Health

Ketahui Kalori Kentang Rebus, Baguskah Untuk Program Diet?

By Erwin |

Makanan ini memang sering dijadikan sebagai makanan saat diet, tetapi berapakah jumlah kalori kentang rebus. Informasi mengenai kandungan kalori ini sangat penting diketahui karena menjadi penyumbang dari kenaikan badan seseorang. 

Sebelum melakukan pengecekan kalori, Anda bisa melihat dahulu total kebutuhan kalori harian berdasarkan dengan jenis kelamin, berat badan, usia ataupun tinggi badan. Sesudah itu, barulah Anda bisa mengecek jumlah kalori yang terdapat di dalam kentang rebus ini. 

Informasi Kalori Kentang Rebus 

Seperti telah diketahui kentang adalah jenis umbi umbian yang bisa berperan sebagai sumber karbohidrat. Tidak hanya itu saja, jenis umbi inipun juga sering dimanfaatkan untuk makanan saat tengah menjalani program diet. 

Lantas berapakah jumlah kalori yang terdapat didalamnya? Di dalam 100 gram kentang rebus ternyata mempunyai kandungan kalori sebesar 87 KKal. Sedangkan di dalam satu mangkuk kentang rebus mengandung 140 kalori. 

Di samping itu, terdapat juga kandungan lainnya yang terdapat di dalam kentang rebus 100 gram. Misalnya 1 persen lemak, 8 persen protein hingga 91 persen karbohidrat. Adanya rincian tersebut dapat membuktikan bahwa kentang rebus bisa menjadi sumber karbohidrat yang sehat serta rendah lemak. 

Selain itu, jumlah kalori 100 gram kentang goreng tersebut juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Sebab di dalam 100 gram nasi putih mempunyai kandungan 130 kalori. Tidak heran kalau orang yang sedang menjalani program diet dianjurkan buat mengonsumsi kentang rebus dibandingkan dengan nasi putih. 

Manfaat Kentang Rebus Buat Kesehatan 

Sudah tahu informasi terkait dengan kentang rebus di atas bukan? Ternyata kentang rebus ini juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Terlebih lagi kandungan yang terdapat di dalamnya juga sangat bagus dan berikut sejumlah manfaatnya. 

  • Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan potasium di dalam kentang tidak hanya bagus buat tekanan darah tetapi juga berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi kentang ternyata akan membantu menurunkan adanya produksi leukosit yang bisa meningkatkan peradangan. 

  • Mengontrol Gula Darah Dalam Tubuh

Pati resisten yang terdapat pada kentang rebus ternyata dapat mengurangi adanya resistensi insulin yang bisa meningkatkan kontrol gula darah. Tidak heran kalau makanan ini juga sangat bagus bagi para penderita diabetes karena bisa mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. 

  • Membuat Sistem Pencernaan Semakin Sehat

Bukan hanya berfungsi untuk mengontrol gula darah saja, tetapi pati resisten di dalamnya juga dapat meningkatkan kesehatan pada sistem pencernaan. Sebab kandungan ini bisa mencapai ke usus besar sebagai nutrisi untuk bakteri baik sehingga bisa mencegah sembelit atau penyakit pencernaan lainnya. 

Kentang rebus ternyata mempunyai jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan nasi putih. Dengan mengetahui informasi kalori kentang rebus, maka dapat berfungsi sebagai bahan referensi bagi Anda yang diet. 

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category