Lifestyle

Begini 6 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman!

By Khansa |

Umumnya orang mengetahui cara menaikkan berat badan dengan cepat yakni banyak mengonsumsi makanan.

Hal tersebut ada benar dan ada kelirunya. Mengapa demikian? Bila tak diimbangi dengan ilmu gizi dan nutrisi, maka hanya timbunan lemak yang mengisi perut dan tubuh Anda.

Sama halnya dengan orang yang memiliki kelebihan berat badan alias obesitas, orang dengan memiliki berat badan di bawah standar dan terlalu kurus juga berpotensi terserang berbagai penyakit berbahaya. Beberapa di antaranya permasalahan kulit, rambut, gigi sampai kesuburan.

Pada tingkat lebih parahnya, Anda bisa mengalami gangguan kesehatan seperti gangguan sistem imunitas tubuh sampai masalah hormon bila memiliki tubuh terlalu kurus.

Oleh karena itu, ketahui apa saja penyebab berat badan sulit naik dan cara untuk menaikkan berat badan.

Penyebab Berat Badan Susah Naik

Sebelum mengetahui bagaimana cara menaikkan berat badan secara sehat, sebaiknya ketahui dulu apa penyebab berat badan Anda sulit naik. Berikut ini sejumlah faktor yang menyebabkan berat badan susah naik, di antaranya:

  • Penderita penyakit kronis seperti HIV, tuberkulosis (TBC), dan diabetes
  • Penderita penyakit celiac atau gangguan proses penyerapan makanan di usus
  • Pasien yang mengidap penyakit kanker stadium akhir
  • Penderita gangguan makan seperti anoreksia nervosa
  • Penderita malnutrisi atau kekurangan gizi
  • Penderita gangguan mental seperti stres dan depresi
  • Orang dengan metabolisme tubuh cepat sehingga kalori gampang terbakar
  • Orang yang sedang menjalani diet tidak seimbang dan tidak sehat

Baca juga: 5 Rekomendasi Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa keliru bila Anda beranggapan cara menambah berat badan hanya dengan makan banyak.

Sebab, salah sedikit justru hanya lemak dan makanan dengan kadar gula tinggi saja yang tertimbun di dalam tubuh. Berikut ini cara mudah untuk menaikkan berat badan.

1. Porsi Makan Sedikit tapi Durasi Makan Lebih Banyak

Supaya bisa menambah asupan makan, coba strategi makan dengan porsi sedikit tapi durasi makannya lebih sering. Biasanya Anda makan tiga kali sehari dengan porsi makan cukup banyak.

Kini ganti dengan strategi porsi makan lebih sedikit namun durasi makan sekitar 5 sampai 6 kali sehari. Tujuannya untuk menambah asupan kalori tapi tidak menimbulkan rasa kenyang berlebihan.

Cara seperti ini akan sangat cocok bagi Anda yang susah makan dan seringkali terasa mual juga mudah kenyang jika makan dalam porsi besar.

2. Tingkatkan Asupan Kalori Harian

Melanjutkan pembahasan sebelumnya, meningkatkan asupan kalori harian cukup efektif untuk menambah berat badan dengan cara yang sehat. Idealnya kebutuhan kalori harian sekitar 1300 sampai 1500 kalori.

Bila Anda sedang mengikuti program penambah berat badan, berarti target kalori hariannya meningkat antara 1600 sampai 1.800 kalori atau pada beberapa kasus bahkan bisa 2.000 tergantung kebutuhan.

Beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi di antaranya:

  • Daging ayam, daging merah, daging salmon dan telur
  • Gandum utuh, nasi merah atau kentang
  • Kacang-kacangan
  • Susu dan yogurt full cream

Baca Juga: Obat Pelangsing yang Aman untuk Turunkan Berat Badan

3. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Pilih makanan yang mengandung kadar protein tinggi. Misalnya saja telur, susu, ikan atau kacang-kacangan. Protein membantu proses pertumbuhan tubuh dengan meningkatkan kesehatan.

Jenis protein seperti whey cukup efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan pembentukan massa otot.

4. Konsumsi Camilan Sehat

Selain itu, di antara waktu makan, Anda bisa mengonsumsi camilan sehat. Camilan yang mengandung nutrisi dan gizi seperti yogurt, roti gandum, hingga cokelat hitam.

Meski begitu, pastikan untuk menghindari konsumsi camilan yang mengandung kolesterol tinggi dan minyak jenuh seperti gorengan.

5. Konsumsi Susu dan Air Putih

Ternyata mengonsumsi susu membantu peningkatan berat badan, apalagi pada bayi. Sementara itu, mengonsumsi air putih selain melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan metabolisme tubuh juga bermanfaat untuk meningkatkan berat badan ideal.

6. Konsumsi Smoothie Rutin

Cara menaikkan berat badan dengan cepat lainnya yakni mengonsumsi smoothie rutin. Smoothie merupakan minuman yang terbuat dari campuran sayuran dan buah-buahan.

Umumnya minuman smoothie memiliki tekstur lembut dan kental sehingga sangat menyenangkan serta tak sulit saat dikonsumsi.

Beberapa bahan yang bisa Anda pilih untuk smoothie ini juga beragam mulai dari sayur atau buah berkalori tinggi seperti bayam, biji-bijian hingga yogurt.

Rekomendasi Suplemen untuk Menaikkan Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan dan minuman di atas, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk tubuh. Jika kurang cukup melalui asupan makanan, Anda bisa membantu pemenuhan kebutuhan nutrisi harian untuk meningkatkan berat badan namun dengan nutrisi yang masih seimbang dengan mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan berat badan.

Optimum Nutrition Serious Mass

Optimum Nutrition Serious Mass

Suplemen Optimum Nutrition Serious Mass sering dikonsumsi para atlet yang sedang mengikuti program pembentukan tampilan fisik tubuhnya.

Kandungan nutrisi di dalamnya antara lain 1.250 kalori, 250 gram karbohidrat tanpa gula tambahan, kreatin, glutamin, glutamic acid, serta 25 vitamin dan mineral. Tersedia varian ukuran 3lb, 6lb dan 12lb.

Pro Complex Gainer

Optimum Nutrition Pro Complex Gainer untuk meningkakan berat badan

Trik meningkatkan berat badan tanpa menambah nilai lemak yakni dengan meningkatkan massa otot. Selain latihan fisik, disarankan untuk mengonsumsi suplemen Pro Complex Gainer.

Suplemen ini mengandung 85 gram karbohidrat dan 60 gram protein. Tersedia varian rasa double chocolate berukuran 5,09lb dan 10,19lb.

BSN True Mass 1200

BSN True Mass 1200

Rekomendasi suplemen yang terakhir untuk meningkatkan berat badan. Rasio kandungan BSN True Mass 1200 terdiri dari karbohidrat dan proteinnya yakni 4:1, di mana karbohidrat memiliki kadar 214 gram dan protein 50 gram di setiap takaran sajinya.

Kandungan lainnya yakni BCAA sebesar 11 gram dan asam amino esensial 24 gram. Sebagai minuman yang cocok menemani olahraga, BSN memproduksi True Mass 120 ke dalam 3 varian rasa di antaranya vanilla, strawberry dan chocolate.

Itulah cara menaikkan berat badan dengan cepat dan rekomendasi susu suplemen terbaik untuk meningkatkan berat badan.

Jadi, meningkatkan porsi makan boleh asalkan mengikuti aturannya. Dengan begitu peningkatan berat badan sejalan dengan meningkatnya kesehatan.

Temukan produk susu, suplemen atau multivitamin lainnya untuk kesehatan dan perawatan di website Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan sejak dini!

 

Reference:

https://ciputrahospital.com/cara-menaikkan-berat-badan/

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menaikkan-berat-badan

https://www.halodoc.com/artikel/9-cara-menambah-berat-badan-secara-alami-yang-mudah-dilakukan?srsltid=AfmBOoqHS15Q2kjban8bFI8rEoq2uA5lKfMHJkrLKDQwzFKr2guB3uvK

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/cara-menambah-berat-badan

Share

Latest Articles

Kenapa Test Pack Negatif tapi Belum Haid? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya

10 Cara Membesarkan Otot Dada dengan Aman dan Efektif

10 Cara Mengecilkan Paha yang Efektif dan Gampang Dilakukan

Begini 6 Cara Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman!

10++ Cara Membesarkan Otot Lengan & Kebutuhan Nutrisinya

Ketahui 6 Tanda Otot Berkembang dan Faktor yang Mempengaruhinya!

Article Category