Health

Kenali 10 Penyebab Sering Lupa yang Sering Dialami Generasi Muda

By Vivi |

Di zaman sekarang, kondisi sering lupa juga terjadi pada generasi muda. Umumnya penyebab sering lupa karena seseorang menderita penyakit Alzheimer. Akan tetapi saat ini, ternyata bukan karena penyakit Alzheimer saja yang menjadi penyebab orang sering lupa.

Dalam kasus orang sering lupa pada generasi muda memiliki banyak faktor dan penyebab kenapa orang jadi sering lupa. Penyebab sering lupa dan bingung di generasi muda justru disebabkan karena stres dan depresi.

Jangan dianggap sepele dan biasa kebiasaan sering lupa tersebut. Cari tahu penyebab orang sering lupa dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Sering Lupa di Usia Muda

Gangguan ingatan seperti sering lupa berpeluang mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya orang yang sering lupa umumnya sulit menyelesaikan tugas dengan sempurna. Hal tersebut lantaran Anda akan merasa bingung di tengah kegiatan sehari-hari untuk menyelesaikan tugasnya.

Karenanya penting mengetahui apa penyebab sering lupa dan tidak fokus pada diri sendiri untuk mengetahui bagaimana cara efektif dan efisien untuk mengatasi gangguan daya ingat tersebut.

1. Kurang Tidur

Saat seseorang kurang tidur, biasanya tingkat kecemasan akan semakin besar sejalan dengan perubahan mood dan penurunan konsentrasi.

2. Perasaan Sedih Berlebih

Alasan kenapa orang sering lupa juga bisa disebabkan karena perasaan sedih yang berlebih dan mendalam. Mungkin sekilas terdengar seperti serial televisi dan drama. 

Akan tetapi, dalam kehidupan nyata seseorang yang mengalami rasa sedih dan pedih berlebih terhadap hal tertentu, misalnya rasa kehilangan, berpotensi kehilangan ingatan jangka pendek akibat trauma mental berkepanjangan.

3. Stres

Saat Anda merasa stres, sebenarnya pikiran sedang menanggung beban pikiran yang begitu besar sehingga otak jadi sulit menyimpan ingatan jangka pendek. Dalam kasus terparahnya, stres dapat memicu lupa ingatan jangka panjang dan membuat orang jadi gampang pikun.

4. Depresi

Kondisi stres yang terus dipelihara menyebabkan seseorang jadi mudah merasa depresi. Dampaknya pada daya ingat seseorang yakni hilangnya ingatan dan kesulitan berpikir jernih serta konsentrasi.

5. Gangguan Kognitif Ringan

Bagi penderita gangguan kognitif ringan sebenarnya tetap bisa melakukan aktivitas sosial sehari-hari. Hanya saja, Anda akan mengalami penurunan keterampilan  berpikir.

6. Kehilangan Memori dan Penuaan

Sama halnya dengan gangguan kognitif ringan, kehilangan memori  dan penuaan juga tidak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab sekalipun Anda lupa akan suatu hal hari ini, Anda tetap dapat mengingatnya di hari-hari selanjutnya.

7. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat-obatan tertentu memberi efek samping menurunnya atau hilangnya kemampuan dan daya ingat seseorang. Beberapa di antaranya obat antidepresan seperti amitryptiline dan paroxetine. Kemudian obat antihistamin seperti brompheniramine dan cimetidine.

Apabila Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang memberi efek samping daya ingat, sebaiknya mengonsumsi obat tersebut di bawah pengawasan dokter langsung.

8. Idap Penyakit Tertentu

Pasien dengan penyakit khusus ternyata menjadi penyebab sering lupa dan bingung. Beberapa di antaranya seperti penyakit infeksi otak dan tumor, gangguan hati ataupun ginjal, penyumbatan pembuluh darah, penyakit tiroid hingga cedera kepala.

9. Konsumsi Minuman Beralkohol

Dalam kasus apapun, mengonsumsi minuman beralkohol memberi dampak  buruk bagi kesehatan. Salah satunya bila Anda terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol adalah penurunan daya ingat jangka pendek.

10. Asupan Nutrisi Harian Kurang Terpenuhi

Apa penyebab orang sering lupa ada kaitannya dengan apa yang orang tersebut konsumsi? Jawabannya tentu saja. Jika seseorang tidak memenuhi kebutuhan harian vitamin B1 dan B12 dapat menurunkan daya ingat dan menurunkan tingkat kesehatan sel saraf otak.

Baca Juga: Tidak Selalu Mahal!Ini Dia 5 Makanan yang Mengandung Omega 3 yang Murah Meriah

Cara Mengatasi Sering Lupa

Setelah mengetahui apa penyebab Anda bisa sering lupa, kemudian terapkan langkah-langkah berikut ini sebagai tindakan preventif untuk mengatasi gangguan daya ingat tersebut, di antaranya:

  • Melakukan aktivitas yang membuat otak terus aktif dengan melibatkan gerakan tubuh juga
  • Menuliskan setiap detail penting ke dalam buku catatan, kalender atau alat lainnya
  • Menghabiskan waktu bersama pasangan, keluarga dan teman sebagai upaya untuk mengontrol stres
  • Menyimpan beberapa benda kecil atau benda penting di tempat yang sama
  • Menerapkan gaya dan pola hidup sehat
  • Melakukan latihan fisik atau olahraga rutin minimal durasi 150 menit seminggu
  • Menjaga dan mengonsumsi makanan bernutrisi dan bergizi
  • Memiliki waktu istirahat dan tidur yang cukup minimal 7 jam per hari
  • Meninggalkan kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang

Tips Meningkatkan Daya Ingat agar Tidak Sering Lupa di Usia Muda

Kombinasikan cara mengatasi gangguan daya ingat lupa tersebut dengan tips untuk meningkatkan daya ingat di usia muda berikut ini:

  • Membatasi konsumsi gula supaya fungsi otak dan daya konsentrasi serta daya ingat terjaga
  • Mengurangi bahkan meninggalkan kebiasaan mengonsumsi alkohol
  • Melatih fungsi kerja otak dan daya konsentrasi dengan beberapa aktivitas atau permainan tertentu
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan untuk menjaga sel saraf otak dari kerusakan sekaligus menjaga daya ingat
  • Mengonsumsi suplemen multivitamin khusus yang mengandung nutrisi yang diperlukan otak, seperti suplemen minyak ikan yang mengandung omega-3

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Otak dan Tubuh agar Terhindar dari Gangguan Daya Ingat

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa berasal dari makanan yang dikonsumsi. Akan tetapi, sering kali pemenuhan nutrisi tersebut masih kurang terpenuhi sehingga Anda tetap membutuhkan suplemen multivitamin khusus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian.

1. Natures Health Krill Oil

Natures Health Krill Oil mengandung omega-3 dan astaxanthin sebagai anti oksidan kuat dan pospholipidyang untuk membantu proses penyerapan omega-3 lebih cepat dan baik sehingga proses pengiriman DHA ke otak lebih optimal.

Untuk diketahui bahwa kandungan Krill sendiri telah terbukti lebih unggul dibandingkan dengan minyak ikan.

2. Natures Plus Ginkgo Combo

Natures Plus Ginkgo Combo mengandung ginkgo biloba leaf dengan kombinasi bahan ekstrak aktif standar USA. Untuk diketahui bahwa ginkgo biloba termasuk nootropic, artinya sebagai pendorong dan penambah daya kognitif seseorang. Tak heran bila mengonsumsi Natures Plus Ginkgo Combo dapat membantu menguatkan memori ingatan dan konsentrasi.

3. Wellness Ginkgo Formula

Rekomendasi yang terakhir adalah Wellness Ginkgo Formula yang membantu memperbaiki konsentrasi daya ingat, daya pikir dan memperbaiki suasana  hati. Dibuat dengan formula khusus Standardized Herbal Extract untuk menjamin efektivitas dan efisiensi khasiat bekerja lebih maksimal dan konsisten.

Tak dipungkiri, hampir seluruh orang akan melalui fase lupa ingatan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Akan tetapi, Anda tetap bisa meminimalkan gejala dan dampak lupa ingatan tersebut setelah mengetahui apa penyebab sering lupa dan menerapkan gaya hidup sehat.

Jadi, pemenuhan nutrisi harian tubuh bukan hanya menghindari tubuh dari penyakit umum seperti penyakit ginjal atau flu saja. Melainkan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tersebut seluruh fungsi dan organ di dalam tubuh dapat bekerja dan berfungsi dengan maksimal.

Temukan suplemen multivitamin yang aman untuk dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa di website Natural Farm.

Yuk, berinvestasi pada kesehatan saat ini juga!

 

Referensi:
https://telemed.ihc.id/artikel-detail-756-Apa-Penyebab-Seseorang-Menjadi-Pelupa.html#:~:text=Lupa%20yang%20dialami%20oleh%20seseorang,medis%20seperti%20Alzheimer%20ataupun%20demensia.
https://www.alodokter.com/mungkin-ini-alasan-kamu-sering-lupa
https://www.halodoc.com/artikel/4-penyebab-sering-lupa-selain-alzheimer
https://dinsospmd.babelprov.go.id/content/masih-muda-tapi-sering-lupa-mengapa
https://www.alodokter.com/jangan-selalu-mengaitkan-lupa-dengan-usia 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category