Mom & Kids

Penyebab & Cara Mencegah Bayi Sering Tersedak saat Menyusu

By Vivi |

Bahayakah bayi sering tersedak saat menyusu? Jangan sepelekan bayi yang tersedak apalagi saat menyusu. Hal tersebut karena dampaknya cukup berbahaya untuk saluran pernapasan bayi yang masih sempit. Saat saluran pernapasannya terganggu, nyawa si buah hati pun ikut terancam.

Umumnya bayi tersedak saat minum ASI (air susu ibu) karena terlalu bersemangat mengisap ASI ibu. Kondisi diperparah saat ASI sedang mengalir begitu deras. Oleh karena itu, Anda perlu memahami apa penyebab bayi tersedak saat menyusu, akibat bayi sering tersedak saat menyusu dan cara mencegahnya berikut ini.

Penyebab Bayi Sering Tersedak saat Menyusu

Kenapa bayi sering tersedak saat minum susu? Ini merupakan pertanyaan dasar bagi seorang ibu baru atau ibu yang sedang menyusui anaknya. Alasan kenapa bayi keselek minum ASI atau susu formula karena saluran pernapasan bayi masih sempit dan kemampuan menelan serta mengunyahnya belum sempurna.

Saat ASI yang keluar dari payudara ibu begitu deras, aliran susu yang masuk ke mulut bayi lebih besar dari kemampuannya menelan susu sehingga bayi tersedak hingga batuk saat menyusu. 

Termasuk saat payudara ibu terangsang oleh bayi menyusu. Hormon oksitosin di dalam tubuh secara refleks akan melepaskan ASI dalam jumlah besar dan cepat. Kondisi ini juga yang menyebabkan bayi tersedak ASI.

Di samping itu, bayi yang meminum susu melalui botol juga bisa kesedak susu. Ada berbagai penyebabnya di antaranya:

  • Posisi botol susu yang tidak sesuai
  • Bayi berada di posisi berbaring telentang saat minum susu
  • Posisi bagian bawah botol susu lebih tinggi dari posisi puting botol membuat laju susu semakin cepat
  • Ukuran dot atau lubang dot yang terlalu besar dan tidak sesuai dengan penggunaan dot berdasarkan usia bayi

Tanda-tanda Bayi Tersedak Susu

Anda dapat mengenali bayi tersedak susu saat mendengar suara batuk saat bayi menyusu. Respons batuk merupakan respons alami saat bayi akan mengeluarkan benda atau objek asing penghambat saluran pernapasan.

Mengutip dari website HaiBunda, menurut La Leche League gejala bayi mengisap susu berlebih yakni saat bayi terlihat gelisah kemudian batu saat menelan ASI.

Dalam tingkat yang lebih parah, Anda perlu membawa bayi segera ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. Adapun gejala bayi keselek minum ASI atau susu yang perlu dibawa ke dokter di antaranya:

  • Bayi terlihat lebih rewel dari biasanya
  • Bayi sulit bernapas atau sesak napas
  • Suara napas bayi mengeluarkan suara
  • Warna bibir dan kulit bayi kebiruan
  • Bayi terlihat lemah
  • Bayi tidak bisa menangis
  • Bayi kehilangan kesadaran atau tidak responsif

Baca Juga: Rekomendasi Merk Suplemen Asam Folat, Bantu Jaga Bumil dan Janin

Cara Mencegah Bayi Sering Tersedak saat Menyusu

Apabila menemukan bayi tersedak saat menyusu, meskipun Anda panik, tetap kontrol diri supaya rasa panik tersebut tak terlihat di depan bayi dan orang lain. Sebab bayi keselek saat minum ASI atau susu sebenarnya hal yang wajar dan pasti terjadi.

Cara mengatasi bayi tersedak saat minum ASI yang pertama dengan segera mengeluarkan puting payudara dari mulut bayi. Kemudian angkat tubuh bayi dan gendong dalam posisi berdiri atau posisi mendekap bayi. Selanjutnya, tepuk punggung bayi secara perlahan beberapa kali.

Sementara itu, cara mencegah bayi sering tersedak saat minum ASI, di antaranya sebagai berikut:

  • Menerapkan metode block feeding alias menyusui dengan satu payudara untuk beberapa waktu misalnya setiap 4 jam, tujuannya agar pasokan ASI di payudara sebelah berkurang sebelum akhirnya bayi berpindah ke payudara tersebut
  • Memastikan mulut bayi sudah melekat dengan benar dan dalam di puting ibu agar bayi bisa belajar menelan ASI dengan baik
  • Mengganti posisi menyusui dengan rutin
  • Menghentikan proses menyusui apabila bayi sudah kenyang
  • Memerah ASI terlebih dulu bila dirasa volumenya cukup banyak, perah ASI sebelum menyusui selama 1 sampai 2 menit, tujuannya untuk mengurangi volume ASI

Sedangkan mencegah bayi tersedak saat menggunakan botol dengan memperhatikan cara bayi menyusui menggunakan botol. 

Cara menyusui bayi yang benar agar tidak tersedak saat menggunakan botol adalah memperkenalkan cara menyusu dengan botol secara bertahap dimulai dengan posisi botol susu yang sejajar. Selain menghindari tersedak, cara ini juga membantu bayi mengisap dan mengontrol aliran susu yang akan masuk ke dalam mulut.

Rekomendasi Vitamin untuk Ibu dan Bayi saat Masa Menyusui

Selama masa kehamilan dan menyusui, bukan hanya anak saja yang membutuhkan nutrisi melainkan ibu hamil dan menyusui juga perlu memenuhi kebutuhan nutrisi. Tujuannya supaya asupan nutrisi yang didapatkan bayi saat masih dalam bentuk janin hingga lahir dan menyusui nanti tetap terjamin.

Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin yang disarankan untuk dikonsumsi ibu yang sedang merencanakan kehamilan, ibu hamil dan ibu menyusui.

1. Nutriwell Breastfeeding Formula

Nutriwell Breastfeeding Formula terbuat dari bahan utama ekstrak tumbuhan alami yang berperan penting untuk melancarkan produksi ASI. Dengan begitu, ibu dapat memberikan ASI eksklusif untuk bayi.

2. Natural Factors Calcium + D3 650 mg 400 IU

Natural Factors Calcium + D3 terdiri dari nutrisi utama kalsium sebanyak 650 mg yang dikombinasikan dengan vitamin D3 sebanyak 400 IU. Dengan formula khusus tersebut membantu menjaga kesehatan gigi, tulang hingga kesehatan saraf dan otot.

3. Nuvita Nutri Folic 1000 Mcg

Sementara itu, untuk mencukupi kebutuhan asam folat, Anda bisa mengonsumsi Nuvita Nutri Folic 1000 mcg. Setiap 1 tabletnya terkandung 1000 mcg asam folat untuk membantu mencegah keguguran dan kelahiran bayi cacat untuk ibu hamil. Manfaat lainnya yaitu untuk membentuk sel darah merah guna mencegah anemia.

4. Wellness 2 A Day Multivitamin Formula

Wellness 2 A Day Multivitamin Formula mengandung nutrisi anti oksidan lengkap di antaranya vitamin A, C, E, Hesperidin Complex dan Citrus Bioflavonoids Complex. Dengan mengonsumsi multivitamin ini dapa meningkatkan imunitas tubuh hingga terbebas dari paparan radikal bebas, membantu menjaa kesehatan jantung, tulang hingga mempercepat proses pemulihan pasca sakit.

5. Nutriwell Omega Complex

Rekomendasi multivitamin terakhir untuk mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui adalah Nutriwell Omega Complex. Multivitamin ini mengandung omega-3, omega-6, omega-9 dan asam lemak esensial yang berkhasiat menjaga kesehatan jantung, mata, kulit hingga otak.

Nah, itulah alasan kenapa bayi sering tersedak saat menyusu, gejala dan cara mencegah agar bayi tidak sering tersedak saat menyusu. Perubahan sedikit saja pada bayi dan ibu perlu Anda perhatikan agar terhindar dari efek samping berbahaya.

Lengkapi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil atau ibu menyusui dan bayi dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang aman. Temukan suplemen multivitamin untuk ibu dan anak di Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category