Health

Besaran Kalori Ubi Cilembu Serta Manfaat dan Risikonya Untuk Kesehatan

By Erwin |

Berapakah kalori ubi cilembu? Ubi cilembu merupakan salah satu sumber karbohidrat khas Indonesia. Anda dapat menemui makanan yang satu ini dimana saja, seperti di pasar tradisional, supermarket, bahkan di tempat-tempat wisata. Namun, apakah Anda penasaran, berapakah besarnya kalori ubi cilembu? Selain itu, apakah jenis ubi yang satu ini benar-benar memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan?

Nah, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai ubi cilembu, berapakah besaran kalorinya? Serta manfaat atau risiko apa sajakah yang bisa didapatkan dari mengonsumsi jenis ubi yang satu ini?

Besaran Kalori Ubi Cilembu

Ubi cilembu tidak hanya memiliki rasa yang manis dan lezat, namun juga bergizi tinggi. Anda dapat mengolahnya menjadi berbagai jenis makanan atau cukup merebus dan langsung mengonsumsinya sebagai cemilan.

Untuk setiap 100 gram ubi cilembu, kalorinya kurang lebih sebesar 86, dengan detail kandungan sebagai berikut: 20,4 gram karbohidrat atau sekitar 92%. Karbohidratnya sendiri terdiri dari gula, serat, serta mineral sodium dan potassium. Lemaknya hanya sekitar 0,1 gram atau 1% dan protein sebesar 1,6 gram atau 7%.

Ketika diolah menjadi jenis makanan lainnya, kandungan di atas bisa berubah. Misalnya jika Anda membakar ubi cilembu, besaran karbohidrat cenderung meningkat hingga 93%. Namun menariknya, makanan ini tetap tidak mengandung lemak sehingga cocok bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

Akan tetapi, apabila Anda mengolahnya menjadi keripik, besaran kalorinya bisa meningkat drastis hingga lebih dari 350 kalori. Kandungan lemak juga meningkat yang berasal dari minyak yang digunakan untuk menggoreng.

Manfaat dan Resiko Mengonsumsi Ubi Cilembu 

Tidak bisa dipungkiri ubi cilembu secara alami memberikan berbagai manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin, mineral, serta antioksidannya yang cukup tinggi. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika Anda mengonsumsi ubi cilembu.

  • Menjaga Kadar Gula Darah

Walaupun ubi ini tinggi karbohidrat, namun kandungan gulanya relatif rendah. Sehingga, sangat baik untuk menjaga kadar gula dalam darah serta kolesterol LDL. Berdasarkan penelitian, ubi cilembu juga efektif untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dianjurkan untuk penderita diabetes.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Karena kaya akan antioksidan, ubi cilembu sangat efektif untuk mencegah kerusakan oksidatif di dalam tubuh. Dengan demikian, risiko kanker bisa dikurangi. Manfaat lain dari antioksidan dalam ubi cilembu adalah untuk perawatan kulit dan anti-aging.

  • Cocok Untuk Diet

Apakah Anda saat ini sedang dalam program penurunan berat badan? Jika iya, ubi cilembu adalah salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini karena kandungan gula dan lemak dalam makanan ini cukup rendah. Selain itu, hanya dengan mengonsumsi sedikit saja, Anda akan mudah merasa kenyang. Sehingga menghindarkan Anda dari menyantap makanan lainnya yang kurang sehat.

Sementara itu, risiko kesehatan mengonsumsi ubi cilembu sangat rendah. Risiko ini biasanya didapatkan ketika Anda memutuskan untuk menggoreng atau menambah bahan lainnya seperti gula atau susu dalam olahan ubi cilembu.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category