Sport

10 Cara Mengecilkan Paha yang Efektif dan Gampang Dilakukan

By Khansa |

Apakah cara mengecilkan paha sama dengan mengecilkan perut buncit? Olahraga seperti apa yang efisien untuk mengecilkan paha dan betis?

Pertanyaan itu mulai memenuhi pikiran Anda yang memiliki ukuran paha dan betis sedikit lebih besar.

Perlu Anda ketahui bahwa bagian tubuh paha dan betis memiliki endapan lemak. Apabila dibiarkan dan jumlahnya semakin besar.

Dampaknya paha dan betis Anda akan terlihat lebih besar. Ukuran paha dan betis yang besar tersebut cukup mengganggu penampilan sehari-hari.

Kenali apa yang menjadi penyebab ukuran paha besar, cara cepat mengecilkan paha hingga tips cara mengecilkan paha berikut ini.

Penyebab Paha Besar

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengecilkan lemak paha dan betis, ketahui dulu penyebab ukuran paha dan betis bisa jadi besar. Berikut ini uraian selengkapnya.

1. Obesitas

Obesitas adalah kondisi di mana tubuh Anda kegemukan. Berat badan tidak ideal, menyimpan lemak di dalam tubuh sehingga ketidakseimbangan tubuh berkurang. Beberapa area di dalam tubuh menyimpan endapan lemak cukup besar.

2. Faktor Keturunan

Namun bisa jadi, ukuran paha Anda besar karena faktor genetika atau keturunan. Coba Anda perhatikan adakah anggota keluarga lain yang memiliki ukuran paha besar sama seperti Anda.

3. Kurang Aktivitas Fisik

Gaya hidup tidak sehat sejalan dengan kurangnya aktivitas fisik. Walaupun jarang berolahraga, namun Anda tetap perlu melakukan beberapa aktivitas fisik sederhana dari aktivitas sehari-hari. Bila tidak, sirkulasi darah jadi lebih lambat sehingga lemak tak terdistribusikan dengan baik ke seluruh tubuh.

4. Latihan Angkat Beban Berat

Ketika melakukan latihan angkat beban berat, kaki Anda menjadi pondasi utama tubuh untuk tetap seimbang. Jika kondisi ini sering terjadi, lama kelamaan menimbulkan otot baru di bagian paha dengan tekstur lebih keras.

5. Sering Gunakan Sepatu Hak Tinggi

Pada kasus wanita, penggunaan sepatu hak tinggi ternyata memicu ukuran paha dan besar jadi lebih besar. Hal tersebut lantaran tubuh Anda bertumpu pada tumit. Sejalan dengan itu, otot betis dan paha jadi lebih besar.

Baca juga: 10 Gerakan Workout di Rumah & Tips Mengoptimalkannya!

Bagaimana Cara Mengecilkan Paha?

Setelah mengetahui apa saja penyebab ukuran paha dan betis besar, maka berikut ini cara mengecilkan paha dengan aman.

1. Latihan Kardio

Latihan kardio cukup efektif mengubah ukuran paha jadi lebih ramping. Jika memiliki waktu luang cukup banyak, Anda bisa joging atau ikut latihan kardio outdoor. Akan tetapi, bila waktunya terbatas Anda bisa melakukan lompat tali atau treadmill.

2. Plyometric Squat

Plyometrix Squad

Latihan ini bisa dilakukan bila Anda memiliki kondisi lutut sehat. Caranya cukup mudah, buka kaki selebar bahu. Kemudian jongkok sampai posisi 90 derajat.

Lalu lompat dan jatuhkan tubuh dengan posisi jongkok. Olahraga ini mengutamakan kekuatan kaki dan bokong sehingga cocok untuk melatih otot paha

3. Dumbbell Squat

Squat lainnya yang bisa dilakukan untuk mengecilkan paha yakni dumbbell squat. Dimulai dengan memposisikan kaki selebar ukuran pinggul.

Kemudian pegang dumbbell dengan dua tangan. Turunkan badan secara perlahan hingga jongkok lalu berdiri lagi ke posisi semula. Lakukan repetisi 2 set dengan satu set berisi 10 sampai 12 kali pengulangan.

Baca Juga: Jenis – Jenis Olahraga untuk diet yang Sehat

4. Side Shuffle Switch

Side Shuffle Switch membantu mengecilkan ukuran paha sekaligus menyehatkan jantung. Olahraga dimulai dengan merapatkan kaki dan lengan di samping badan.

Geser langkah sebanyak 3 langkah ke kanan, kiri dan kaki. Tutup olahraga dengan mengangkat lutut kiri hingga mencapai siku kanan. Lakukan repetisi hingga 20 kali secara bergantian.

5. Side Lying Adduction

Gerakan Side Lying Adduction cukup mudah dan efektif untuk mengecilkan ukuran paha. Baringkan tubuh Anda di lantai, lalu memiringkan tubuh ke kiri.

Tekuk kaki kiri ke bagin bawah ke depan, sedangkan kaki kanan tetap lurus. Lalu angkat kaki kanan tersebut ke atas sambil Anda menahan otot perut. Lakukan pengulangan sebanyak 15 sampai 20 kali.

6. Curtsy Lunge

Gerakan Curtsy Lunge merupakan cara mengecilkan paha dalam. Gerakan ini dimulai saat Anda berdiri tegak dan kedua kaki dalam posisi rapat.

Kemudian pindahkan kaki kanan ke belakang lalu tekuk kedua lutut tersebut. Dianjurkan melakukan gerakan Curtsy Lunge sambil lompat agar paha bagian dalam tertekan. Lakukan repetisi sebanyak 10 sampai 12 kali secara bergantian.

7. Lunges with Dumbbell

Gerakan Lunges with Dumbbell dimulai dengan berdiri di atas kaki yang terbuka selebar ukuran pinggul. Ambil dumbbell berukuran 2 sampai 5 kilogram di tangan kanan dan kiri.

Kaki kiri maju selangkah ke depan lalu turunkan tubuh Anda. Kemudian turunkan kaki kanan hingga menyentuh tanah secara perlahan.

8. Ballerina Plie

Plie merupakan gerakan balet. Buka kaki selebar bahu kemudian jinjit dengan bertumbu pada jari kaki. Selanjutnya buka lengan dan luruskan ke depan. Menurunkan badan sampai jongkok secara perlahan.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga Pembentuk Otot Dada yang Aman dan Efektif

9. Konsumsi Kopi di Pagi Hari

Ternyata mengonsumsi kopi di pagi hari bisa membantu mengecilkan ukuran paha. Kafein memiliki sifat diuretik, sifat khusus untuk menstimulasi metabolisme tubuh. Kafein tersebut akan membakar lemak di dalam tubuh dan menjadikan energi untuk aktivitas sehari-hari.

10. Penuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Cara mengecilkan paha tanpa olahraga lainnya yakni dengan menjaga asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan gizi harian yang dibutuhkan tubuh.

Ketika nutrisi harian telah terpenuhi, maka kondisi tersebut meminimalisir lemak jahat menempel di bagian paha dan betis. Hindari mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi dan ganti dengan mengonsumsi protein berkadar tinggi.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Mengecilkan Paha Besar

Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin yang aman untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga program mengecilkan paha dan betis Anda berjalan lancar dan berhasil.

Isopure Zero Carb 1 lb

Isopure Zero Carb 1 l

Isopure Zero Carb 1 lb memiliki kandungan 100% Whey Protein Isolate sebanyak 25 gram di setiap takaran sajinya. Selain itu terdapat kandungan laktosa, karbohidrat dan lemak dalam jumlah rendah. Diformulasi khusus sehingga bukan hanya menyehatkan melainkan juga lezat karena rasa cookies & cream.

ISOPURE Whey Protein Isolate 1 lb

ISOPURE Whey Protein Isolate

ISOPURE Whey Protein Isolate 1 lb mengandung Whey Protein Isolate murni sebanyak 25 gram yang dikombinasikan dengan laktosa, karbohidrat dan lemak berkadar rendah. Produk ini bersifat unflavored sehingga Anda bisa mencampurkannya dengan makanan dan minuman lain.

Optimum Nutrition Pre Workout

Optimum Nutrition Pre Workout untuk mengecilkan paha

Optimum Nutrition Pre Workout diproduksi menggunakan formula rahasia dan bahan premium yang telah terjamin khasiat dan nutrisinya.

Hal tersebut lantaran Optimum Nutrition Pre Workout mengikuti serangkaian uji yang dilakukan para ahli nutrisi suplemen olahraga. Adapun kandungan nutrisinya antara lain kafein, protein,tirosin, vitamin dan serat diet.

Optimum Nutrition Gold Standard - Plant Protein

Optimum Nutrition Gold Standard

Optimum Nutrition Gold Standard - Plant Protein mengandung 24 gram protein yang berasal dari tumbuhan organik. Kandungan asam amino esensialnya cukup lengkap, nutrisi BCAA yang terbentuk secara alami sebesar 4 gram, kadar glutamin 4 gram serta vitamin B dan C.

ISOPURE Low Carb 3 lb

ISOPURE Low Carb 3 lb

Rekomendasi yang terakhir yakni ISOPURE Low Carb 3 lb dengan rasa chocolate. Kandungan gizinya sudah tidak diragukan lagi. Terdapat kandungan Whey Protein Isolate murni sebanyak 25 gram di setiap takaran sajinya. Kadar laktosa, karbohidrat dan lemak yang rendah serta berbagai vitamin, mineral dan mikronutrien lainnya.

Nah, itulah cara mengecilkan paha tanpa olahraga dan melalui olahraga. Ketika mengikuti program mengecilkan paha, betis atau perut buncit, yang perlu Anda ingat bukan mengurangi makan melainkan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk mensukseskan program tersebut.

Temukan suplemen multivitamin lain untuk mengecilkan paha, perut dan berat badan di website Natural Farm.

Semoga informasinya bermanfaat!

 

Reference:

https://www.halodoc.com/artikel/simpel-dan-efektif-ini-13-cara-cepat-untuk-mengecilkan-paha?srsltid=AfmBOopfo5XMHpREDPsWAAR4tMOaOPDkFnIozq9SAFbOlNokLzTDdyp1

https://www.alodokter.com/8-cara-mengecilkan-paha-dan-betis-yang-efektif-dan-mudah-dilakukan

https://www.halodoc.com/artikel/simpel-dan-efektif-ini-13-cara-cepat-mengecilkan-paha-1?srsltid=AfmBOoqv8CPK-uRun8LgnfhHTQV02wlfzM5Q_UqgdNrRsahBGEZwBB61

https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/olahraga-mengecilkan-perut-dan-paha

Share

Latest Articles

Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

10 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Aman dan Efektif

10 Cara Mengecilkan Paha yang Efektif dan Gampang Dilakukan

Begini 6 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman!

10++ Cara Membesarkan Otot Lengan & Kebutuhan Nutrisinya

Ketahui 6 Tanda Otot Berkembang dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Article Category