Health

Nilai Kalori Telur Rebus, Manfaat, Hingga Resiko Mengonsumsinya

By Erwin |

Berapakah nilai kalori telur rebus? Telur rebus sering disebut-sebut sebagai makanan yang bernutrisi tinggi sekaligus sehat. Namun, pernahkah Anda berpikir tentang besaran kalori yang terdapat dalam satu butir telur rebus. Lalu, bagaimana dengan telur goreng? Manakah yang lebih sehat diantara keduanya? 

Nah, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai telur rebus, termasuk jumlah kalori, manfaat, serta tips sehat dalam pengonsumsiannya.

Kalori Telur Rebus

Satu butir telur rebus memiliki berat rata-rata sekitar 50 gram. Untuk berat yang demikian, kalori yang ada di dalamnya adalah sekitar 77. Dengan kata lain, nilai kalorinya cukup rendah dengan detail hanya sekitar 5 gram lemak dan sedikit karbohidrat. Sisanya adalah protein. Sehingga, bisa dikatakan bahwa telur rebus adalah salah satu makanan tinggi protein rendah lemak yang baik.

Lalu, apakah perbedaannya dengan telur goreng? Telur goreng memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi karena proses pengolahannya. Ya, minyak yang digunakan untuk menggoreng menambah kalori sebesar kurang lebih 20. Lemaknya sendiri bertambah hingga sekitar 7,33 gram.

Untuk orang dewasa, telur rebus adalah pilihan lebih sehat dibandingkan dengan telur goreng. Makanan ini bisa menjadi menu diet Anda, karena hanya mampu menambah massa otot, namun tidak bisa menambah akumulasi lemak di dalam tubuh.

Manfaat dan Risiko Mengonsumsi Telur Rebus

Bisa dikatakan bahwa telur rebus adalah salah satu makanan paling rendah risiko. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal ini karena kalori telur rebus cukup rendah dengan persentase lemak dan karbohidrat yang sedikit pula. Selain itu ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh antara lain.

  • Meningkatkan Kinerja Otak

Salah satu manfaat telur rebus yang mungkin tidak Anda sadari adalah untuk meningkatkan kinerja otak. Telur rebus mengandung senyawa bernama kolin yang dapat menunjang kemampuan sel-sel saraf pada otak. Jumlah kolin dalam telur rebus juga cukup banyak, yaitu hingga 150 mg.

  • Menjaga Kesehatan Jantung 

Telur juga mengandung omega-3, yaitu salah satu jenis lemak baik yang dapat membantu memerangi kolesterol. Dalam tubuh, kandungan lemak baik haruslah semakin tinggi sehingga resiko penyakit jantung dapat dihindari.

  • Menghindari Obesitas

Telur rebus merupakan salah satu menu diet terbaik karena minim lemak dan karbohidrat. Sebaliknya, kandungan proteinnya justru cukup tinggi sehingga baik untuk menu diet Anda. Tidak heran jika makanan yang satu ini sangat disarankan untuk menghindari obesitas.

Risiko kesehatan yang ditimbulkan karena mengonsumsi telur rebus tidak banyak. Hanya perlu diketahui bahwa kuning telur mengandung kolesterol sekitar 210 mg. Jumlah ini sebenarnya cukup kecil jika dibandingkan dengan makanan lain. Namun bagi Anda yang memiliki penyakit kolesterol, sebaiknya tetap mengurangi asupan kuning telur.

Risiko lainnya adalah alergi bagi Anda yang sensitif terhadap protein. Walaupun bagi sebagian orang tetap mengonsumsi telur rebus walaupun terdapat riwayat alergi akan membentuk kekebalan tubuh, Anda sebaiknya tetap berhati-hati. Konsultasikan pada dokter jika Anda memiliki alergi telur.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category