Sport

10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

By Vivi |

Melakukan workout di rumah menjadi pilihan banyak orang, khususnya para wanita, yang mendambakan bentuk dan berat tubuh ideal. Tak sedikit juga pria yang memiliki kesibukan cukup padat melakukan olahraga lari di sekitar rumah atau berolahraga di rumah.

Melakukan gerakan workout di rumah cukup efektif untuk membakar lemak dan kalori dalam waktu singkat. Berencana ingin memulai latihan workout di rumah? Berikut ini informasi penting tentang program workout di rumah.

Kelebihan Workout di Rumah

Seperti latihan fisik dan olahraga pada umumnya, workout cukup efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan otot dan tulang bila Anda melakukannya dengan benar dan rutin sekalipun di rumah.

Namun ternyata, dengan melakukan workout rutin dan disiplin di rumah bisa meningkatkan rasa bahagia dan mengurangi rasa stres, cemas dan depresi berlebih. Kelebihan lainnya melakukan workout rutin di rumah antara lain:

  • Meningkatkan kesehatan mental, memperbaiki suasana hati dan mengurangi risiko stres serta depresi
  • Meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik
  • Waktu olahraga lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan jadwal pribadi
  • Lokasi olahraga lebih fleksibel karena dilakukan di rumah
  • Aktivitas olahraga dan latihan fisik jauh lebih efektif karena bersifat privasi jadi tak ada waktu untuk memperhatikan atau diperhatikan orang lain
  • Workout di rumah tanpa alat sehingga Anda tak perlu khawatir bila tidak tahu bagaimana cara menggunakan alat olahraga
  • Hemat biaya olahraga dan akomodasinya

Tips Workout di Rumah agar Maksimal

Meski melakukan workout di rumah tanpa alat, bukan berarti latihan Anda tidak akan menghasilkan hasil yang optimal. Selain mengikuti instruksi dari aplikasi atau video khusus olahraga di rumah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan olahraga di rumah, di antaranya:

  • Menentukan tujuan olahraga dengan spesifik, misalnya menurunkan berat badan atau meningkatkan massa otot
  • Menyusun jadwal latihan workout di rumah sesuai jadwal pribadi dan disiplin dalam mengikuti jadwal latihan
  • Menentukan jenis atau gerakan workout sesuai tujuan latihan

Baca juga: Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Variasi Gerakan Workout di Rumah

Bagaimana cara workout di rumah agar mendapatkan hasil optimal dari latihan fisik dan olahraga tersebut? Sebelum memulai workout, ada beberapa latihan yang membutuhkan alat workout di rumah seperti matras, botol minum, handuk kecil dan dumbel atau barble.

Berikut ini variasi gerakan workout yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya:

  • Jumping jacks, gerakannya dapat meningkatkan kekuatan tubuh, kardiovaskular hingga aliran darah dan detak jantung tetap sehat
  • Push up, gerakan yang bertujuan untuk mengencangkan dan memperkuat daya tahan otot
  • Wall sit, sama halnya dengan push up latihan wall sit juga membantu meningkatkan kekuatan otot
  • Squat, selain membentuk otot latihan squat juga efektif untuk mengencangkan otot paha dan bokong
  • Plank, membantu menstabilkan tulang belakang dan tubuh bagian atas
  • Triceps dip, Anda bisa melakukan olahraga ini di rumah dan di kantor di sela-sela jam istirahat untuk membentuk otot trisep
  • Abdominal crunch, gerakan yang satu ini bisa jadi pilihan workout di rumah untuk mengecilkan perut 
  • Bridge, gerakan ini juga bisa jadi pilihan workout di rumah untuk mengecilkan perut
  • Stationary lunge, manfaat melakukan gerakan stationary lunge untuk memperkuat otot paha, kaki dan bagian bawah tubuh
  • Forearm plank, rekomendasi gerakan yang terakhir adalah forearm plank yang membantu membentuk otot lengan dan perut

Suplemen untuk Workout di Rumah

Untuk mengoptimalkan olahraga workout di rumah, lengkapi program latihan dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang dibutuhkan otot dan tubuh. Berikut ini rekomendasi suplemen khusus untuk program workout di rumah.

1. Optimum Nutrition Serious Mass

Optimum Nutritoin Serious Mass merupakan suplemen yang tepat dikonsumsi bila Anda ingin mendapatkan bentuk fisik yang lebih baik. Di dalamnya terkandung 1.250 kalori, 50 gram protein, lebih dari 250 gram karbohidrat tanpa gula dan 25 vitamin serta mineral esensial.

2. BSN Amino X 

BSN Amino X mengandung 10 gram BCAA dan asam amino esensial di setiap takaran sajinya. Kandungan BCAA memberikan energi untuk otot selama proses latihan sekaligus membantu proses pemulihan pasca latihan.

Sementara itu, terdapat campuran Efforsorb EnDura Composite dari elektrolit untuk membantu retensi cairan di dalam sel otot sehingga mengurangi rasa lelah dan mencegah dehidrasi.

3. ISOPURE Infusions 0,88 lb

ISOPUE Infusion 0,88 lb cocok dijadikan minuman setelah olahraga karena terdapat kandungan Isolat Protein Whey asli 100% sebesar 20  gram dan 90 kalori di setiap takaran sajinya.

Manfaat mengonsumsi suplemen ini selain memulihkan otot pasca latihan yakni meningkatkan dan menjaga massa otot, efektif menurunkan berat badan hingga mempertahankan massa tubuh bebas lemak.

4. Optimum Nutrition Gold Standard Plant Protein

Optimum Nutrition Gold Standard Plant Protein mengandung 4 gram BCAA alami dan 4 gram glutamin alami serta 24 gram protein yang bersumber dari tumbuhan organik serta asam amino esensial.

Seluruh bahan alami tersebut melalui formulasi khusus sehingga membantu Anda meningkatkan massa otot dan kekuatan sebagai sumber energi untuk melakukan workout.

5. Optimum Nutrition Creatine Powder

Optimum Nutrition Creatine Powder memiliki kandungan 5 gram Creatine Monohydrate yang diformulasikan dengan formula khusus sehingga menjadi On Creatine Powder yang bersifat tidak berbau dan berasa. Anda bisa mencampurkan suplemen ni ke dalam minuman apa saja dan tidak menimbulkan endapan.

6. Optimum Nutrition Casein

Optimum Nutrition Casein gampang dicerna di dalam tubuh karena terbuat dari 100% Casein. Di samping itu ada terkandung juga 24 gram micellar casein protein per takaran sajian dan nutrisi lain sepertin enzim khusus pencernaan, BCAA dan glutamine.

Bedanya suplemen ini dengan suplemen lainnya yakni Anda bisa mengonsumsinya di malam hari atau di antara waktu makan. Kemudian suplemen ini mempermudah proses pemulihan otot abis latihan dan mempertahankan massa tubuh lemak.

7. Optimum Nutrition BCAA 1000

Rekomendasi suplemen terakhir yakni Optimum Nutrition BCAA 1000. Perbandingan kandungan asam amino esensial BCAA-nya untuk leusin, isoleusin dan valin yakni 2:1:1. Dengan kandungan BCAA ini dapat mempermudah perkembangan sel  otot sekaligus mempercepat proses pemulihan cedera otot.

Itulah informasi mengenai kelebihan, gerakan workout di rumah hingga rekomendasi suplemen yang efektif untuk mengoptimalkan latihan dan olahraga selama di rumah. Dengan begitu, Anda tetap dapat mencapai tujuan olahraga dengan minim budget.

Untuk menemukan suplemen dan multivitamin lainnya yang dapat membantu proses penurunan berat badan, pembentukan otot dan suplemen khusus untuk menemani program diet dan olahraga bisa Anda temukan di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category