Health

Bijak Dalam Makan, Begini Cara Menghitung Kebutuhan Kalori

By Erwin |

Jumlah energi yang masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan maupun minuman dapat diukur dengan satuan kalori. Perhitungan kalori pada setiap orang dapat berbeda-beda menyesuaikan berat badan dan kebutuhan tubuh mereka. Ada cara menghitung kebutuhan kalori yang bisa anda lakukan sendiri menggunakan rumus mudah dari Harris-Benedict seperti berikut.

Mengenal Kalori

Sederhananya, kalori adalah jenis satuan yang digunakan dalam mengukur energi yang terkandung pada setiap minuman atau makanan. Umumnya jumlah kalori akan ditulis memakai satuan kilo kalori yaitu kkal, misalnya 300 kalori maka penulisannya menjadi 300 kkal. Total kalori harian yang dikonsumsi dapat jadi penentu berat badan anda, sehingga dengan menghitung kebutuhan energi anda dapat memudahkan penyesuaian diet dan nutrisi bagi yang sedang menaikkan atau menurunkan berat badan.

Cara Mudah Hitung Kalori

Perempuan dan laki-laki dewasa memiliki kebutuhan kalori harian berbeda, rata-rata kalori yang dibutuhkan kaum hawa adalah 2.000 kalori, sedangkan laki-laki mencapai 2.500 kalori. Namun kebutuhan kalorinya tetap mengikuti bobot tubuh seseorang.

Anda yang ingin coba menghitung kalori berdasarkan usia, berat badan, jenis kelamin, serta tinggi badan dapat mengikuti rumus berikut : 

  • Kalori laki-laki: (13,4 + 88,4 x berat badan) + (tinggi badan x 4,8) - (umur x 5,68)
  • Kalori perempuan: (9,25 x berat tubuh + 447,6) + (tinggi badan x 3,10) – (umur x 4,33) 

Setelah didapatkan hasil perhitungan BMR, kemudian dilanjutkan dengan mengalikan ke angka aktivitas harian (kisaran mulai 1,2 hingga 1,9). Makin rendah aktivitasnya, maka berbanding lurus dengan angka yang rendah dan menghasilkan jumlah kebutuhan kalori harian.

Contoh Menghitung Kalori

Ani sekarang berusia 25 tahun dengan bobot badan 50 kg dan tinggi badan 152 cm, sehari-harinya Ani cukup banyak kegiatan. Maka cara hitung kebutuhan kalorinya sebagai berikut : 

  • (9,25 x 50 + 447,6) + (152 x 3,10) - (25 x 4,33) x 1,8 (kisaran angka aktivitas harian)

= 2,291 

Jadi, total kalori harian yang diperlukan oleh Ani adalah 2,291 kkal.

Apa Pentingnya Kalori?

Kalori dan energi diperlukan oleh seluruh manusia untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan tetap hidup. Tanpa adanya kalori, semua organ tubuh termasuk otak pastinya tidak akan berfungsi dengan baik.

Pemenuhan asupannya tetap harus anda jaga sebaik mungkin, sebab kalori yang masuk berlebihan atau kurang dapat berpengaruh besar terhadap ketidakseimbangan dalam tubuh, bahkan memicu berbagai penyakit berat. Dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan kalori yang telah kami jabarkan di atas, semoga anda bisa lebih tahu langkah tepat dalam memenuhi kebutuhan kalori harian berdasarkan berat badan, usia, jenis kelamin, dan tinggi badan. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category