Sport

Pre Workout: Definisi, Manfaat, hingga Rekomendasi Suplemen

By Vivi |

Pre workout adalah persiapan yang dilakukan sebelum berolahraga untuk mendapatkan energi yang cukup saat akan berolahraga. Pasalnya saat tubuh memiliki energi pas-pasan, aktivitas latihan fisik dan olahraga jadi kurang maksimal.

Tubuh membutuhkan energi sekitar 1800 sampai 2400 kalori per hari agar olahraga dan aktivitas sehari-hari tetap bisa berjalan dengan optimal. Dengan begitu, Anda terhindar dari risiko tubuh kelelahan, penurunan performa tubuh hingga menimbulkan gangguan kesehatan secara fisik maupun mental.

Apa Itu Pre Workout?

Seperti yang tertulis pada website Fithub, definisi pre workout adalah istilah yang  merujuk untuk mengonsumsi makanan atau suplemen khusus dengan bahan-bahan khusus untuk meningkatkan kinerja atletik pada tubuh.

Adapun kandungan pre workout di antaranya kreatin, asam amino dan kafein. Kombinasi seluruh bahan tersebut efektif untuk mengoptimalkan performa  latihan dengan memberikan tambahan energi serta mengurangi kelelahan tubuh.

Meskipun nyaris serupa, akan tetapi tujuan sejatinya pre workout untuk memberikan tambahan energi untuk meningkatkan performa latihan fisi

Manfaat Pre Workout

Fungsi pre workout bukan sebatas untuk mengoptimalkan tubuh untuk  memberikan energi tambahan selama akan latihan fisik dan olahraga saja. Berikut ini kegunaan pre workout dalam bentuk makanan atau suplemen, di antaranya:

  • Menambah energi yang dibutuhkan selama berolahraga sehingga Anda bisa menggunakan alat atau metode olahraga apa saja
  • Meningkatkan fokus seseorang saat berolahraga di pagi hari sekalipun baru bangun dan dalam kondisi mengantuk
  • Membantu proses pembakaran metabolisme dan lemak di dalam tubuh
  • Membantu perangsangan perkembangan dan pertumbuhan otot selama latihan fisik dan berolahraga

Baca Juga: Suplemen Gym: Jenis, Manfaat, & Rekomendasi Suplemen Terbaik

Waktu yang Tepat Minum Suplemen Pre Workout

Sementara itu, waktu ideal untuk mengonsumsi minuman dan makanan pre workout sekitar 30 sampai 40 menit sebelum workout dimulai. Tujuannya supaya nutrisi dapat terserap oleh tubuh dan memberikan efek optimal selama proses latihan fisik.

Apakah pre workout aman? Mengonsumsi pre workout meal dan suplemen tergolong aman dengan catatan Anda mengonsumsi sesuai aturan konsumsi yang tertulis di kemasannya. 

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa pre workout bukan sejenis pengobatan tertentu, sehingga Anda perlu cukup berhati-hati dan cermat dalam mengonsumsinya. 

Mengutip dari website Fithub, penting mengetahui kandungan apa saja dalam produk pre workout. Cari tahu apakah produk tersebut mengandung bahan kontaminasi yang dilarang World Anti-Doping Agency. Sebab bahan-bahan tersebut tidak lolos uji narkotika.

Kandungan yang disarankan dan aman dikonsumsi sebagai pre workout, di antaranya:

  • Kafein, menjadi stimulan yang membantu peningkatan fokus dan rasa waspada pasca 5 sampai 30 menit dikonsumsi, nutrisinya dapat bertahan di dalam tubuh hingga 12 jam
  • Beta-alanin, merupakan nutrisi asam amino non-esensial untuk menekan rasa lelah pada otot selama berolahraga sehingga Anda tetap semangat selama latihan
  • Kreatin, termasuk kelompok asam amino alami yang tersimpan pada otot untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa latihan
  • Taurin, termasuk kelompok asam amino dengan tambahan kandungan sulfur sehingga menekan rasa lelah pada otot hingga antiinflamasi dengan efek ergogenik
  • Ekstrak teh hijau, berfungsi untuk meningkatkan status antioksidan namun efektif untuk mengurangi stres oksidatif, dengan begitu otot pada terproteksi dari risiko kerusakan

Rekomendasi Suplemen Pre Workout Terbaik

Persoalan yang melekat dengan olahraga adalah kehabisan energi di tengah-tengah olahraga atau setelah olahraga. Kalau kehabisan energi setelah berolahraga mungkin minim permasalahan karena memang sudah waktunya Anda beristirahat.

Akan tetapi, bila kehabisan energi di tengah olahraga cukup berbahaya. Dampak seriusnya cukup berbahaya. Misalnya saja saat Anda nge-gym dan kehabisan tenaga di tengah mengangkat beban berat, risikonya beban tersebut bisa menimpa tubuh Anda dan menyebabkan kecelakaan kecil saat nge-gym.

Belum lagi bila Anda merasa kelelahan dan berhenti di tengah waktu berolahraga padahal belum melakukan pendinginan. Hal ini juga cukup berbahaya untuk tubuh.

Dari segi kesehatan tubuh, setiap gerakan jadi kurang optimal sehingga tujuan latihan dan olahraga jadi kurang tercapai maksimal. Karenanya penting mengonsumsi  suplemen khusus pre workout untuk menabung energi sebelum berolahraga.

Rekomendasi suplemen pre workout yang bagus ialah Optimum Nutrition Pre Workout. Suplemen Optimum Nutrition Pre Workout telah melalui rangkaian uji klinis oleh para ahli nutrisi khusus di bidang olahraga dan dinyatakan cocok dijadikan minuman pre workout.

Kandungan nutrisi di dalam suplemen ini terdiri dari tirosin, vitamin, kafein, protein, dan serat diet. Tersedia empat varian rasa buah yang segar dan lezat, di antaranya:

Dengan bantuan suplemen best pre workout ini, dapat membantu Anda menambah daya tahan dan kekuatan stamina saat berolahraga. Selain itu, juga mengonsumsi Optimum Nutrition Pre Workout bisa membantu proses pemulihan otot dan tenaga pasca olahraga.

Meski cukup krusial peran suplemen pre workout, akan tetapi tetap ada efek samping yang perlu Anda ketahui dan perhatikan dampaknya dan respons pada tubuh. Beberapa di antaranya Andaakan merasakan tubuh seperti kesemutan atau seperti ditusu-tusuk setelah mengonsumsinya sebelum latihan.

Apabila efek sampingnya belum terlalu buruk maka Anda tak perlu khawatir. Lain halnya bila ternyata ada efek samping negatif dari mengonsumsi suplemen pre workout apapun itu. Maka sebaikny berhenti dan segera konsultasikan kepada ahlinya yakni dokter atau personal trainee Anda.

Untuk menemukan produk suplemen multivitamin kesehatan lainnya yang dapat membantu proses pembentukan otot, menurunka berat badan dan suplemen olahraga lainnya bisa Anda temukan di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat dan tujuan program olahraga Anda tercapai!

 

Referensi:
https://www.telkomsel.com/jelajah/jelajah-lifestyle/apa-itu-pre-workout-kita-cari-tahu-disini-yuk
https://fithub.id/blog/apa-itu-pre-workout
https://rsud.sawahluntokota.go.id/manfaat-dan-efek-samping-dari-suplemen-pre-workout-yang-seringdikonsumsi/
https://www.sfidn.com/article/post/serba-serbi-tentang-pre-workout-yang-wajib-kamu-tahu#google_vignette
https://www.cdr.co.id/kesehatan-tulang/nutrisi-yang-direkomendasikan-sebelum-melakukan-pre-workout

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category