Mom & Kids

7 Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

By Vivi |

Saat ini, cukup banyak anak memiliki sikap picky eater atau susah makan. Bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Untuk mencari tahu cara mengatasi anak yang susah makan cukup mudah, hanya saja treatment dan solusi anak susah makan setiap anak berbeda.

Misalnya saja ada anak yang sulit makan nasi, maka informasi mengenai cara mengatasi anak susah makan nasi jadi informasi penting. Umumnya persoalan picky eater ini terjadi saat anak berusia 2 sampai 5 tahun. Akan tetapi, beberapa anak sudah menjadi picky eater di usia 1 tahun.

Mari cari tahu bagaimana cara dan tips mengatasi anak susah makan serta penyebabnya untuk mengurangi potensi anak jadi picky eater.

Penyebab Anak Susah Makan

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan, pelajari terlebih dulu apa penyebab anak tidak mau makan. Dengan langkah seperti itu Anda bisa menentukan pendekatan seperti apa yang tepat untuk mengatasi persoalan anak susah makan. Berikut ini penyebab anak susah makan, di antaranya:

  • Anak enggan mengonsumsi makanan yang sama dengan menu sebelumnya
  • Anak hanya ingin mengonsumsi menu makanan tertentu
  • Anak hanya mau mengonsumsi makanan cepat saji
  • Anak tidak mau makan karena sudah kenyang
  • Anak tidak mau mengonsumsi makanan favoritnya secara mendadak
  • Anak sulit menerima menu makanan baru
  • Anak tidak mau makan karena masalah sensorik
  • Anak memiliki gangguan kesehatan tertentu

Baca Juga: Ketahui Vitamin Pencernaan Anak untuk Proteksi Kesehatan Pencernaan Buah Hati

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Setiap anak memiliki penyebab dan solusi untuk atasi anak susah makan. Kendati demikian, Anda bisa memilih beberapa cara mengatasi anak rewel dan susah makan berikut ini.

1. Ajarkan Anak Fokus untuk Makan

Hindari memberikan gadget seperti smartphone dan tablet ataupun makan sambil menonton televisi. Tujuannya untuk mendidik dan membiasakan anak untuk fokus makan sampai habis.

2. Berikan Anak Makanan dengan Porsi Sesuai Usia

Mungkin persoalan anak susah dan malas makan karena porsi makanannya tidak sesuai dengan porsi dan kebutuhannya. Jadi, anak susah makan solusinya dengan memberikan makanan sesuai kebutuhan porsinya.

3. Atur Waktu Makan dengan Tepat dan Konsisten

Cara atasi anak susah makan yang cukup efektif dengan mengatur waktu makan yang tepat dan konsisten. Susun jadwal makan untuk anak sebanyak 3 kali makan berat sehari dengan jadwal snack time sebanyak 2 kali atau disela-sela waktu makan berat.

Kemudian tentukan jam makan anak cukup jauh dengan waktu tidur agar anak tidak mengantuk dan jadi rewel selama makan nanti. Terapkan jadwal makan tersebut setiap hari untuk mendidik anak menimbulkan pola makan yang teratur.

4. Libatkan Anak dalam Mempersiapkan Makan untuk Dirinya

Di saat nafsu makan anak menurun, tak ada salahnya bertanya kepada anak makanan favoritnya atau makanan yang ingin dikonsumsi.

Selain itu, di hari-hari biasa, sesekali ajak anak untuk merencanakan dan mempersiapkan makanan sehari-hari untuknya. Aktivitas seperti itu menyenangkan untuk anak dan anak merasa diikutsertakan setiap keputusan dan pilihannya.

5. Kurangi Porsi Kudapan atau Snack

Salah satu anak susah makan karena perutnya sudah kenyang sehingga sulit memasukkan makan lagi. Bila yang terjadi hal demikian, Anda bisa memperhatikan kudapan sewaktu snack time. Trik untuk meningkatkan rasa kemauan makan pada anak dengan mengurangi kudapan hingga susu.

6. Hindari Memaksa Anak untuk Makan

Saat anak tidak mau makan padahal sudah beberapa kali diminta untuk makan, ibu akan jadi kesal dan tanpa sadar menimbulkan sedikit nafsu untuk memaksa anak memakan makanannya. Dengan cara seperti ini justru bisa membuat anak semakin enggan makan bahkan trauma untuk makan.

Oleh karena itu, walaupun anak benar-benar tidak bisa mau makan, Anda bisa mencari cara lain tanpa harus memaksanya agar anak tidak stres dan trauma untuk makan.

7. Ketahui Gaya Anak untuk Menciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Cari tahu hal apa yang membuat anak senang dan cukup efektif untuk menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Saat anak merasa senang, mood anak akan terjaga untuk makan.

Mengetahui gaya makan anak lainnya adalah dengan mengetahui bagaimana cara anak makan dengan nyaman. 

Misalnya anak tidak mau makan nasi di malam hari maka jangan dipaksakan. Anda bisa mengganti sumber karbohidrat dari nasi dengan sumber karbohidrat lainnya atau menambah porsi nasi di pagi dan siang hari.

Tak kalah penting solusi anak susah makan dengan menjadikan diri Anda sebagai orang tua dan anggota keluarga untuk contoh dan panutan makan untuk anak.

Rekomendasi Vitamin untuk Anak Susah Makan

Cara atasi anak susah makan yang cukup efektif dan efisien dengan mengonsumsi suplemen multivitamin khusus untuk mengatasi anak malas makan. Berikut ini rekomendasi multivitamin yang aman untuk meningkatkan nafsu makan anak.

1. Natures Plus SOL Animal Parade

Multivitamin Natures Plus SOL Animal Parade mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembangnya. Beberapa di antaranya mengandung multivitamin dan mineral, protein, karbohidrat, hingga serat, kalsium dan folic acid. 

Multivitamin ini mudah disukai anak karena memiliki bentuk hewan dengan variasi rasa sesuai untuk anak yakni anggur, jeruk dan cherry.

2. Natures Plus Source of Life Animal Parade

Multivitamin Natures Plus Source of Life Animal Parade memiliki bentuk serupa dengan multivitamin Plus SOL Animal Parade. Akan tetapi, multivitamin ini memiliki kandungan ekstrak brokoli, wortel dan pepaya sebagai phytonutrisi  sebagai penunjang dan penyeimbang metabolisme serta tumbuh kembang anak.

3. Wellness Gummy Kids

Adapun untuk menambah mineral dan vitamin yang dibutuhkan anak, Anda bisa  mengonsumsi Wellness Gummy Kids yang mengandung vitamin A, B5, B6, B12, vitamin C, D, E, zinc, sodium, folic acid hingga choline. Bentuknya gummy dengan varian rasa yang mudah disukai dan dikunyah anak.

Gangguan nafsu makan anak merupakan gangguan kesehatan umum yang pasti menimpa anak. Setiap anak memiliki penyebab dan cara mengatasi anak susah makan yang berbeda.

Meski begitu, Anda tetap perlu mengatasinya sesegera mungkin agar persoalan anak susah makan ini tidak menjadi trauma atau  kebiasaan hingga anak tumbuh dewasa nanti.

Untuk menemukan suplemen dan multivitamin yang aman dikonsumsi anak bisa Anda temukan di Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category