Health

Mari Bahas Jumlah Kalori Nasi Kuning dan Tips Konsumsinya yang Aman Untuk Diet!

By Erwin |

Bagi yang suka makan nasi kuning tapi ingin diet, Anda wajib baca bahasan artikel ini. Di sini akan dibahas info kalori nasi kuning serta tips cara konsumsinya yang aman untuk turunkan berat badan. Yuk, cek bersama bahasannya berikut ini!

Informasi Kalori Nasi Kuning

Kalori pada nasi kuning adalah sekitar 100 kalori per porsi. Porsi ini umumnya sekitar 105 gram saja. Namun, Anda jangan lengkah melihat kalori yang terkesan biasa saja ini.

Memang dibandingkan alpukat yang mengandung 160 kalori per 100 gram, nasi kuning tidak terlalu buruk. Perspektif ini sebenarnya kurang tepat. Anda harus lihat bahwa 100 kalori per porsi dari nasi kuning hanya melihat nasi saja.

Saat makan nasi kuning, Anda akan makan juga lauk, sambal, lalap dan sayur. Jadi, jangan hanya lihat kalori per porsi dari nasinya saja. Jika dihitung dengan kelengkapan nasi kuning tersebut, kalori yang Anda makan pasti lebih banyak!

Tips Tetap Lancar Diet Makan Nasi Kuning

Setelah bahas jumlah kalori nasi kuning, sekarang waktunya bahas bagaimana cara konsumsinya yang cocok untuk diet. Menu nasi kuning tetap dapat Anda  konsumsi walaupun ingin turunkan berat badan selama lakukan tips berikut ini:

  • Kurangi Jumlah Konsumsi per Porsi

Anda bisa batasi makanan nasi kuning untuk setengah porsi saja setiap kali makan. Hal ini akan potong asupan kalori dari 100 kalori per makan jadi 50 kalori saja.

Porsi nasi yang dikurangi dapat harus sebanding juga dengan lauk dan toping nasi kuning yang akan dikonsumsi. Percuma sudah mengurangi porsi nasi kuning tetapi lauk tetap satu dada ayam goreng besar. Kurangi lauk menjadi separuh juga.

  • Padukan dengan Makanan Penuh Serat

Padukan dengan makanan yang membantu jaga rasa kenyang. Hidangan nasi kuning harus dipadukan dengan makanan berserat tinggi. Hal ini berguna membantu perut terasa tetap kenyang dalam waktu lama. Jika hanya makan nasi kuning saja, biasanya Anda cepat merasa lapar dan cari camilan

  • Tingkatkan Aktivitas Tubuh

Jika ingin turunkan berat badan, metode pembatasan kalori dari makanan tidak akan cukup. Anda harus padukan dengan aktivitas tubuh yang banyak.

Semakin banyak kegiatan fisik dilakukan, makin besar pembakaran kalori yang terjadi. Hasilnya, Anda tidak akan masalah menikmati hidangan nasi kuning karena kalorinya akan terpakai untuk kegiatan fisik tersebut.

Sangat disarankan rutin olahraga setiap harinya. Minimal jalan kaki sekitar 7.000 langkah per harinya. Jika disiplin mampu penuhi hal tersebut tiap hari, pasti Anda tetap turun berat badan walaupun makan nasi kuning sering-sering.

Tetap Bebas Makan Hidangan Kesukaan Asal Tahu Cara Kontrol Kalori

Tips yang dibahas di atas dapat digunakan juga untuk berbagai hidangan lain yang mirip. Contoh saja nasi bakar, nasi goreng ataupun nasi uduk dapat menjadi lebih ringan kalorinya menggunakan tips yang sama.

Rasakan pengalaman diet lebih bebas tanpa harus pilih-pilih menu makanan dengan tips ini. Mudah-mudahan info kalori nasi kuning dan tips tersebut berguna bagi Anda semua!

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category