Health

Begini Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Bersama Pasangan

By Vivi |

Umumnya cara cepat hamil yang paling umum dan diketahui banyak orang ialah rutin melakukan hubungan intim dan menjaga pola hidup sehat. Akan tetapi, bila hanya mengandalkan berhubungan intim saja rasanya kurang efisien. Bagaimana cara agar cepat hamil?

Di usia pernikahan lebih dari satu tahun namun tak kunjung memiliki anak menjadi persoalan pasangan suami istri (pasutri) saat ini. Meskipun sudah rutin melakukan aktivitas seksual atau mengonsumsi suplemen, tapi rasanya cara agar cepat hamil tersebut kurang efisien.

Hal-Hal yang Mempengaruhi Kesuburan

Sebelum mengetahui gimana caranya biar cepat hamil, Anda perlu mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan bagi wanita dan pria, di antaranya sebagai berikut.

1. Pola Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat menjadi hal mendasar yang penting bila Anda sedang mengikuti program kehamilan. Tak hanya untuk wanita, pola hidup sehat ini juga perlu diterapkan oleh pria.

Rutin berolahraga, menghilangkan kebiasaan merokok dan tidak mengonsumsi alkohol serta obat-obatan terlarang. Kemudian pastikan Anda dan pasangan rutin mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.

Rekomendasi makanan dan minuman bagi pasangan yang sedang mengikuti program hamil di antaranya makanan yang mengandung asam folat, zinc, dan vitamin E.

2. Pengelolaan Stres

Khusus untuk wanita, pengelolaan stres yang kurang tepat dapat mempengaruhi kondisi kesehatan hormon reproduksi dan siklus menstruasi. Apalagi saat Anda sedang merencanakan kehamilan, cara wanita cepat hamil yang cukup efektif dengan mengelola stres.

Tips untuk mengontrol diri saat sedang mengalami kecemasan dan tekanan dengan melakukan yoga, meditasi, menuliskan dalam bentuk jurnal hingga menghabiskan waktu bersama orang terkasih.

3. Usia dan Waktu Ideal untuk Hamil

Ketahui usia masa subur wanita cukup penting untuk menyusun program kehamilan. Merujuk data dari Organisasi Kesehatan Dunia, usia subur wanita berkisar antara usia 12 sampai 49 tahun. Sementara itu, puncaknya masa subur wanita saat berusia 20 sampai 30 tahun.

4. Rutin Melakukan Pemeriksaan secara Teratur

Rutin melakukan pemeriksaan secara teratur di usia muda cukup penting. Selain Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri, Anda juga dapat mengantisipasi bila terdeteksi penyakit, khususnya penyakit yang berkaitan dengan kesuburan.

Gangguan kesuburan yang dimaksud meliputi gangguan kesehatan hormonal, penyakit polikistik ovarium hingga penyakit menular seksual. Semua jenis penyakit itu bisa segera dikonsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan khusus.

5. Konsumsi Suplemen dan Multivitamin

Faktor lain yang efektif membantu wanita untuk cepat hamil dengan mengonsumsi suplemen dan multivitamin yang mengandung asam folat, zinc dan kebutuhan nutrisi lainnya untuk ibu hamil.

Baca Juga: Rekomendasi Merk Suplemen Asam Folat, Bantu Jaga Bumil dan Janin

Cara Agar Bisa Cepat Hamil

Setelah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses kehamilan lebih cepat, berikut ini cara supaya cepat hamil yang bisa Anda lakukan bersama pasangan.

1. Mengetahui Masa Subur

Masa subur alias ovulasi adalah periode pada siklus menstruasi di  mana peluang hamil saat berhubungan intim lebih besar. Pada masa ovulasi sel telur telah siap untuk dibuahi. Idealnya masa ovulasi terjadi 14 hari sebelum masa menstruasi periode selanjutnya.

Selain menghitung melalui masa kalender, ada prosedural manual yang bisa  Anda lakukan di antaranya:

  • Periksa suhu basal tubuh (BBT)
  • Periksa lendir serviks subur
  • Periksa perubahan kondisi serviks

2. Melakukan Hubungan Intim Rutin

Melakukan hubungan intim secara langsung tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau kondom adalah cara biar cepat hamil. Namun jangan asal berhubungan intim saja melainkan perhatikan masa subur pada wanita.

Idealnya melakukan hubungan intim sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu saat wanita tidak menstruasi. Disarankan menggunakan gaya-gaya tertentu untuk meningkatkan peluang kehamilan. Misalnya menggunakan posisi woman on top, missionary, dan doggy style.

3. Menjaga Pola Hidup Sehat

Cara untuk cepat hamil selanjutnya dengan menjaga pola hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga atau latihan fisik, menjaga pola tidur dan istirahat, hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Secara spesifik berikut ini penerapan pola hidup sehat, diantaranya sebagai berikut:

  • Menjaga berat badan ideal 
  • Rutin melakukan latihan fisik atau olahraga
  • Menjaga waktu istirahat dan waktu tidur selama 7 sampai 9 jam per hari
  • Membatasi konsumsi kafein maksimal 200 miligram per hari atau sama dengan 1 cangkir kopi atau 2 cangkir teh
  • Mengonsumsi makanan bernutrisi

4. Mengonsumsi Makanan atau Suplemen Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan dan membantu menjaga kesehatan pertumbuhan serta perkembangan janin agar terhindar dari kelahiran bayi cacat.

Saat merencanakan kehamilan, Anda perlu mencukupi kebutuhan asam folat sebanyak 400 mcg per hari. Asam folat bisa dikonsumsi melalui makanan seperti buncis, brokoli, kentang, bayam dan sereal. Lalu untuk mencukupi kebutuhan asam folat harian lengkapi juga dengan suplemen khusus yang mengandung asam folat.

Disarankan mengonsumsi suplemen asam folat yang memiliki kandungan metafolin. Hal tersebut karena metafolin dapat memecah asam folat lebih cepat sekaligus terserap tubuh lebih cepat.

Kandungan nutrisi lain untuk mendukung proses kehamilan sehat di antaranya vitamin E, vitamin B, vitamin D3, vitamin C, tembaga, kalsium, zat besi, yodium, magnesium, zinc dan selenium.

5. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Lainnya

Selain mengonsumsi makanan yang kaya kandungan asam folatnya, ada beberapa jenis makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi khusus untuk membantu menyehatkan diri.

Disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi untuk membantu melawan radikal bebas yang berpeluang merusak sel telur dan sperma.

Mengurangi dan menghindari kebiasaan mengonsumsi makanan olahan dan lemak trans. Pasalnya makanan olahan dan lemak trans tersebut bisa memicu produksi  insulin berlebih yang mengganggu proses produksi hormon.

Terakhir disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan estrogen. Wanita yang berencana hamil disarankan mencukupi kebutuhan serat harian sebanyak 25 gram per hari.

6. Menghentikan Kebiasaan Buruk

Rencana kehamilan harus berdasarkan keputusan kedua belah pihak antara suami dan istri. Karena yang harus menjaga kesehatan tubuh bukan hanya wanita saja melainkan pria juga perlu menjaga kesehatan.

Termasuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan. Baik suami maupun istri harus menghentikan kebiasaan buruk, di antaranya:

  • Menghilangkan kebiasaan merokok termasuk menghirup asap rokok
  • Menghilangkan kebiasaan mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang
  • Menghilangkan kebiasaan tidak mengontrol stres dan cemas berlebih

7. Mengelola Stres

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mempertahankan kebiasaan stres dan cemas berlebih adalah perilaku yang kurang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya saat melakukan program kehamilan.

Pasalnya stres berlebih justru berpengaruh terhadap proses pelepasan sel telur sehingga berpotensi mengganggu program kehamilan. Oleh karena itu, selama masa program kehamilan jalani waktu sehari-hari lebih rileks dan santai. Rutin melakukan meditasi, yoga, dan berolahraga membantu tubuh jadi lebih rileks.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin Aman Biar Cepat Hamil

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan mempersiapkan tubuh serta rahim Anda agar sehat dan siap menerima janin bayi, disarankan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin berikut ini yang memiliki khasiat berbeda untuk tubuh.

Rekomendasi Suplemen

Keunggulan Suplemen

Manfaat Suplemen

Nutriwell Folic Acid

Suplemen berbentuk tablet kecil yang gampang ditelan dengan kandungan 800 mcg asam folat setiap tablet

  • Mencegah dan mengatasi anemia
  • Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
  • Membentuk sel darah merah
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi untuk fungsi otak
  • Mencegah kelahiran bayi cacat

Wellness Vit D3 1000 IU

Mengandung vitamin D3 1000 IU

  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan otak, paru dan saraf
  • Menjaga kesehatan dinding arteri dan mengontrol tekanan darah
  • Mengatasi nyeri tulang
  • Mempertahankan kekuatan tulang dan otot

Natures Answer Vitex

Suplemen herbal yang mengandung vitex agnus-castus dan fructus extract 40 mg

Suplemen herbal untuk meringankan gangguan menstruasi, mengatasi gejala PMS dan meningkatkan kesuburan

Purityfic Vitamin E 400 IU

Mengandung vitamin E 400 IU

  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Memperbaiki fungsi organ hati
  • Meningkatkan kesuburan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Menjaga kesehatan mata dan kulit

Nah, itulah cara cepat hamil yang bisa Anda terapkan di rumah bersama pasangan. Ingat, rencana memiliki buah hati harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak, suami dan istri. Sebab seluruh tips dan cara hamil cepat akan diikuti bukan hanya oleh istri melainkan oleh suami juga.

Untuk menemukan suplemen multivitamin khusus untuk pasutri khusus untuk program kehamilan, dapat Anda temukan di website Natural Farm.

Yuk, persiapkan tubuh yang sehat sebagai rumah si buah hati.


Referensi:

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category