Health

Berapa Kadar Kolesterol Normal Wanita? Cek Di Sini!

By Vivi |

Kadar kolesterol normal wanita  harus tetap terjaga. Hal tersebut lantaran saat kadarnya melewati batas normal, maka bisa memicu penyakit berbahaya seperti serangan jantung atau stroke.

Pada dasarnya kolesterol merupakan jenis lemak baik di dalam darah yang berfungsi untuk membangun sel sehat di dalam tubuh. Akan tetapi, Anda tetap harus menjaga batas normalnya, khususnya batas kolesterol untuk wanita.

Berapa kadar standar kolesterol wanita? Bagaimana cara menjaganya agar tetap memenuhi kadar kolesterol normal untuk wanita? Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Batas Aman Kadar Kolesterol Normal Wanita

Terdapat dua jenis kolesterol di dalam tubuh yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik bertugas untuk mencegah penyempitan pembuluh darah karena lemak (aterosklerosis). Kemudian LDL merupakan faktor pemicu terjadinya aterosklerosis.

Selain itu terdapat pula lemak lain yang disebut trigliserida dan total kolesterol yang harus diperhatikan batas kolesterol normal wanita dewasa. Keempat hal tersebut harus Anda atur dan kelola supaya tidak melebihi batas maksimalnya.

Berdasarkan hasil penelitian Journal of the American College of Cardiology (JACC) yang ditulis laman resmi Ciputra Hospital, berikut ini angka normal kolesterol wanita dan pria.

Jenis Kolesterol

Wanita Dewasa Min. 20 Tahun

Pria Dewasa Min. 20 Tahun

Pria & Wanita Maks. 19 Tahun

Kolesterol LDL

< 100 mg/dL

< 100 mg/dL

< 100 mg/dL

Kolesterol HDL

> 50 mg/dL

> 40 mg/dL

> 45 mg/dL

Non HDL

< 130 mg/dL

< 130 mg/dL

120 mg/dL

Total Kolesterol

125 - 200 mg/dL

125 - 200 mg/dL

< 170 mg/dL

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Namun sayangnya, masih banyak wanita yang kurang aware akan pentingnya mengelola kadar kolesterol normal wanita. Bahkan untuk memeriksa nilai normal kolesterol wanita secara rutin pun masih banyak.

Mengutip dari Halodoc, American Heart Association telah mencatat sebanyak 76% wanita tidak mengetahui jumlah kolesterol di dalam tubuhnya. Hal tersebut tentu berbahaya karena Anda tidak mengetahui apakah kadar kolesterol di dalam tubuh masih normal  atau sudah melebihi batas normal.

Tak semua kolesterol tinggi memiliki gejala sehingga Anda tidak bisa mengetahui apakah kadar kolesterol di dalam tubuh masih normal atau tidak. Akan tetapi, pada kadar tertentu ketika melebihi batas normal, maka akan terjadi penumpukan plak pada pembuluh darah di organ penting.

Saat kondisi tersebut terjadi, umumnya diikuti dengan gejala sebagai berikut:

  • Merasakan nyeri di bagian dada, rasa nyerinya seperti tertindih
  • Merasakan mual diikuti dengan sesak napas dan jantung berdebar
  • Merasa mudah lelah saat melakukan aktivitas sehari-hari
  • Merasakan pegal dan nyeri di sekitar leher, rahang, perut bagian atas dan punggung
  • Merasakan mati rasa atau dingin di bagian ujung tangan ataupun kaki

Baca Juga: Apa Saja Makanan yang Tinggi Serat? Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini!

Tips Menjaga Kadar Kolesterol Normal Wanita

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal. Dengan menjaga kadarnya tersebut, Anda bisa terhindar dari potensi penyakit jantung dan stroke. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menjaga batas normal kolesterol wanita dewasa, antara lain:

  • Menjaga gaya dan pola hidup sehat
  • Mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti sayuran dan buah secara rutin setiap hari
  • Meninggalkan kebiasaan makanan bersantan atau yang digoreng
  • Membatasi makan makanan berlemak jenuh tinggi seperti mentega, daging merah dan keju
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian tubuh
  • Menghentikan kebiasaan merokok
  • Mengikuti program penurunan berat badan
  • Melakukan olahraga rutin secara teratur minimal 30 menit per hari, lakukan olahraga sebanyak 3 sampai 5 kali per minggu

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Mengontrol Kolesterol

Untuk membantu menjaga kadar kolesterol normal wanita, disarankan untuk mengonsumsi suplemen multivitamin khusus yang terbuat dari kandungan nutrisi alami sehingga efektif untuk menjaga batas kolesterol wanita. Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin yang aman.

1. Nutriwell Omega 3 Fish Oil

Nutriwell Omega 3 Fish Oil terbuat dari minyak ikan alami dengan formula khusus sehingga efektif untuk menurunkan kadar  kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah.

Selain itu, manfaat lainnya yakni mengontrol denyut jantung, mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, menjaga kesehatan organ tubuh yang penting hingga mengatasi rematik, psoriasis dan eksim.

2. Natural Factors R Omega 3

Natural Factors R Omega 3 merupakan suplemen berbentuk softgel yang mengandung minyak ikan sebanyak 1170 mg. Proses produksinya cukup kompleks dan alami. Mulai dari ikan yang didapatkan berasal dari perairan laut dalam sehingga terjamin kemurniannya.

Suplemen multivitamin ini mengandung dua kali konsentrat omega 3 seperti EPA/DHA. Kandungan alami tersebut cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga kesehatan jantung, sendi dan fungsi otak tetap terjaga.

Suplemen ini terbuat menggunakan enteri pure softgel berbahan alam dengan standar Pharmaceutical Grade yang bebas dari peroxide, pestisida, dioksin, PCB dan logam berat yang dapat mengoptimalkan proses penyerapan nutrisi lebih baik serta menghilangkan bau dan rasa amis saat diminum.

Beberapa khasiatnya antara lain menurunkan kadar kolesterol trigliserida dan kolesterol di dalam darah, menjaga kesehatan jantung dan kardiovaskular, menjaga kesehatan fungsi otak dan kognitif hingga mengurangi peradangan karena rheumatoid arthritis.

3. Solaray Red Yeast Rice

Rekomendasi yang terakhir yakni Solaray Red Yeast Rice merupakan suplemen yang memiliki kandungan ekstrak red yeast rice atau monascus purpureu sebesar 600 mg.

Untuk diketahui red yeast rice adalah angkak masuk yang diklasifikasikan ke dalam makanan yang dihasilkan dari fermentasi beras dan khamir. Di dalamnya terkandung senyawa monacolin K yang efektif untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Proses produksi Solaray Red Yeast Rice tidak melalui proses radiasi dan bebas citrinin. Hal ini juga yang menyebabkan khasiatnya untuk meningkatkan kadar trombosit darah.

Solaray Red Yeast Rice diproduksi menggunakan peralatan dan fasilitas produksi yang telah tersertifikasi GMP serta melalui pengujian lab khusus di Utah untuk memastikan kemurnian produknya.

Demikianlah informasi mengenai batasan kadar kolesterol normal wanita dan cara menjaganya agar tidak melewati batas normalnya.

Bukan hanya kolesterol saja, melainkan kesehatan seluruh tubuh perlu Anda jaga dan rawat sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan. Oleh karena  itu, lengkapi kebutuhan nutrisi dan vitamin harian tubuh.

Temukan suplemen multivitamin yang aman dan telah terjamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin melalui website Natural Farm.

Yuk, investasikan kesehatan tubuh untuk masa depan!

Referensi:

  • https://ciputrahospital.com/kadar-normal-kolesterol/
  • https://www.alodokter.com/ketahui-kolesterol-normal-wanita-dewasa-dan-cara-untuk-menjaganya
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-batas-kadar-kolesterol-yang-normal-bagi-wanita?srsltid=AfmBOopUJb0fzTglCjfvpSTCj97iG6IbDzhLJ4iwyF3uTvXpuSp3Jgu8
  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/kadar-kolesterol-normal
  • https://www.way.id/article/batas-kolesterol-normal-pria-dan-wanita#:~:text=Kadar%20Kolesterol%20Normal%20Wanita,dianggap%20sebagai%20kondisi%20kolesterol%20tinggi.

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category