Health

Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Serta Cegah Insomnia

By Vivi |

Ada berbagai cara mengatasi susah tidur. Cara yang paling sederhana adalah  dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Istilah dalam ilmu kedokter untuk menjelaskan kondisi sulit tidur adalah insomnia. Menurut Kementerian Kesehatan, insomnia adalah keadaan yang menyebabkan seseorang sulit atau tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Apabila kondisi ini tidak segera diatasi, maka bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Misalnya gangguan kesehatan ringan stres dan depresi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi susah tidur.

Penyebab Susah Tidur

Umumnya, orang membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk bisa tertidur. Ketika Anda membutuhkan waktu lebih untuk bisa tertidur pulas, maka Anda terindikasi memiliki gangguan kesehatan insomnia.

Seperti yang tertulis dalam laman resmi Siloam Hospital, faktor penyebab insomnia dikelompokan ke dalam dua jenis yakni insomnia akut dan insomnia kronis.

Faktor yang menyebabkan seseorang menderita insomnia kronis, di antaranya:

  • Bermain ponsel sebelum tidur
  • Melakukan aktivitas bekerja ataupun menonton televisi di tempat tidur
  • Mengalami gangguan mental seperti depresi, cemas hingga post traumatic stress disorder (PTSD)
  • Menderita penyakit tertentu seperti GERD, hipertensi, kanker, penyakit jantung, hingga penyakit parkinson
  • Menderita riwayat gangguan susah tidur seperti sleep apnea

Sementara itu, faktor yang menyebabkan seseorang menderita insomnia akut antara lain:

  • Sedang mengonsumsi  obat tertentu seperti obat asma, obat tekanan darah ataupun antidepresan
  • Mengonsumsi kafein, nikotin dan alkohol secara berlebihan
  • Mengalami stres karena beban pekerjaan
  • Sedang beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Mengalami jet lag setelah bepergian ke daerah atau zona yang berbeda
  • Mengonsumsi makanan sebelum tidur

Baca Juga: Kenali Ciri Ciri Depresi dari Aspek Psikologi dan Fisik

Cara Mengatasi Susah Tidur

Kondisi sulit tidur ini cukup mengganggu aktivitas keesokan harinya. Anda jadi bangun lebih siang dari biasanya dan seluruh aktivitas di hari itu akan berantakan. Bagaimana cara menghilangkan susah tidur? Berikut ini tipsnya.

1. Tetapkan Waktu Tidur

Langkah pertama dengan menentukan waktu bangun tidur dan waktu tidur di malam harinya. Supaya jadwal tersebut efektif, Anda bisa setting alarm dari ponsel.

Konsisten untuk tidur dan bangun di jam yang telah ditentukan selama kurang lebih 40 hari. Setelah itu, secara otomatis tubuh akan meregulasi sistem hidupnya sehingga tanpa menggunakan alarm Anda sudah bangun dan tidur di waktu yang tepat.

2. Atur Lingkungan Tidur agar Terasa Nyaman

Menciptakan lingkungan tidur yang terasa nyaman supaya Anda lebih cepat tidur. Misalnya saja menggunakan lampu tidur, matikan seluruh lampu di kamar, menutup jendela, hingga menggunakan earplug agar tidak ada suara yang masuk ke telinga.

Selain itu, Anda bisa menghidupkan AC atau menggunakan wewangian dan diffuser untuk menambah aroma sehingga Anda lebih cepat untuk tidur.

3. Tingkatkan Kenyamanan dengan Menyalakan Musik

Dalam kondisi tertentu, bisa saja musik menjadi solusi untuk meningkatkan kenyamanan sehingga Anda lebih cepat tidur. Namun, jangan mendengarkan musik menggunakan earphone atau headset. Gunakan speaker tambahan atau speaker bawaan dari ponselnya.

4. Sebelum Tidur, Coba Mandi dengan Air Hangat

Seharian penuh Anda melakukan aktivitas di luar rumah atau di dalam rumah begitu padat. Cara mengatasi tidak bisa tidur selepas aktivitas yang  padat yakni dengan mandi menggunakan air hangat.

Setelah mandi menggunakan air hangat tersebut, tubuh jadi semakin lebih rileks dan rasa kantuk semakin cepat terasa sehingga Anda bisa langsung tertidur dengan cepat.

5. Terapkan Metode Militer

Solusi susah tidur selanjutnya dengan menerapkan metode militer ketika mau tidur. Sudah bukan rahasia lagi bahwa petugas militer memiliki prosedur atau metode tidur lebih cepat dan konsisten sesuai jadwal. Adapun cara menerapkan metode tidur militer, di antaranya:

  • Tidur dan berbaring di atas tempat tidur dengan nyaman
  • Melakukan treatment relaksasi wajah khususnya di bagian kelopak mata, alis, rahang dan bibir
  • Memposisikan lengan menggantung dengan rileks dan posisi bahu lebih menurun dari posisi tubuh
  • Menarik napas dalam dan merilekskan otot dada
  • Melakukan treatment relaksasi tubuh bagian bawah mulai dari pinggang sampai kaki
  • Memejamkan mata sambil membayangkan kondisi damai versi Anda untuk menghadirkan pikiran yang tenang

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Mengatasi Susah Tidur

Cara atasi susah tidur yang cukup efisien yakni dengan mengonsumsi suplemen multivitamin khusus yang berkhasiat untuk mengatasi insomnia. Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin untuk mengatasi insomnia yang mana.

1. Nutriwell Magnesium

Dalam satu botol Nutriwell Magnesium terdapat 30 kapsul dengan aturan konsumsi satu kapsul per hari. Kandungan Magnesium Amino Acid Chelatenya  sebesar 400 mg. Suplemen multivitamin ini ramah vegetarian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi magnesium di dalam tubuh.

2. Nuvita Nutri Magnesium

Nuvita Nutri Magnesium mengandung Magnesium Oxide sebesar 350 mg per tablet. Disarankan Anda mengonsumsi suplemen ini satu tablet per hari. Dengan mengonsumsi suplemen multivitamin ini, maka kebutuhan magnesium harian Anda terpenuhi.

Beberapa khasiat setelah mengonsumsi suplemen Nuvita Nutri Magnesium yakni mengurangi tingkat stres di dalam tubuh sehingga kualitas tidur meningkat. Kemudian menjaga kesehatan jantung sehingga irama jantung lebih terkontrol hingga menjaga dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.

3. Natures Plus Cal Mag Zinc

Suplemen Natures Plus Cal Mag Zinc mengandung nutrisi magnesium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan tubuh. Sekalipun nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan di dalam makanan, akan tetapi kadarnya belum mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Proses produksi menggunakan formula khusus dengan metode Biotron Process untuk melindungi potensi kerusakan mineral karena asam lambung atau makanan didalam tubuh. Dengan begitu penyerapan nutrisinya terserap lebih optimal.

Beberapa khasiat yang akan Anda rasakan setelah mengonsumsi suplemen ini yakni memperbaiki kondisi mood, daya tahan tubuh meningkat hingga kualitas tidur diperbaiki.

4. Natures Plus Dynomins Magnesium

Rekomendasi suplemen multivitamin untuk mengatasi susah tidur yakni Natures Plus Dynomins Magnesium. Suplemen dari Natures Plus mengandung magnesium sebesar 250 mg per tablet.

Proses produksinya menggunakan formula khusus dengan proses pembuatan menggunakan teknologi Dynamic Mineral Transport System. Teknologi tersebut memudahkan proses penyerapan pengangkutan organik magnesium di dalam tubuh.

Khasiat suplemen multivitamin ini antara lain mengurangi stres dan cemas, mengurangi migrain dan kram otot, hingga menjaga kesehatan jantung sehingga kualitas tidur terjaga.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi susah tidur serta tips mencegah insomnia dengan memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

Untuk menemukan suplemen dan multivitamin yang aman dan berkhasiat, silakan kunjungi website Natural Farm. Anda akan menemukan berbagai suplemen multivitamin berkhasiat untuk Anda, pasangan dan keluarga.

Semoga informasinya mudah dipahami, ya!

Referensi:

  • https://ayosehat.kemkes.go.id/5-tips-mengatasi-insomnia
  • https://www.alodokter.com/menyiasati-insomnia
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-agar-cepat-tidur
  • https://www.halodoc.com/artikel/begini-5-cara-mengatasi-susah-tidur-tanpa-obat-obatan?srsltid=AfmBOop5y9F3kxB_naMRROlzfrdiiT-Gv30oLenYKXbSv0sIA7jZlOd_
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-insomnia#mcetoc_1gsc43n9ob5c
  • https://www.halodoc.com/artikel/jenis-obat-tidur-yang-aman-untuk-menangani-insomnia?srsltid=AfmBOorINQ4yS0filuYfUh_aCpKYNFGb_X_8FITV772m4Q_pbQRXxm1b

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category