Sport

7 Cara Bulking untuk Orang Kurus yang Efektif dan Aman

By Vivi |

Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan bugar menjadi impian semua orang, tak terkecuali pemilik badan kurus. Ada langkah dan cara bulking untuk orang kurus yang efektif membentuk tubuh khususnya otot agar terlihat manly.

Secara sederhana, definisi bulking adalah metode pelatihan fisik untuk membentuk tubuh dengan cara menambah massa otot kemudian membentuknya melalui latihan fisik.

Aktivitas menambah otot berbeda dengan menambah lemak dan berat badan pada umumnya yang mengandalkan banyak makan. Dalam hal ini, cara menambah massa otot untuk orang kurus juga perlu dengan banyak makan tapi dengan beberapa ketentuan.

Cara Bulking untuk Orang Kurus

Cara bulking untuk orang kurus yang paling fundamental adalah menentukan tujuan program bulking. Apakah bertujuan untuk menambah berat badan, meningkatkan massa otot atau hanya ingin membentuk otot dan tubuh. Berikut ini uraian selengkapnya.

1. Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Dalam proses bulking, konsumsi kalori harian tubuh bertambah sekitar 10 sampai 20 persen dari total kalori harian. Umumnya asupan kalori harian yang dibutuhkan sekitar 300 sampai 500 per hari.

2. Mengonsumsi Sumber Protein Cukup

Pastikan kebutuhan protein tubuh tercukupi, khususnya selama program bulking. Protein berfungsi untuk meningkatkan dan membentuk massa otot. Adapun sumber protein berasal dari daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu dengan kandungan lemak rendah hingga sumber protein nabati.

3. Menyeleksi Sumber Karbohidrat Sehat

Anda tetap membutuhkan karbohidrat namun harus lebih selektif dalam memilih sumber karbohidrat sehat. Seperti yang tertulis dalam website Kementerian Kesehatan, sumber karbohidrat kompleks berasal dari kentang, oatmeal dan nasi merah.

4. Tetap Mengonsumi Lemak tapi yang Sehat

Walaupun sedang dalam program diet atau program bulking, Anda tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Tujuannya untuk menyeimbangkan hormonal dan mengoptimalkan fungsi sel untuk pertumbuhan otot. Sumber lemak sehat di antaranya biji-bijian, minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat.

5. Menyusun Program Bulking dengan Latihan Beban Berintensitas Tinggi

Susun program bulking yang terdiri dari latihan beban berintensitas tinggi, diantaranya deadlift, barbell rows, squat, dan bench press. Tujuan latihan beban berintensitas tinggi tersebut membantu perangsangan otot untuk tumbuh dan berkembang.

6. Merencanakan Waktu Istirahat Cukup

Jadwalkan waktu istirahat dan tidur yang cukup. Waktu tidur ideal sekitar 7 sampai 9 jam. Kemudian setiap latihannya sisipkan waktu istirahat yang cukup juga.

7. Mengonsumsi Suplemen Bulking yang Aman dan Tepat

Langkah terakhir untuk mengoptimalkan program bulking melalui pemenuhan kebutuhan nutrisi tubuh melalui suplemen yang aman dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan. Adapun asupan nutrisi yang dibutuhkan antara lain asam amino esensial rantai bercabang (BCAA).

Baca Juga: Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat, dan Cara Bulking yang Tepat

Makanan Bulking untuk Orang Kurus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bulking merupakan metode membentuk tubuh dengan cara meningkatkan massa otot melalui kombinasi pola makan sehat dan latihan fisik untuk membentuk massa otot.

Namun cara menambah massa otot untuk orang kurus dan berat badannya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kalori dan protein. Tujuannya untuk mempermudah proses pembentukan tubuh dan otot itu sendiri. 

Berikut ini rekomendasi makanan untuk membantu proses bulking bagi orang kurus, di antaranya:

  • Daging yang kaya sumber protein
  • Telur yang kaya sumber protein
  • Kacang-kacangan menjadi sumber protein nabati
  • Oatmeal menjadi sumber karbohidrat kompleks

Rekomendasi Suplemen untuk Bulking

Untuk mengoptimalkan program bulking untuk orang kurus, bantu proses tersebut dengan mengonsumsi suplemen multivitamin khusus. Berikut ini rekomendasi suplemen khusus mengoptimalkan program bulking khususnya bagi orang bertubuh kurus.

1. Optimum Nutrition Serious Mass

Optimum Nutrition Serious Mass memiliki kandungan kalori 1.250, kemudian 50 gram campuran protein, dan 250 gram karbohidrat tanpa tambahan gula. Selain itu, terkandung juga creatine, glutamin dan glutamic acid serta 25 vitamin dan asam mineral.

Dengan kandungan tersebut, suplemen bulking dari Optimum Nutrition ini efektif untuk meningkatkan berat badan sekaligus membentuk fisik manusia lebih bagus lagi. Tersedia berbagai rasa yang lezat seperti banana, cokelat, vanila dan strawberry. Untuk ukurannya sendiri yang berukuran 3 lb, 6 lb dan 12 lb.

2. Optimum Nutrition Pro Complex Gainer

Untuk mengembalikan energi dan mempercepat proses pemulihan dengan cepat pasca olahraga, Anda bisa mengonsumsi Optimum Nutrition Pro Complex Gainer. Di setiap satu takarannya terkandung 650 kalori.

Kandungan proteinnya cukup lengkap mulai dari  Whey Protein Konsentrat, Whey Protein Isolat, dan Peptida Hidrolisa Whey. Tersedia rasa double cokelat yang lezat sebagai minuman saat berolahraga. Anda bisa memilih suplemen berukuran 5,09 lb dan 10,19 lb.

3. BSN True Mass 1200

Rekomendasi suplemen bulking terakhir untuk orang yang bertubuh kurus ialah BSN True Mass 1200 dengan variasi rasa vanila, cokelat, dan strawberry. Setiap takaran sajinya mengandung BCAA, asam amino esensial dan minyak trigliserida rantai untuk memenuhi nutrisi harian tubuh.

Tips agar program bulking bagi orang kurus agar menghasilkan bobot dan bentuk tubuh ideal dengan mengikuti seluruh proses dan cara bulking untuk orang kurus sesuai aturan, konsisten dan sabar.

Setiap perubahan membutuhkan kesabaran dan konsisten untuk mendapatkan hasil sesuai tujuan. Dengan melakukan latihan fisik bulking untuk orang kurus dan mengonsumsi suplemen untuk membantu proses bulking dengan disiplin dan konsisten maka bukan tidak mungkin Anda akan memiliki bobot dan bentuk tubuh ideal.

Untuk menemukan suplemen multivitamin untuk membantu proses olahraga dan latihan fisik, Anda bisa temukan suplemen multivitamin yang aman di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:
https://bnp.jambiprov.go.id/rahasia-tersembunyi-cara-bulking-badan-kurus/#Makanan_untuk_Bulking_Badan
https://fithub.id/blog/cara-bulking-untuk-orang-kurus
https://www.sehataqua.co.id/cara-bulking-untuk-orang-kurus/

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category