Lifestyle

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

By Khansa |

Sejak dulu sampai sekarang, manfaat aloe vera untuk wajah tak perlu diragukan lagi. Aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan vitamin cukup banyak. Beberapa di antaranya vitamin A, C, dan E. Berbagai manfaat bila menggunakan aloe vera untuk wajah, di antaranya untuk mencerahkan wajah, menenangkan kulit wajah yang terkena sinar matahari langsung, meningkatkan jumlah produksi kolagen hingga memperlambat proses penuaan dini.

Mari mengetahui apa saja kandungan nutrisi di dalam lidah buaya dan cara menggunakan aloe vera yang benar agar manfaat gel aloe vera untuk wajah lebih optimal lagi.

Kandungan Nutrisi Aloe Vera

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman berwarna hijau tak bertulang yang memiliki sejumlah daging tebal di beberapa bagian. Daging tebal tersebut yang disebut gel. Gel aloe vera mengandung 99% air dan beberapa nutrisi baik lainnya untuk kulit, di antaranya:

  • Antioksidan
  • Asam folat
  • Asam amino
  • Enzim
  • Glukomanan
  • Kolin
  • Lipid
  • Mineral seperti kalsium, kalium, magnesium dan natrium
  • Polisakarida
  • Sterol
  • Vitamin A, B12, C, dan E

Manfaat Aloe Vera untuk Wajah

manfaat aloe vera untuk wajah

Apa manfaat aloe vera untuk wajah? Berikut ini manfaat yang akan Anda, di antaranya sebagai berikut.

1. Melembapkan dan Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan mineral yang tinggi dikombinasikan dengan vitamin A, vitamin C, vitamin E dan enzim di dalam lidah buaya membantu melembapkan kulit wajah dan menghilangkan sel kulit mati.

2. Menenangkan Kulit Sunburn

Sunburn adalah kondisi kulit wajah pasca terpapar sinar matahari berlebihan secara langsung. Tanda wajah Anda sunburn di antaranya warna kulit lebih gelap dan terlihat ruam merah hingga merasakan sensasi panas. Untuk menenangkan gejala tersebut, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya.

3. Mengatasi Bintik Hitam di Wajah

Ketika kulit wajah memproduksi melanin berlebihan, biasanya akan muncul bintik hitam di wajah. Meskipun belum ada dampak dari segi kesehatan, akan tetapi dari segi penampilan ini cukup mengganggu. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bintik hitam tersebut Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya rutin sebanyak dua kali sehari.

4. Membantu Proses Penyembuhan Luka Bakar

Manfaat lidah buaya lainnya yakni membantu proses penyembuhan luka bakar di wajah. Misalnya saja Anda baru selesai mengikuti treatment atau laser wajah namun menimbulkan luka bakar. Luka bakar tersebut bisa disembuhkan menggunakan gel aloe vera. Biasanya gel tersebut berbentuk salep alami.

Untuk memperbaiki kerusakan kulit sekaligus memproteksi kulit dari kerusakan, lidah buaya mengandung antioksidan dan kalsium yang memiliki sifat sebagai pelembap alami. Dengan begitu jaringan kulit semakin sehat dan mempercepat proses pertumbuhan sel kulit baru.

5. Memperlambat Proses Penuaan Dini

Dampak antioksidan di dalam lidah buaya lainnya yakni memperlambat proses penuaan dini. Antioksidan memperbaiki kulit yang rusak karena paparan sinar matahari. Selanjutnya kandungan beta karoten, vitamin C dan E yang akan mengencangkan kulit serta menghidrasi kulit sehingga terlihat lebih muda.

Baca juga: 6 Manfaat Kolagen untuk Wajah Semakin Cantik dan Cerah

Cara Menggunakan Aloe Vera untuk Wajah

Cara menggunakan lidah buaya dengan menjadikannya masker wajah. Supaya manfaat aloe vera gel untuk wajah lebih optimal, dianjurkan untuk mengoleskan sedikit dulu gel aloe vera ke kulit. Bila ada reaksi alergi maka segera hentikan. Namun bila ternyata tidak ada, Anda bisa mengoleskan seluruh gel lidah buaya tersebut menjadi masker wajah.

Anda bisa membuat masker wajah murni hanya menggunakan lidah buaya ataupun dicampur dengan buah lemon. Adapun langkah-langkahnya, antara lain:

  • Memetik tanaman lidah buaya
  • Mengupas batang lidah buaya tersebut, kemudian ambil gel menggunakan sendok
  • Setelah seluruh gel tersebut disimpan di wadah bersih, oleskan gel ke kulit wajah secara menyeluruh
  • Biarkan masker wajah tersebut di wajah semalaman
  • Keesokan harinya, Anda bisa membilas dan mencuci wajah menggunakan air bersih

Bila Anda ingin menggunakannya di siang hari, Anda bisa menunggu gel di kulit wajah mengering baru bilas masker wajah tersebut dengan air bersih.

Rekomendasi Masker Wajah Alami untuk Cerahkan dan Sehatkan Kulit Wajah

Saat ini sudah cukup banyak produk kecantikan khusus gel aloe vera. Setiap produk memiliki keunggulannya masing-masing di samping memberikan manfaat dasar penggunaan lidah buaya. Berikut ini rekomendasi produknya.

1. Nutriwell Aloe Vera Soothing Gel

Nutriwell Aloe Vera Soothing Gel

Nutriwell Aloe Vera Soothing Gel terbuat dari bahan alami yang mengandung 99% ekstrak aloe vera. Melalui proses produksi khusus sehingga gel-nya langsung menyerap ke dalam lapisan kulit. Anda yang mencobanya akan merasakan sensasi dingin yang menenangkan kulit.

2. BREYLEE Aloe Vera Facial Mask

BREYLEE Aloe Vera Facial Mask

Selain dalam bentuk gel yang dioleskan hingga menjadi masker wajah, kini cukup banyak produsen skincare yang memproduksi masker wajah yang terbuat dari lidah buaya. BREYLEE Aloe Vera Facial Mask salah satunya. Masker wajah dari BREYLEE memiliki kandungan ekstrak aloe vera dan asam hyaluronic yang membantu menyehatkan kulit wajah.

3. BREYLEE Aloe Vera Clay Mask

BREYLEE Aloe Vera Clay Mask

Masker wajah berbahan lidah buaya lainnya dari BREYLEE dalam bentuk clay mask yakni BREYLEE Aloe Vera Clay Mask. Manfaat yang Anda rasakan setelah menggunakannya antara lain menjaga kelembapan permukaan kulit sekaligus membuatnya lebih cerah.

4. Bio Talk Gentleman Bar Soap Aloe Vera

Bio Talk Gentleman Bar Soap Aloe Vera

Bio Talk mengeluarkan sabun herbal yang terbuat dari lidah buaya yakni Bio Talk Gentleman Bar Soap Aloe Vera. Sabun ini bisa digunakan sebagai sabun mandi, sabun cuci muka, hingga sebagai sampo. Bila Anda memiliki kulit sensitif maka tak perlu khawatir sebab sabun lidah buaya dari Bio Talk ini ramah kulit sensitif.

5. BREYLEE Aloe Vera Cleanser

BREYLEE Aloe Vera Cleanser

BREYLEE Aloe Vera Cleanser mengandung lidah buaya. Fungsinya untuk membersihkan kulit wajah sampai leher serta menjaga kelembapan kulit wajah.

6. BREYLEE Aloevera Sunscreen

BREYLEE Aloevera Sunscreen

Menariknya, BREYLEE memproduksi produk kecantikan yang efektif untuk menyehatkan kulit wajah sekaligus memproteksinya dari paparan sinar matahari. Produk tersebut yakni BREYLEE Aloevera Sunscreen. Anda bisa menemukan di toko-toko produk kecantikan terdekat atau toko online.

7. Celebon ALOE Collagen Essence Mask

Celebon ALOE Collagen Essence Mask

Masker wajah aloe vera lainnya dari Celebon yaitu Celebon Aloe Collagen Essence Mask. Masker ini bukan hanya menjaga kekenyalan kulit wajah saja, melainkan juga menutrisi kulit sehingga kulit jadi lebih cerah dan menyamar kerutan atau garis halus di wajah.

8. Celebon Aloe Soothing Gel

Celebon Aloe Soothing Gel

Celebon Aloe Soothing Gel memiliki kandungan 95% ekstrak daun lidah buaya yang efektif sebagai moisturizing, soothing, antioksidan, hingga anti aging. Khasiatnya untuk melembapkan, menutrisi, mengencangkan dan mencerahkan kulit. Celebin Aloe Soothing Gel bisa digunakan di wajah, rambut, tubuh hingga kuku.

Itulah segudang manfaat aloe vera untuk wajah lengkap dengan kandungan nutrisi dan cara menggunakannya. Jadi, bila Anda memiliki keterbatasan dana untuk membeli skincare atau produk perawatan tubuh lainnya, bisa digantikan dengan produk-produk berbahan lidah buaya.

Sementara itu, untuk menemukan produk perawatan, kesehatan dan kecantikan lainnya bisa ditemukan di website Natural Farm.

Yuk, jaga kesehatan wajah agar cantik alami!

Share

Latest Articles

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Article Category