Mom & Kids

Ini Rekomendasi dan Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

By Vivi |

Mengonsumsi minyak ikan untuk anak cukup penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan organ-organ penting di dalam tubuh.

Namun sayangnya, karena minyak ikan memiliki aroma sedikit amis sehingga anak jadi enggan untuk mengonsumsi minyak ikan. Bagaimana cara makan minyak ikan untuk anak dan memilih vitamin minyak ikan untuk anak yang bagus? Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Minyak Ikan untuk Anak

Minyak ikan mengandung omega-3 yang dibutuhkan anak. Nutrisi omega-3 termasuk jenis asam lemak yang berfungsi untuk menciptakan dan meningkatkan fungsi kognitif anak. Contohnya seperti memaksimalkan kemampuan belajar pada anak dan meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

Di dalam tubuh, omega-3 akan diubah menjadi DHA atau docosahexaenoic acid dengan bantuan enzim delta-4-desaturase. Asam lemak tersebut sebagai modal tubuh untuk meningkatkan perkembangan otak.

Manfaat mengonsumsi minyak ikan lainnya untuk anak antara lain:

  • Mengoptimalkan fungsi kognitif dan otak
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh
  • Mengoptimalkan pertumbuhan tulang yang sehat
  • Menjaga kesehatan mata
  • Mencegah risiko alergi dan meredakan respons sistem imunitas tubuh terhadap alergen
  • Menjaga kesehatan kulit anak dan terhindar dari penyakit kulit
  • Menjaga kesehatan gusi dan gigi
  • Menjaga suasana hati dan perilaku anak selalu baik
  • Meningkatkan kualitas tidur anak
  • Meningkatkan daya fokus, daya ingat, dan konsentrasi anak
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan paru-paru
  • Mengoptimalkan kerja saluran pernapasan anak
  • Mengurangi gejala dan serangan asma
  • Membantu proses penyerapan nutrisi di dalam tubuh lebih optimal

Untuk mencukupi kebutuhan omega-3, sebaiknya anak mengonsumsi ikan, telur, kacang-kacangan, kacang kedelai, hingga susu dan olahan susu. Namun bila anak sulit mengonsumsi itu semua atau kebutuhan omega-3 pada anak belum tercukupi. Disarankan memberikan suplemen multivitamin khusus seperti vitamin minyak ikan kepada anak.

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin untuk Anak yang Sering Sakit, Cermat Pilih Suplemen!

Cara Memilih Minyak Ikan untuk Anak

Meskipun nutrisi dari minyak ikan dibutuhkan anak, akan tetapi bila anak mengonsumsinya dalam jumlah batas wajar maka akan berdampak buruk untuk kesehatan otaknya.

Menurut data dari Alodokter, berikut ini dosis minyak ikan yang dibutuhkan anak berdasarkan usianya, antara lain:

  • Dosis minyak ikan untuk anak 1 tahun sampai 3 tahun sekitar 700 mg per hari
  • Dosis minyak ikan untuk anak 4 tahun sampai 8 tahun sekitar 900 mg per  hari
  • Dosis minyak ikan untuk anak 9 tahun sampai 13 tahun sekitar 1000 sampai 1200 mg per hari

Kemudian pastikan kandungan minyak ikannya terdiri dari omega-3, DHA dan EPA. Cari tahu jenis ikan yang digunakan perusahaan suplemen tersebut untuk diekstrak menjadi minyak ikan. Umumnya jenis ikan yang diekstrak untuk menjadi minyak ikan antara lain ikan sarden, makarel, salmon, dan tuna. Anda bisa membaca informasi nutrisi di kemasan makanan, minuman atau suplemen minyak ikan tersebut.

Rekomendasi Vitamin Minyak Ikan untuk Anak

Setelah mengetahui manfaat minyak ikan untuk perkembangan anak, sudah pahamkan pentingnya mencukupi kebutuhan nutrisi omega-3 untuk anak. Tapi, minyak ikan memiliki aroma amis yang membuat anak jadi enggan untuk mengonsumsinya.

Tak perlu khawatir, nutrisi omega-3 melalui minyak ikan tetap bisa terpenuhi dengan mengonsumsi suplemen multivitamin khusus yang mengandung omega-3 dan aman untuk anak. Berikut ini rekomendasi minyak ikan yang bagus untuk anak.

1. Wellness Kids Omega 3

Wellness Kids Omega 3 cocok jadi multivitamin tambahan untuk anak karena bentuknya softgel yang mudah ditelan. Wellnes Kids terdiri dari dua pilihan rasa yakni rasa orange seperti rasa jeruk dan coklat. Aturan minum minyak ikan untuk anak dengan mengonsumsi 1 softgel per hari.

Khasiat bagi anak yang mengonsumsi multivitamin ini diantaranya meningkatkan pembentukan fungsi kognitif dan otak, anak jadi lebih fokus saat belajar dan gampang mengingat pelajaran hingga mengurangi gejala ADHD.

2. Natures Health Omega Junior

Natures Health Omega Junior merupakan multivitamin minyak ikan untuk anak berbentuk softgel dengan pilihan rasa orange atau rasa seperti jeruk dan chewable. Multivitamin yang satu ini cukup fleksibel dan aman dikonsumsi anak karena cangkang softgel-nya mudah larut dan gampang dikunyah anak.

Kandungan omega-3 akan membentuk selaput di sekitar sel otak, memperbaiki dan meningkatkan daya pikir, daya ingat, dan konsentrasi anak. 

Sedangkan kandungan asam lemak tak jenuh ganda bersifat baik unk proses biologis tubuh anak sekaligus memproteksi dan mengoptimalkan fungsi dan kesehatan fisik serta mental.

3. Youvit Omega 3 Gummy

Youvit Omega 3 Gummy menjadi multivitamin yang banyak disukai anak-anak. Bentuknya yang gummy dengan pilihan rasa jeruk, raspberry dan persik kesukaan anak-anak. Kandungan omega-3 di dalamnya cukup lengkap terdiri dar DHA, EPA dan ALA dengan formula khusus untuk mengoptimalkan kerja otak 

4. Nordic Children’s DHA Strawberry Syrup

Rekomendasi suplemen multivitamin khusus untuk anak yang mengandung minyak ikan yaitu Nordic Children’s DHA Strawberry Syrup. Suplemen minyak ikan untuk anak dari Nordic ini terbuat dari 100% hati ikan Arctic Cod liar sehingga kemurnian dan kesegarannya terjamin.

Kandungan omega-3 dalam bentuk DHA dan EPA berperan sebagai nutrisi dasar untuk mengoptimalkan fungsi dan struktur sel otak. Selain itu terdapat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata dan vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tulang.

Itulah rekomendasi minyak ikan yang bagus untuk anak dan dosis minyak ikan sesuai usia anak. Pastikan Anda mengikuti takaran dan aturan mengonsumsi suplemen minyak ikan sesuai usianya.

Apabila menemukan efek samping, segera konsultasikan kepada dokter khusus anak.

Temukan produk perawatan dan kesehatan anak yang terjamin aman dikonsumsi anak di website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

 

Referensi:

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category