Health

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

By Khansa |

Dalam rangka mencukupi kebutuhan protein, ahli gizi menyarankan untuk konsumsi susu yang mengandung protein tinggi. Apalagi pasien penderita penyakit kronis, pasien yang sedang menempuh proses pemulihan hingga lansia (lanjut usia) dan anak-anak. Pemenuhan kadar protein tinggi yang dibutuhkan tubuh akan membantu proses penyembuhan luka, meningkatkan kesehatan tulang dan massa otot. 

Lebih detail lagi, berikut ini manfaat mengonsumsi susu yang mengandung kalsium dan protein tinggi, jenis-jenisnya serta cara memilih susu yang mengandung protein tinggi.

Manfaat Susu Protein Tinggi

Perlu diketahui bahwa sebagian besar, sekitar 10 sampai 35 persen, kalori harian di dalam tubuh bersumber dari protein. Bila kebutuhannya berkurang, maka fungsi organ tubuh seperti otot akan menurun hingga penumpukan lemak di bagian hati.

Sumber protein tidak hanya berasal dari produk susu sapi. Susu nabati pun memiliki kandungan protein cukup baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Hanya saja, kadar protein tertinggi masih bersumber dari susu sapi.

Di dalam satu gelas susu sapi bisa mengandung protein sebanyak 8 gram. Jenis protein yang terkandung di dalam susu sapi merupakan jenis protein whey dan casein. Dua jenis protein tersebut memiliki peran penting untuk pertumbuhan manusia, khususnya untuk menambah berat badan melalui protein.

Manfaat kandungan protein yang tinggi di dalam susu efektif untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, meningkatkan massa otot, berperan sebagai anti hipertensi dan anti kanker serta anti mikroba hingga memberikan efek kadar kolesterol menurun di dalam tubuh.

Jenis-jenis Susu yang Mengandung Protein Tinggi

Meski kadar protein di dalam susu sapi tinggi, akan tetapi jenis protein casein di dalamnya bisa menjadi penyebab masalah pencernaan. Jadi, sebelum memutuskan membeli susu ketahui jenis susu yang tepat yang Anda butuhkan berdasarkan jenisnya.

1. Susu Sapi

Biasanya dalam 100 gram susu sapi memiliki kandungan protein sebesar 3,4 gram protein. Jenis proteinnya yakni casein dan whey yang memberikan efek peningkatan massa otot dan penurunan tekanan darah.

Selain protein, terkandung juga kalsium, vitamin B12, magnesium dan yodium. Kandungan magnesium di dalamnya berperan untuk mengembangkan tulang dan mendukung fungsi otot.

2. Susu Kacang

Jenis susu yang mengandung protein tinggi untuk diet karena bebas kandungan casein yakni susu kacang. Susu kacang memiliki kandungan protein, kadar magnesium dua kali lipat dibandingkan susu sapi, vitamin B6 dan kandungan lemak tak jenuh yang membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Walaupun namanya susu kacang, tapi bahan utamanya bukan hanya kacang. Cara membuatnya cukup mudah yakni campurkan air dan kacang, kemudian ditambahkan bahan pemanis alami seperti kayu manis lalu diblender.

3. Susu Kedelai

Bila Anda mencari produk susu yang mengandung protein tinggi tapi bebas laktosa maka pilihannya ialah jenis susu kedelai. Sumber protein pada susu kedelai bersumber dari protein nabati sehingga bebas dari kandungan laktosa. 

Selain itu, jenis susu ini juga tidak memiliki kadar kolesterol dan kadar lemak jenuhnya rendah. Sebagai gantinya, terdapat kandungan lemak sehat seperti omega-3 yang tidak diproduksi di dalam tubuh. Di dalam 100 gram susu kedelai memiliki kandungan protein sekitar 3,3 gram.

Baca juga: Berapakah Kalori Susu Rendah Kalori?

4. Susu Unta

Perihal nutrisi protein, kalori dan karbohidrat, susu unta memiliki kadar yang sama dengan susu sapi sehingga Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu unta. Di samping itu, susu unta memiliki kadar lemak jenuh lebih rendah daripada susu sapi. Kandungan nutrisi lain seperti vitamin B dan C, kalsium, potasium dan zat besinya cukup tinggi.

5. Susu Kambing

Jenis susu yang terakhir dan cukup populer selain susu sapi dan susu nabati yakni susu kambing. Di setiap 200 ml susu kambing memiliki kandungan protein sebesar 6 gram. Kandungan casein alfa S1 lebih rendah daripada susu sapi sehingga cukup aman bagi Anda yang memiliki riwayat intoleransi laktosa.

Alasan lain kenapa Anda bisa mengganti susu sapi dengan susu kambing yakni gumpalan lemak di dalam susu kambing ternyata lebih kecil. Dengan begitu enzim lipase yang berperan sebagai pelarut lemak di dalam tubuh lebih mudah tercerna dan proses melewati ususnya lebih cepat.

Cara Memilih Susu Protein Tinggi

Setelah mengetahui apa saja jenis susu yang ada dan kandungan nutrisi di dalamnya. Kini Anda dihadapkan dengan pilihan, produk susu seperti apa yang baik dan sehat untuk Anda dan keluarga?

Setiap jenis susu di atas sudah diproduksi oleh produsen susu profesional sehingga kandungan nutrisi dan gizinya telah terjamin. Namun, bagaimana cara menentukan merk susu yang mengandung protein tinggi dan menyehatkan? Berikut ini caranya, antara lain:

  • Pilih susu sesuai kebutuhan kadar protein harian, Anda bisa melihatnya di Panduan Angka Kecukupan Gizi yang diterbitkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Pilih susu sesuai pola makan harian, bila Anda sering mengonsumsi makanan berkadar protein tinggi maka untuk pilihan susunya tak apa memiliki kadar protein rendah
  • Pilih susu sesuai kondisi kesehatan, bila Anda sedang menderita penyakit atau sedang mengikuti program pembentukan tubuh maka kebutuhan proteinnya akan lebih besar daripada biasanya

Baca Lagi: Mengenal 4 Manfaat Susu Beruang

Rekomendasi Merk Susu yang Mengandung Protein Tinggi

Berikut ini rekomendasi merk susu yang mengandung protein tinggi dan aman untuk Anda konsumsi, di antaranya sebagai berikut.

1. Optimum Nutrition Gold Standard - Plant Protein

Optimum Nutrition Gold Standard - Plant Protein

Optimum Nutrition Gold Standard - Plant Protein memiliki kandungan protein yang bersumber dari tumbuhan organik. Kandungan proteinnya sebesar 24 gram protein yang dikombinasikan dengan asam amino esensial, BCAA alami dan glutamin alami sebesar 4 gram serta kandungan vitamin B12, vitamin C serta campuran grain organik.

2. Optimum Nutrition Whey Gold Standard

Optimum Nutrition Whey Gold

Optimum Nutrition Whey Gold Standard memiliki kandungan protein sebesar 24 gram di setiap takaran sajinya. Jenis protein yang terkandung yakni whey protein yang terdiri dari Whey Protein Isolates, Ultra-filtered Whey Protein Concentrates, dan Hydrolyzed Whey Peptides. Di samping itu, terdapat kandungan BCAA esensial lebih dari 5 gram, kadar glutamin lebih dari 4 gram namun kadar lemaknya rendah.

3. Optimum Nutrition Platinum Hydro Whey

Optimum Nutrition Platinum Hydro Whey

Optimum Nutrition Platinum Hydro Whey mengandung Ultra-Pure Protein sebesar 30 gram di setiap takaran sajinya. Jenis protein yang terkandung di dalamnya bersifat Hydrolyzed Protein Isolates sehingga lebih cepat dicerna di dalam tubuh. Terdapat pula kandungan nutrisi seperti BCAA sebesar 9 gram, kolesterol sebesar 5 mg serta enzim khusus untuk menyehatkan pencernaan.

4. ISOPURE Low Carb

ISOPURE Low Carb 3 lb

Di setiap takaran saji ISOPURE Low Carb mengandung 100% Whey Protein Isolate sebesar 25 gram. Jenis protein ini yang lebih mudah tercerna di dalam tubuh. ISOPURE Low Carb diproduksi dengan formula khusus sehingga bebas laktosa dan gula serta kadar karbohidrat lebih rendah.

5. Optimum Nutrition Serious

Optimum Nutrition Serious Mass

Optimum Nutrition Serious mengandung protein campuran sebesar 50 gram, kandungan kalorinya sekitar 1.250 kalori, serta kandungan karbohidrat tanpa gula tambahan sebesar 250 gram. Lebih lagi terdapat kandungan 25 vitamin dan mineral esensial serta glutamin, kreatin dan asam glutamat.

Baca Juga: Jarak Minum Obat dan Susu yang Aman

6. Optimum Nutrition Pro Complex Gainer

Optimum Nutrition Pro Complex Gainer

Optimum Nutrition Pro Complex Gainer cocok dijadikan susu suplemen untuk Anda yang sedang mengikuti program peningkatan berat badan melalui peningkatan massa otot. Kandungan proteinnya sebesar 60 gram dan karbohidrat sebesar 85 gram, vitamin dan serat yang ideal untuk menyehatkan dan mempercepat pemulihan pasca olahraga.

7. BSN True Mass 1200

BSN True Mass 1200

Rasio kandungan karbohidrat dan protein di dalam BSN True Mass 1200 yakni 4:1 Kandungan proteinnya sebesar 50 gram dan karbohidrat sebesar 214 gram per takaran saji. Selain itu, terdapat karbohidrat kompleks, BCAA sebesar 11 gram, asam amino esensial sebesar 24 gram serta kandungan serat dan minyak trigliserida.

Nah, itulah jenis dan rekomendasi susu yang mengandung protein tinggi. Jadi, bukan hanya bayi dan anak-anak saja yang membutuhkan susu untuk tumbuh kembangnya. Melainkan juga orang dewasa dan lansia (lanjut usia) masih butuh mengonsumsi susu agar kebutuhan protein hariannya terpenuhi.

Temukan produk suplemen multivitamin untuk perawatan dan kesehatan yang aman dan terjamin khasiatnya di website Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan tubuh sejak dini!

 

Reference:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-jenis-susu-tinggi-protein-dari-sumber-hewani-dan-nabati?srsltid=AfmBOoqQFM-kc3Qp_fGGV3Wd2IC88CrHvNzOn3Wjoip3snqxxFCsffLt

https://www.family.abbott/id-id/ensure/tools-and-resources/tips-on-how-to-live-strong/nutrition/merk-susu-yang-mengandung-protein-tinggi.html

https://id.my-best.com/136643

Share

Latest Articles

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Article Category