya menghitung makanan yang masuk. Setiap makanan harus Anda cari informasi kalorinya per porsi. Setelah itu, batasi besaran kalorinya agar tidak konsumsi lebih dari kalori yang dibakar tubuh.

  • Meningkatkan Aktivitas untuk Bantu Bakar Kalori Tubuh

Untuk membantu diet ini, pastikan cari kegiatan fisik untuk tambahkan beban kebutuhan kalori tubuh. Semakin banyak aktivitas tubuh, semakin mudah melakukan diet defisit kalori karena jumlah kalori yang dibakar makin besar.

Jika batasan kalori meningkat, pilihan makanan tidak akan sulit ditentukan. Bagi yang ingin tetap nikmati bebas makan, pastikan rutin olahraga untuk memastikan kebutuhan kalori sehari-hari tetap tinggi.

Semoga Sukses Melakukan Diet Defisit Kalori!

Setelah tahu cara melakukannya, sekarang Anda bisa praktek sendiri. Teknik diet ini memang berat dilakukan pada awalnya. Namun, hasilnya sangat efektif turunkan berat badan saat sudah terbiasa disiplin.

Gaya hidup yang terbiasa menghitung kalori juga membantu jaga berat badan secara jangka panjang. Teknik defisit kalori adalah salah satu yang paling direkomendasikan jika Anda ingin gaya hidup yang lebih sehat. Semoga teknik diet ini bermanfaat bagi Anda dan semoga sukses melakukan dietnya!

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category