Sport

10 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Aman dan Efektif

By Khansa |

Memiliki otot dada kekar dan besar menjadi impian banyak orang, khususnya pria. Karenanya, ada banyak program dan cara membesarkan otot dada yang dibagikan ahli dan profesional.

Apabila Anda memiliki personal trainer pribadi di tempat fitness, maka Anda bisa berdiskusi untuk menentukan program pembentukan otot dada yang tepat.

Umumnya tujuan pembentukan otot dada untuk memperbaiki postur tubuh agar terlihat lebih kekar dan besar. Namun ternyata, ketika Anda melakukan latihan otot dada, tanpa sadar Anda mengoptimalkan sistem pernapasan jauh lebih baik. Bagi wanita, melakukan latihan otot dada membantu meningkatkan tampilan payudaranya.

8 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Latihan Fisik

Jika, Anda tertarik melakukan latihan fisik untuk meningkatkan otot dada. Berikut ini rekomendasi latihan fisik yang bisa dilakukan.

1. Push Up

Push up merupakan latihan fisik yang berfokus pada otot dada, lengan, otot perut dan otot punggung. Saat melakukan push up, akan timbul rasa kontraksi otot.

Kondisi ini sebenarnya wajar. Namun bila Anda belum terbiasa, Anda bisa memulainya dengan melakukan gerakan push up sederhana di lantai, tembok ataupun kursi. Lakukan gerakan push up pengulangan sebanyak 15 kali.

2. Plank

Dalam latihan fisik, gerakan plank termasuk gerakan dasar. Tujuan gerakan plank untuk membentuk otot dada. Anda bisa melakukan gerakan plank sekitar 30 sampai 60 detik. Lakukan repetisi sampai 10 kali.

3. Chest Press

Cara membesarkan otot dada selanjutnya yakni menggunakan gerakan chest press. Gerakan ini berfokus pada pembentukan otot dada.

Mulanya Anda akan rebahan di atas matras lalu merentangkan tangan sambil memegang dumbbell. Angkat kedua tangan Anda menuju arah dada. Silakan lakukan repetisi sebanyak 10 sampai 15 kali.

4. Chest Fly

Chest Fly untuk membesarkan otot dada

Gerakan di atas matras lainnya sering disebut chest fly. Rebahkan badan Anda di atas matras, kemudian rentangkan kedua lengan sejajar dengan bahu. Rentangkan kedua tangan seperti akan terbang secara perlahan.

5. Weighted Push-Up

Rekomendasi latihan fisik lainnya untuk membesarkan otot dada yaitu Weighted Push-Up. Gerakan ini cukup sederhana seperti gerakan push up.

Akan tetapi, Anda harus menambahkan beban tambahan di atas punggung.Tujuan menambah beban tersebut agar pembentukan ototnya lebih cepat.

6. Bench Dips

Untuk melakukan gerakan bench dips, Anda memerlukan kursi atau meja datar yang tingginya selutut. Cari tempat bersandar yang tidak mudah bergerak.

Gerakannya dimulai dengan duduk di tepi kursi atau bersandar ke meja datar, letakkan kedua tangan di samping kanan kiri kemudian kaki melangkah ke depan sekitar 2 sampai 3 langkah.

Selanjutnya turunkan tubuh sampai membentuk sudut siku 90 derajat dengan posisi bahu stabil, lalu angkat tubuh kembali. Lakukan gerakan tersebut secara perlahan sebanyak 10 sampai 12 kali.

7. Commando Push-Up

Cara membesarkan otot dada selanjutnya dengan melakukan gerakan commando push-up. Gerakan commando push-up dilakukan melalui posisi forearm plank di mana satu tangan terangkat dan letakkan telapak tangan sejajar siku.

Lakukan hal yang sama untuk tangan sisi lainnya. Sebelum berganti ke tangan lainnya, tahan posisi tersebut sekitar 30 sampai 60 detik.

8. Resistance Band Pull Over

Gerakan resistance band pull over dilakukan dengan menggunakan tali khusus yang memiliki sifat elastis.

Sebelum memulai gerakan, kaitkan terlebih dulu resistance band tersebut pada objek kuat seperti tiang untuk menahan beban. Kemudian, membuka kaki selebar bahu lalu merentangkan kedua tangan sembari memegang resistance band.

Terakhir, menarik tali tersebut sampai menyentuh dada lalu kembali ke posisi awal. Lakukan repetisi sebanyak 5 sampai 10 kali untuk satu set.

Baca juga: Manfaat dan Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Terbaik

Tips Latihan Otot Dada agar Hasilnya Sempurna

Dalam rangka memaksimalkan hasil olahraga untuk membesarkan otot dada di atas, ada dua tips lainnya yang bisa dilakukan untuk mendukung program pembentukan otot pada bagian tersebut.

Tips yang pertama dengan memperbaiki postur tubuh Anda saat duduk atau berdiri. Biasakan untuk tetap tegak saat duduk atau berdiri supaya otot dada terlihat besar.

Tips lainnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein. Cukupi kebutuhan protein tubuh dengan mengonsumsi dada ayam, daging sapi, ikan, telur, atau kacang mete, kacang almond dan kacang tanah.

Mengonsumsi makanan yang mengandung kadar protein tinggi membantu proses latihan fisik semakin lebih optimal.

Cara lain untuk meningkatkan massa otot dan mendukung olahraga untuk membentuk tubuh dengan mengonsumsi susu protein berikut ini.

Optimum Nutrition Creatine 2500

Optimum Nutrition Creatine 2500

Optimum Nutrition Creatine 2500 terbuat dari Creatine Monohydrate murni dalam bentuk kapsul yang mudah terserap dengan cepat. Manfaat mengonsumsi susu protein ini selain untuk meningkatkan daya dan massa otot, dapat juga membantu proses perbaikan sel otot yang meradang dan rusak karena latihan fisik serta memberikan energi agar daya tahan tubuh tinggi sehingga intensitas latihan semakin baik.

Pro Complex Gainer 10.19 lb

Optimum Nutrition Pro Complex Gainer

Pro Complex Gainer 10.19 lb merupakan susu yang bisa dikonsumsi di antara waktu makan. Susu protein ini mengandung campuran protein sebesar 60 gram dan karbohidrat 85 gram, vitamin dan serat diet. Diformulasi khusus sehingga menghasilkan rasa lezat, sebab salah satunya terdapat rasa double chocolate.

BSN Syntha 6 10 lb

SN Syntha 6 10 lb

BSN Syntha 6 10 lb memiliki kandungan protein, asam amino esensial serta kandungan karbohidrat, lemak dan kalori dalam jumlah rendah. Di setiap takaran sajinya, kandungan proteinnya sebesar 22 gram dan asam amino esensial sebesar 10 gram. Selain efektif untuk mencukupi kebutuhan protein harian, konsumsi BSN juga membantu meningkatkan massa otot, meningkatkan daya tahan tubuh selama masa latihan fisik hingga membantu proses pemulihan pasca olahraga.

Optimum Nutrition Pre Workout

Optimum Nutrition Pre Workout

Optimum Nutrition Pre Workout sudah melalui serangkaian prosedur dan formulasi khusus yang dilakukan para ahli nutrisi khusus suplemen olahraga. Kandungan nutrisi di dalam Optimum Nutrition Pre Workout di antaranya protein, kafein, tirosin, vitamin dan serat diet. Manfaatnya selain memperbesar massa otot yakni untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan selama berolahraga serta membantu proses pemulihan.

Itulah 10 cara membesarkan otot dada dan tipsnya yang bisa Anda terapkan supaya pembentukan otot dada semakin besar lebih aman dan menyehatkan.

Untuk menemukan produk susu, suplemen atau multivitamin lain untuk kesehatan dan perawatan kecantikan bisa Anda temukan di website Natural Farm.

Semoga bermanfaat!

 

Reference: 

https://www.alodokter.com/6-cara-membesarkan-otot-dada-agar-lebih-atletis

https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-7-cara-simpel-dan-efektif-membentuk-otot-dada?srsltid=AfmBOooEr-D9XEf5XuMyB0WRMRO4rcVgaCsbnegazi3_eLqoxgpTDBkL

https://realfood.co.id/artikel/cara-membentuk-otot-dada-dengan-cepat

https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/sehat-bugar/cara-membentuk-otot-dada-di-rumah?srsltid=AfmBOorTwMCXCdQlpIugeoB3S27tX3AHQ94KQarcrvpMdw_lvAeNyIWv

Share

Latest Articles

Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

10 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Aman dan Efektif

10 Cara Mengecilkan Paha yang Efektif dan Gampang Dilakukan

Begini 6 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman!

10++ Cara Membesarkan Otot Lengan & Kebutuhan Nutrisinya

Ketahui 6 Tanda Otot Berkembang dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Article Category