Sport

Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

By Vivi |

Branched-chain amino acids alias BCAA diperlukan bagi Anda yang sedang fokus pelatihan otot. Sebab manfaat  BCAA adalah untuk menambah massa otot dan mencegah terjadinya kerusakan otot selama dan setelah berolahraga.

Meski cukup berpengaruh terhadap perkembangan otot, akan tetapi BCAA tidak bisa meningkatkan kinerja atletik pada otot. Pada artikel ini akan diuraikan apa manfaat BCA, cara mengonsumsi suplemen khusus BCAA dan rekomendasi suplemen multivitamin khusus yang mengandung BCAA.

Apa Itu BCAA?

Sebelum mengetahui manfaat BCAA untuk tubuh dan definisinya, ketahui dulu mengenai apa itu asam amino. Seperti yang tertulis dalam website Health, asam amino adalah bahan pembangun protein.

Asam amino memiliki 20 jenis yang terdiri dari asam esensial dan asam non esensial. Sembilan dari 20 jenis tersebut termasuk ke dalam kelompok asam esensial. 

Sementara itu, mengutip dari Health Line BCAA merupakan asam amino esensial yang terdiri dari tiga jenis asam amino yaitu leusin, isoleusin dan valin. Ketiga jenis asam amino BCAA tersebut memiliki rantai bercabang ke satu sisi.

Sama halnya dengan fungsi asam amino lainnya, BCAA memiliki peran cukup vital untuk membuat protein yang dibutuhkan otot. Namun sayangnya, kelompok asam amino esensial yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak dapat memproduksinya sendiri.

Manfaat BCAA bagi Tubuh

Lebih dari meningkatkan dan mengembangkan massa otot, menurut Halodoc berikut ini manfaat BCAA untuk otot dan tubuh secara menyeluruh.

1. Tingkatkan Massa Otot

Kandungan leusin pada BCAA menciptakan jalur aktif khusus untuk merangsang sintesis protein otot selama proses pembuatan dan pembentukan otot. Inilah alasan kuat kenapa perlu mengonsumsi BCAA selama program pembentukan dan pengembangan otot.

2. Penghambat Risiko Pengecilan Otot

Selama masa latihan, protein akan memecah otot secara terus-menerus. Untuk menghindari kerusakan dan pengecilan otot, proses tersebut harus diseimbangkan dengan pembentukan kembali atau proses sintesis protein otot sebagai penentu jumlah protein di dalam otot.

3. Redam Rasa Nyeri Otot

Tak dipungkiri selama latihan fisik dan berolahraga, rasa nyeri pada otot sering kali terjadi. Rasa nyeri otot tersebut akan terjadi hingga 12 sampai 72 jam pasca latihan. Oleh karena itu, dengan memenuhi kebutuhan BCAA Anda bisa meredam rasa nyeri otot tersebut.

4. Proses Pemulihan Pasca Latihan Fisik Lebih Cepat

Saat berolahraga dan latihan fisik, kadar asam amino BCAA dalam darah berkurang sehingga tingkat kadar asam amino esensial triptofan di otak meningkat. Inilah yang menyebabkan kelelahan. Untuk itu, penuhi kebutuhan BCAA penting dilakukan selama program pembentukan otot.

5. Tingkatkan Kesehatan untuk Pasien Penyakit Hati

Manfaat yang terakhir adalah membantu meningkatkan kesehatan untuk pasien yang didiagnosa terkena penyakit hati. Hal tersebut lantaran asam amino BCAA berfungsi sebagai proteksi hati sehingga tidak terjadi penyakit komplikasi lanjutan.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Sumber Alami BCAA

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa BCAA tidak diproduksi sendiri oleh tubuh. Anda perlu mencukupi kebutuhan BCAA dengan mengonsumsi beberapa protein hewani dan makanan lainnya, seperti:

  • Daging, unggas, dan ikan
  • Telur
  • Tahu dan tempe
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Biji gandum
  • Produk susu seperti keju
  • Suplemen khusus yang mengandung BCAA

Cara Minum Suplemen BCAA

Umumnya suplemen BCAA berbentuk bubuk, Anda bisa mencampurkan bubuk tersebut ke dalam minuman lain sesuai aturan pemakaian yang tertulis pada kemasan. 

Ada juga suplemen BCAA berbentuk kapsul atau tablet yang bisa dikonsumsi setelah makan. Kendati demikian, kebanyakan orang akan mengonsumsi  suplemen BCAA sebelum atau sesudah melakukan latihan fisik atau olahraga dan tidur.

Tunjangan Diet yang Direkomendasikan (RDA) untuk mengonsumsi suplemen BCAA tergantung berat badan Anda. Sebab perhitungannya dalam bentuk miligram per kilogram berat badan untuk satu hari konsumsi suplemen BCAA.

Mengutip dari website Health, berikut ini tingkat RDA BCAA untuk orang berusia di atas 19 tahun, ibu hamil dan ibu menyusui sesuai tabel berikut ini.

Jenis Konsumen

Leusin

Isoleusin

Valin

Orang > 19 Tahun

42 mg/kg

19 mg/kg

24 mg/kg

Ibu Hamil

56 mg/kg

25 mg/kg

31 mg/kg

Ibu Menyusui

62 mg/kg

30 mg/kg

35 mg/kg

Rekomendasi Suplemen BCAA

Untuk memenuhi kebutuhan BCAA, khususnya bila Anda sedang program pelatihan dan pengembangan otot, berikut ini rekomendasi suplemen BCAA yang bisa dikonsumsi.

1. Optimum Nutrition BCAA 1000

Optimum Nutrition BCAA 1000 caps mengandung 1000 mg setiap 2 kapsulnya. Rasio perbandingan asam amino leusin, isoleusin, dan valinnya sebesar 2:1:1. Manfaat suplemen BCAA Optimum Nutrition BCAA di antaranya:

  • Meningkatkan daya tahan otot saat berolahraga
  • Mengurangi rasa lelah saat berolahraga
  • Mempercepat proses pemulihan otot setelah berolahraga
  • Mempertahankan massa otot

Dosis konsumsi hariannya sebanyak 2 kapsul per hari setelah makan. Suplemen ini aman dikonsumsi orang dewasa  di atas 18 tahun dan tidak diperuntukkan untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan penderita gangguan fungsi hati dan ginjal.

2. Optimum Nutrition BCAA Boost

Optimum Nutrition BCAA Boost mengandung asam amino esensial BCAA, asam  amino sitrulin dan elektrolit. Manfaat suplemen BCAA Boost untuk membantu proses latihan fisik dan olahraga untuk meningkatkan massa otot sekaligus menghidrasi dan mempercepat proses pemulihan pasca berolahraga.

Dosis konsumsi hariannya dengan menambahkan 1 sendok takar penuh dengan air dingin atau minuman favorit Anda yang berukuran 300-400 ml. Kemudian larutkan dengan cara dikocok hingga tercampur sempurna. Kocok selama kurang lebih 30 sampai 45 menit. Disarankan mengonsumsi Optimum BCAA Boost 1 kali sehari.

Tersedia 3 varian rasa buah yang menyegarkan, di antaranya:

Apabila saat ini Anda sedang mengonsumsi produk suplemen multivitamin lain atau berniat ingin mengoptimalkan perkembangan otot, silahkan konsultasikan dengan personal trainer lebih lanjut.

Termasuk bila Anda seorang pasien atau sedang masa pengobatan khusus sehingga mengonsumsi dan melakukan beberapa pengobatan, maka konsultasikan terlebih dulu dengan dokter untuk mengonsumsi  suplemen BCAA atau suplemen multivitamin lainnya.

Untuk membeli suplemen multivitamin yang terjamin aman dan khasiatnya sesuai kondisi tubuh, Anda bisa membelinya di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category