Health

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

By Khansa |

Saat anak sakit, rasanya sedih melihat anak jadi pendiam. Sewaktu baru sembuh anak masih terlihat lemas dan diam. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit yang bisa Anda terapkan.

Sebagian anak-anak belum pulih 100% ketika dinyatakan sembuh dan tidak mengonsumsi obat lagi. Anak masih terlihat lemas, rewel hingga tidak mau makan. Sebagai orang tua tentunya Anda harus bersabar menghadapi kondisi tersebut sambil menerapkan beberapa cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit berikut ini.

Penyebab Anak Lemas Setelah Sakit

Anak yang baru selesai sakit dan sedang dalam fase proses pemulihan memang akan terlihat lemas. Penyebabnya bukan hanya dari segi fisik saja melainkan anak mengalami gangguan kesehatan mental. Berikut ini penyebab anak masih lemas setelah sakit, antara lain:

  • Tubuh anak kekurangan banyak cairan sehingga fungsi-fungsi sel dan organ di dalam tubuh kurang berfungsi secara optimal
  • Tubuh anak kekurangan banyak nutrisi karena anak kehilangan nafsu makan selama sakit
  • Tubuh anak fokus melawan virus dan bakteri yang menginfeksi sehingga energi anak selama sakit dan pasca sakit semakin menurun
  • Tubuh anak merespons efek samping obat yang sedang dikonsumsinya
  • Kondisi psikologis anak sedikit terganggu selama sakit karena tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya ketika sehat

Cara Mengatasi Anak Lemas Setelah Sakit

Setelah mengetahui apa saja penyebab anak masih lemas pasca sembuh dari sakit. Berikut ini cara mengatasi anak lemas setelah sakit yang bisa Anda terapkan supaya anak kembali sehat.

1. Cukupkan Kebutuhan Nutrisi

Di fase pertumbuhannya, anak masih sangat membutuhkan nutrisi dan gizi. Khususnya bila anak setelah melalui fase sakit, sebaiknya segera cukupi kebutuhan nutrisi dan gizinya agar sistem imunitas anak semakin membaik. Beberapa kebutuhan nutrisi yang dimaksud misalnya saja protein, vitamin, mineral, karbohidrat, lemak dan zat besi.

Baca juga: Ketahui Vitamin Pencernaan Anak untuk Proteksi Kesehatan Pencernaan Buah Hati

2. Banyak Minum Air Putih

cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit dengan minum air putih

Ketika sakit, anak lebih mudah kekurangan cairan di dalam tubuhnya ketimbang orang dewasa. Maka jangan heran bila anak lebih mudah dehidrasi saat sedang sakit. Kekurangan cairan tersebut yang menyebabkan tubuh anak jadi lemas. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan cairan dan mineral pada anak dengan banyak mengonsumsi air putih.

3. Berikan Susu untuk Bantu Proteksi Tubuh

Salah satu cara untuk mencukupi kebutuhan protein anak dengan memberikan susu. Pilih susu yang mengandung protein berkualitas seperti asam amino esensial. Anda bisa mencukupi kebutuhan whey protein dari susu sapi atau protein soya dari susu kedelai.

Bila mudah ditemukan, pilih juga susu yang memiliki kandungan selenium dan zinc. Kedua kandungan nutrisi tersebut membantu tingkat sistem imunitas tubuh dan menstimulasi tumbuh kembang anak.

4. Pastikan Waktu Istirahat Anak Cukup

Sejak anak masih sakit sampai proses pemulihan, tubuh anak yang lemas bisa diatasi bila Anda memberikan waktu istirahat yang cukup untuknya. Apabila biasanya anak jam 9 malam sudah tidur, ketika sakit hingga proses pemulihan Anda bisa mengajak anak tidur lebih awal. Dengan begitu waktu istirahatnya lebih banyak dari biasanya dan proses pemulihan berlangsung lebih cepat.

5. Ciptakan Suasana yang Membuat Anak Nyaman

Anak yang sedang sakit atau dalam proses pemulihan membutuhkan perhatian lebih dari orang tuanya. Untuk itu, berikan perhatian ekstra kepada anak sehingga suasananya lingkungan dan hatinya membuat anak semakin nyaman. Ciptakan suasana yang tenang dan damai, beri sedikit sentuhan dengan menggendong atau menepuk punggungnya bila diperlukan.

6. Jaga Suhu Ruang

Salah satu cara agar anak merasa nyaman dengan menjaga suhu ruangan tempat anak bermain atau beristirahat. Idealnya suhu ruang untuk anak yang sedang sakit atau sedang melewati fase pemulihan sekitar 18 sampai 22 derajat celcius. Selain itu, perhatikan pula apakah ada nyamuk, debu atau asap rokok yang berpotensi merusak kenyamanan anak selama berada di ruangan tersebut.

7. Ajak Anak Berkegiatan Positif

Walaupun anak masih dalam proses pemulihan, bukan berarti anak tidak boleh beraktivitas seperti biasa. Anak tetap boleh bermain asalkan Anda benar-benar menjaga lingkungan bermainnya. Meski anak tidak boleh bermain di luar ruangan karena sinar matahari, Anda bisa mengalihkan perhatiannya dengan bermain bersama di dalam rumah.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin yang Aman untuk Anak

Untuk mendukung proses pemulihan tubuh anak pasca sakit, Anda harus mendukung proses stimulasi sistem imunitas tubuh agar fungsi-fungsi sel dan organ di dalam tubuh anak bekerja efektif kembali untuk memproteksi anak.

Cara paling sederhananya dengan mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi harian anak. Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin yang aman untuk anak.

1. ChildLife First Defense 40z

ChildLife First Defense 40z untuk anak lemas

ChildLife First Defense 40z melalui proses produksi dengan formula unik sehingga mendukung pertahanan dan sistem imunitas tubuh anak. Kandungannya terdiri dari bahan herbal alami dan mineral seperti Zinc, Olive leafe extract, Eldeberry dan Larch.

Khasiatnya selain meningkatkan sistem imunitas tubuh juga membantu proses pemulihan anak pasca sakit, mencegah terpapar flu hingga sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

2. ChildLife Vitamin D3

Childlife Vitamin D3

ChildLife Vitamin D3 merupakan produk multivitamin untuk anak dengan rasa berry alami yang disukai si kecil. Vitamin D yang terkandung bersifat aktif sehingga mudah terserap di dalam tubuh. Dengan penyerapan nutrisi yang sempurna tersebut dapat meningkatkan daya kekebalan tubuh dan menyehatkan tulang anak.

3. ChildLife Echinacea

ChildLife Echinacea memiliki kandungan ekstrak Echinacea angustifolia dan Echinacea Purpurea yang dapat terserap tubuh dengan sempurna. Diproduksi dengan serangkaian penelitian ketat sehingga telah terjamin memberikan stimulasi fungsi imunitas tubuh dan proses pemulihan pasca sakit lebih cepat. Menariknya suplemen ini berbentuk cair dengan rasa jeruk yang disukai anak.

4. ChildLife Multivitamin & Mineral

ChildLife Multivitamin & Mineral

Rekomendasi multivitamin yang aman untuk anak selanjutnya yakni ChildLife Multivitamin & Mineral. Suplemen ini mengandung 16 vitamin esensial yang dikombinasikan dengan kadar mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Khasiat mengonsumsi suplemen multivitamin ini antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar mampu memproteksi tubuh anak dari viru dan bakteri yang menginfeksi dan menimbulkan penyakit.

Selain itu, manfaat lainnya yakni untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral pada anak serta berperan sebagai antioksidan yang efektif untuk melawan radikal bebas. Itulah cara mengatasi lemas pada anak setelah sakit dan rekomendasi suplemen multivitamin yang aman untuk anak. Temukan produk kesehatan lainnya untuk bayi, anak hingga orang dewasa dan lansia di website Natural Farm.

Yuk, lindungi keluarga dari virus dan bakteri!

 

Reference:

https://www.alodokter.com/tips-membantu-anak-pulih-dari-sakit

https://hamil.co.id/anak/kesehatan-anak/cara-mengatasi-anak-lemas-setelah-sakit

https://maduvitummy.id/cara-mengatasi-lemas-pada-anak-setelah-sakit/

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category