Health

Kalori Nasi Uduk, Manfaat, Resiko, dan Tips Sehat Saat Mengonsumsinya

By Erwin |

Berapakah kalori nasi uduk? Nasi uduk merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sangat menggugah selera. Bagaimana tidak? Jenis nasi ini memadukan nasi putih yang pulen dengan berbagai rempah-rempah dan santan. Hasilnya? Nasi menjadi gurih dan lebih nikmat. Tidak hanya itu, nasi uduk juga cocok dinikmati bersama beraneka ragam lauk seperti tumis maupun ayam goreng.

Akan tetapi, pernahkah Anda bertanya-tanya? Berapakah jumlah kalori yang terkandung dalam nasi uduk? Apakah nasi uduk cocok untuk disantap ketika kita sedang dalam program diet? Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

Besaran Kalori Pada Nasi Uduk

Untuk seporsi nasi uduk tanpa tambahan lauk apa pun, beratnya kurang lebih sebesar 150 gram. Rata-rata jumlah kalorinya adalah sekitar 220 hingga 250. Tentunya, jumlah tersebut bisa bertambah sesuai dengan banyak dan jenis tambahan lauk yang Anda santap.

Untuk detail komposisi gizinya, sekitar 70% dari total kalori nasi uduk berasal dari karbohidrat. Kemudian 25% nya lagi adalah lemak yang berasal dari santan yang ditambahkan. Sisanya adalah nilai gizi lainnya seperti serat, vitamin, mineral, dan protein. Tentu saja, jika Anda menambahkan lauk, kalorinya akan bertambah. Hanya dengan ayam goreng saja, nilai kalori akan bertambah hingga 300.

Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Nasi Uduk

Seperti halnya jenis makanan yang lain, nasi uduk memiliki beberapa manfaat sekaligus risiko jika Anda mengonsumsinya. Untuk manfaatnya, nasi uduk sangat cocok bagi anak-anak atau balita yang masih memerlukan banyak asupan lemak. Ya, tambahan santan pada nasi uduk menambah jumlah komposisi lemak sehingga membantu untuk menghindari berbagai risiko kesehatan seperti stunting.

Nasi uduk juga bisa meningkatkan selera makan Anda karena rasanya yang gurih. Bagi Anda yang bosan dengan nasi putih biasa, nasi uduk bisa menjadi alternatif karbohidrat yang tepat.

Lalu, apakah menyantap nasi uduk juga memberikan dampak negatif terhadap kesehatan Anda? Tentu saja, apabila Anda makan terlalu sering serta mengonsumsinya bersama beraneka macam lauk berlemak lainnya. Terlalu banyak asupan lemak pada orang dewasa meningkatkan risiko kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Tips Mengonsumsi Nasi Uduk

Karena jumlah kalori nasi uduk yang cukup besar, maka makanan jenis ini tidak terlalu disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering oleh orang dewasa. Jadi sebenarnya, tidak ada salahnya untuk sekali-kali menyantap makanan lezat ini jika tidak setiap hari.

Cara lainnya untuk tetap sehat bahkan saat mengonsumsi nasi uduk adalah dengan mengurangi lauk tambahan yang berlemak. Anda dapat menggantinya dengan menambahkan sayuran segar. Pastikan untuk mengonsumsi banyak air putih agar metabolisme selalu lancar. Hal ini juga mencegah penumpukan lemak di dalam organ-organ vital Anda.

Solusi lainnya adalah dengan meminum the hijau atau minuman mengandung vitamin C dan sedikit gula. Tidak lupa terapkan gaya hidup sehat seperti berolahraga secara teratur.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category