Sport

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

By Vivi |

Mana yang lebih baik, BCAA vs creatine? Pertanyaan ini sering digaungkan oleh orang yang sedang fokus latihan fisik untuk mengembangkan massa dan membentuk otot.

Cukup sulit menentukan suplemen mana yang akan dikonsumsi untuk mendukung proses pembentukan otot ini. Masing-masing nutrisi memiliki khasiatnya masing-masing dengan tujuan akhir pembentukan otot.

Akan tetapi, waktu ideal mengonsumsinya berbeda-beda. Lantas, mana yang lebih efektif untuk pembentukan otot, kreatin vs BCAA?

Apa Itu BCAA?

Branch Chain Amino Acids atau BCAA adalah material penyusun protein. BCAA termasuk bagian dari asam amino esensial yang terdiri dari leusin, isoleusin dan valin. Ketiga material tersebut efektif untuk membentuk otot.

Sebanyak 20 asam amino yang dibutuhkan tubuh, namun hanya 11 asam amino yang dapat disintesis tubuh, sedangkan 9 lainnya didapatkan dari makanan sehat bernutrisi yang dikonsumsi manusia.

Berbeda dengan asam amino non-esensial yang bisa disintesis dalam tubuh, ketiga rantai cabang asam amino atau BCAA ini tidak dapat didapatkan tubuh secara mandiri. Oleh karena itu, penting untuk mencukupinya dari makanan atau suplemen multivitamin.

Manfaat yang akan didapatkan dengan mengonsumsi BCAA antara lain:

  • Meningkatkan pertumbuhan dan pembentukan otot sebab BCAA memiliki bahan dasar penyusun protein dan otot
  • Meningkatkan performa saat latihan fisik dan olahraga dengan mengelola metabolisme lemak
  • Menekan rasa lelah selama berolahraga karena produksi serotoninnya dikurangi di dalam otak
  • Memperbaiki dan membangung jaringan otot baru pasca latihan fisik dan olahraga
  • Mengelola kadar gula darah dengan menjaga simpanan gula hati dan otot dan merangsang sel
  • Menurunkan berat badan

Apa Itu Creatine?

Creatine atau kreatine merupakan senyawa asam organik bernitrogen yang berperan untuk menstimulus energi yang dibutuhkan sel-sel pada otot di dalam tubuh. Sebanyak 95% kreatin di dalam tubuh tersimpan di dalam otot rangka, sedangkan sisanya tersimpan di bagian testis dan otak.

Para atlet mencukupi kebutuhan creatine untuk meningkatkan konsentrasi fosfokreatin intramuskular sehingga pasokan energi dan regenerasi ATP yang dibutuhkan otot tercukupi. Bila ATP tak tercukupi, maka Anda cepat merasa lelah dan lesu saat melakukan olahraga dan latihan fisik.

Adapun manfaat mencukupi kebutuhan kreatin, di antaranya:

  • Meningkatkan performa para atlet karena perannya sebagai pemasok energi untuk latihan intensitas tinggi dan olahraga berat
  • Mengatasi permasalahan kram otot akibat kelelahan berolahraga
  • Meningkatkan jumlah kreatin di dalam otak sehingga kesehatan otak meningkat sekaligus memperbaiki gejala penyakit saraf
  • Mengatasi permasalahan otot sarkopenia atau kelainan otot dengan gejala kurangnya daya kuat dan massa otot hingga penurunan performa fisik
  • Meningkatkan pertumbuhan massa otot

Baca Juga: 10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Perbedaan antara BCAA dan Creatine

Kedua asam amino ini memiliki peran yang berbeda namun beririsan dalam proses peningkatan dan pembentukan massa otot. Untuk membentuk dan mempercepat proses pemulihan otot pasca latihan maka disarankan mengonsumsi BCAA. Namun BCAA tidak memberikan pasokan energi lebih untuk mengoptimalkan latihan fisik, tidak seperti creatine yang dapat diandalkan menjadi sumber energi.

Merangkum dari berbagai website kesehatan, berikut ini perbedaan BCAA vs creatine

Faktor Perbedaan

BCAA

Creatine

Nutrisi yang Diproduksi di dalam Tubuh

Tubuh tidak memproduksi BCAA secara alami di dalam tubuh

Tubuh memproduksi creatine secara alami di dalam tubuh

Sumber Makanan

Banyak makanan yang mengandung BCAA, seperti daging, susu dan nabati

Creatine hanya terkandung di dalam daging dan ikan saja

Sumber Energi

-

Memberikan energi lebih selama olahraga dan latihan fisik sehingga proses latihan lebih maksimal

Pembentukan dan Pertumbuhan Otot

Memberikan manfaat untuk meningkatkan massa otot sehingga proses pembentukan dan pertumbuhan otot lebih optimal

-

Proses Pemulihan Otot

Mempercepat proses pemulihan otot

Kerusakan otot lebih besar karena kinerja atletik, hanya saja proses regenerasi otot lebih besar

Dapat disimpulkan bahwa tidak ada fungsi yang lebih baik antara BCAA dan creatine. Sebab kedua asam amino tersebut memiliki manfaat yang berbeda namun dengan tujuan yang sama untuk meningkatkan kesehatan otot serta pembentukannya.

BCAA dan Creatine Apakah Bisa Digunakan Bersama?

Bila dihadapkan dengan pilihan kedua nutrisi ini, maka jawabannya tergantung dari tujuan latihan fisik Anda. Jika latihan fisik Anda hanya berfokus pada daya ketahanan latihan bukan intensitasnya maka suplemen BCAA lebih Anda butuhkan. Sebaliknya, bila Anda hanya berfokus pada meningkatkan kekuatan otot dan intensitas latihan maka suplemen kreatin jadi pilihan tepat.

Apakah kedua suplemen kreatin dan BCAA ini bisa dikonsumsi secara bersama-sama? Suplemen BCAA dan kreatin bisa dikonsumsi secara bersama-sama. Mengingat BCAA tidak diproduksi alami di dalam tubuh sedangkan creatine diproduksi di dalam tubuh secara alami dengan kadar terbatas, Anda dapat mengonsumsi kedua suplemen ini secara bersama-sama untuk menghasilkan pembentukan otot lebih optimal.

Rekomendasi Suplemen BCAA

Penuhi kebutuhan nutrisi asam amino rantai bercabang BCAA dengan mengonsumsi suplemen khusus Optimum Nutrition BCAA Boost. Selain mengandung BCAA, terdapat juga kandungan asam amino L-Sitrulin dan elektrolit. Khasiatnya untuk memberikan nutrisi lebih kepada otot selama masa latihan, menghidrasi sekaligus memulihkan otot pasca olahraga.

Tersedia berbagai varian rasa menyegarkan, di antaranya:

Kemudian suplemen Optimum Nutrition BCAA 1000 dengan bentuk kapsul sebanyak 400 kapsul untuk satu botol berukuran 1000 mg. Kandungan leusin, isoleusin dan valinnya memiliki rasio perbandingan 2:1:1. Khasiat tambahannya untuk mempercepat proses sintesis protein, mempertahankan massa otot sekaligus mempercepat proses pemulihan.

Rekomendasi Suplemen Creatine

Sekalipun creatine diproduksi secara alami di dalam tubuh namun kadarnya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama proses pembentukan otot. Makanan yang mengandung creatine hanya bersumber dari daging dan ikan saja. Hal ini tentunya menimbulkan masalah bagi para vegan.

Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi creatine, Anda bisa mengonsumsi suplemen berikut ini:

Nah, itulah penjelasan selengkapnya mengenai manfaat dan mana yang lebih baik untuk dikonsumsi antara suplemen BCAA vs creatine. Namun perlu diingat bahwa bukan hanya BCAA dan creatine saja yang dibutuhkan, melainkan ada berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan untuk mensukseskan program pembentukan otot.

Untuk menemukan suplemen multivitamin lain untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa Anda temukan di website Natural Farm.

Yuk, jaga kesehatan sejak dini!

Referensi:

  • https://www.sirka.io/blog/2022/11/24/suplemen-bcaa-atau-kreatin-mana-lebih-baik/
  • https://www.sfidn.com/article/post/bcaa-vs-creatine-mana-yang-lebih-baik-untuk-pertumbuhan-otot
  • https://www-sixstarpro-com.translate.goog/blogs/articles/bcaa-vs-creatine?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc
  • https://barbend-com.translate.goog/bcaas-vs-creatine/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc
  • https://www-transparentlabs-com.translate.goog/blogs/all/bcaa-vs-creatine?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category