Sport

10 Tips Persiapan Sebelum Gym, Agar Dapat Hasil Optimal!

By Vivi |

Ketahui apa saja persiapan sebelum gym agar Anda lebih berani dan konsisten latihan untuk membentuk tubuh yang sehat dan bugar. 

Bagi pemula, datang pertama kali ke tempat gym bisa menjadi hal yang menakutkan. Hal tersebut karena ketidaktahuan harus olahraga seperti apa dan bagaimana cara mengoperasikan setiap alatnya.

Hampir seluruh tempat fitnes memiliki pelatih pribadi atau personal trainer untuk masing-masing member fitnes. Anda bisa memanfaatkannya sebagai guru sekaligus tempat nge-gym sehingga tak perlu lagi khawatir lagi bagaimana cara gym yang benar.

Tips Persiapan Sebelum Gym

Apabila ini percobaan awal Anda nge-gym, disarankan untuk fokus dengan teknik secara perlahan. Tetap bergerak walaupun di waktu beristirahat agar detak jantung dan otot tetap terbiasa bergerak. Selain itu, ada 10 tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk persiapan sebelum gym.

1. Fokus pada Tujuan Olahraga

Setiap aktivitas di kehidupan harus memiliki tujuan yang jelas untuk memotivasi diri sendiri, tak terkecuali saat nge-gym

Dengan tujuan yang jelas, Anda jadi lebih fokus untuk terus berlatih tanpa memperhatikan orang sekitar dan merasa insecure. Sebab sejatinya setiap orang di tempat gym memang fokus dengan kesehatan diri masing-masing tanpa memperhatikan orang sekitar.

2. Latihan sesuai Kemampuan Diri

Di pertemuan awal nge-gym, pilih alat sesuai kemampuan tubuh Anda sebagai pemula. Jangan memaksakan diri untuk langsung menggunakan alat untuk latihan angkat beban berat.

Walaupun orang lain terlihat mampu dan mudah menggunakan alat tersebut, akan tetapi memilih alat sesuai kemampuan diri lebih dianjurkan. Tujuannya untuk memperkenalkan otot-otot Anda dan tubuh yang terbiasa diam kini mulai bergerak dengan latihan fisik di tempat fitnes.

3. Mempersiapkan Peralatan Gym

Peralatan yang dimaksud bukan hanya peralatan olahraga yang ada di tempat gym saja, melainkan peralatan pribadi seperti menggunakan pakaian yang tepat dan nyaman untuk nge-gym, membawa handuk kecil untuk menyeka keringat, membawa botol minum dan suplemen multivitamin.

4. Lakukan Pemanasan

Meskipun Anda hanya melakukan latihan fisik dengan alat ringan atau hanya menggunakan treadmill, Anda tetap harus melakukan gerakan pemanasan terlebih dulu. Setiap 10 menit awal menjadi waktu untuk pemanasan supaya terhindar dari potensi cedera.

5. Mulai Gym Berdurasi 30 Menit selama 3 Kali Seminggu

Ingat, jangan terlalu memaksakan diri sendiri. Tak perlu sering atau berdurasi lama namun tetap terjaga konsistensinya. Menjadwalkan gym 3 kali seminggu dengan durasi setiap gym selama 30 menit.

6. Lakukan Pendinginan

Bila sudah selesai, lakukan pendinginan selama minimal 5 menit agar otot-otot Anda kembali melemas dan beristirahat.

7. Tentukan Waktu Recovery & Rest Day

Di tengah-tengah latihan Anda memerlukan waktu recovery singkat sekitar 60 sampai 90 detik sebelum berganti alat atau gerakan. Sedangkan proses rest day atau waktu beristirahat yang ideal sekitar 1-2 hari setelah berolahraga. Ini waktu yang cukup untuk mengistirahatkan diri dan otot.

8. Menjaga Pola Makan Sehat

Agar proses latihan Anda lebih optimal sehingga menghasilkan bentuk tubuh yang ideal untuk diri sendiri, maka jaga pola makan sehat menjadi hal penting. Tips menjaga pola makan sehat selama program gym adalah sesuaikan jenis makanan dengan tujuan gym.

Bila tujuan Anda hanya menguruskan berat badan, maka ciptakan pola makan sehat di mana menurunkan makanan berkalori tinggi. Sedangkan bila tujuannya untuk membentuk otot, maka tentukan pola makan sehat dengan meningkatkan jumlah protein di dalam makanan dan minuman.

9. Sabar dan Konsisten

Jangan karena melihat orang sekitar bertubuh ideal menurut Anda, Anda jadi termotivasi untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti itu dalam waktu singkat.

Kemampuan tubuh setiap orang berbeda, bersyukur bila Anda hanya membutuhkan waktu latihan singkat untuk mencapai bentuk tubuh yang ideal. Namun sebaliknya bila Anda membutuhkan waktu sedikit lebih lama maka tak perlu merasa insecure dan rendah diri. Yang terpenting tetap sabar dan konsisten.

10. Konsumsi Suplemen Multivitamin Secukupnya

Setelah tips persiapan sebelum gym di atas sudah dilakukan dengan tepat dan benar maka langkah terakhir untuk menyempurnakannya adalah dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang sesuai dengan program dan tujuan gym.

Baca Juga: Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat, dan Cara Bulking yang Tepat

Rekomendasi Suplemen Gym untuk Pemula

Berikut ini rekomendasi suplemen khusus untuk mengoptimal latihan fisik Anda di tempat gym serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh selama proses pembentukan tubuh ideal.

1. Optimum Nutrition BCAA Boost

Optimum Nutrition BCAA Boost mengandung 3 asam amino esensial pembentuk BCAA yakni leusin, isoleusin dan valin serta asam amino sitrulin dan elektrolit. Seluruh kandungan tersebut efektif untuk menghidrasi sekaligus memulihkan tubuh pasca latihan fisik.

Tersedia tiga varian rasa buah menyegarkan seperti Grape, Mango Peach dan Watermelon. Cocok dijadikan minuman selama nge-gym.

2. Optimum Nutrition Glutamine Powder

Kandungan glutamin pada suplemen Optimum Nutrition Glutamine Powder membantu proses sintesis protein otot lebih maksimal. Selain itu terdapat kandungan asam amino bebas lebih dari 20% untuk membantu peredaan nyeri setelah berolahraga.

3. Optimum Nutrition Creatine

Selanjutnya ada Optimum Nutrition Creatine yang membantu meningkatkan daya dan massa otot, meningkatkan daya dan ketahanan tubuh selama latihan gym serta memperbaiki sel otot yang rusak karena latihan fisik.

4. Optimum Nutrition Whey Gold Standard

Optimum Nutrition Whey Gold Standard mengandung 100% protein isolate melalui formulasi dan proses filtrasi khusus untuk mengisolasi kelebihan lemak, kolesterol dan gula. Meski begitu, minuman ini cocok dijadikan teman selama nge-gym dengan varian rasa yang lezat yakni rasa cokelat. Tersedia dua varian ukuran yakni:

5. Optimum Nutrition Casein

Optimum Nutriition Casein mengandung 24 gram micellar casein protein per serving yang diserap dan dicerna lebih lambat sehingga mengaktifkan 100% casein ideal yang berguna sebelum tidur dan di antara waktu makan. Selain itu, terdapat pula enzim khusus untuk kesehatan pencernaan dan BCAA serta glutamin.

6. Optimum Nutrition Pre Workout

Rekomendasi suplemen selanjutnya ialah Optimum Nutrition Pre Workout yang mengandung protein, vitamin, kafein, tirosin dan serat diet berkualitas dengan varian rasa yang menyegarkan di antaranya Green Apple, Blue Lemon, Watermelon dan Fruit Punch.

7. Optimum Nutrition Pro Complex Gainer

Rekomendasi yang terakhir adalah Optimum Nutrition Pro Complex Gainer dengan rasa double chocolate. Di dalamnya terkandung 60 gram protein yang terdiri dari whey protein isolate, whey protein konsentrat, kalsium kaseinate, albumin telur dan peptida hidrolisa whey.

Demikianlah 10 tips persiapan sebelum gym yang bisa Anda terapkan untuk menghasilkan bentuk tubuh ideal selama program pembentukan tubuh.

Sekali lagi diingatkan bahwa journey dan kemampuan diri setiap orang berbeda. Untuk itu, yang perlu Anda jaga ada tujuan berolahraga, sabar dan konsisten di setiap langkahnya.

Tak ketinggalan mengonsumsi suplemen multivitamin untuk membantu mengoptimalkan latihan fisik di tempat gym agar mendapatkan bobot dan bentuk tubuh ideal.

Temukan berbagai suplemen multivitamin yang aman dan baik untuk kesehatan tubuh di Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

https://fithub.id/blog/7-tips-gym-untuk-pemula
https://www.halodoc.com/artikel/6-tips-gym-untuk-pemula-agar-hasilnya-lebih-efektif
https://favo.id/blogs/baca/5-hal-yang-harus-dilakukan-sebelum-gym
https://www.sehataqua.co.id/cara-gym-pemula/

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category