Health

Apa Cek Kesehatan Pra Nikah Penting? Ini Alasan dan Biayanya

By Vivi |

Melakukan cek kesehatan pra nikah menjadi langkah cukup krusial sebelum akhirnya Anda secara resmi menikah dengan pasangan. Alasannya yakni agar Anda dan pasangan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan pasangan secara menyeluruh.

Mulai dari mengetahui bagaimana kondisi kesehatan reproduksi pasangan yang bertujuan untuk perencanaan kehamilan hingga kondisi kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui potensi penyakit keturunan.

Namun sayangnya, medical check up pra nikah masih dipandang sebelah mata karena dinilai kurang penting. Belum lagi biaya medical check up pra nikah yang cukup mahal.

Apa Itu Medical Check Up Pra Nikah?

Medical check up (MCU) pra nikah adalah prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh kedua pasangan yang akan menikah. Tujuan dasarnya agar masing-masing pasangan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan satu sama lain.

Dengan melakukan tes kesehatan pra nikah tersebut, Anda akan mengetahui bagaimana riwayat kesehatan pasangan. Apakah pasangan memiliki penyakit menular atau penyakit yang bisa diturunkan kepada anak nantinya.

Pentingnya Melakukan Cek Kesehatan Pra Nikah

Walaupun bukan jadi  tujuan utama, akan tetapi memiliki keturunan setelah menikah menjadi dambaan seluruh pasangan. Hal yang sering luput dari pemikiran adalah saat memiliki anak maka Anda harus mempersiapkan seluruh kebutuhan sang buah hati.

Kebutuhan yang dimaksud bukan hanya pendidikan, makan sehari-hari, pakaian dan tempat tinggal saja. Melainkan Anda perlu mempersiapkan biaya kesehatan kalau-kalau terjadi hal yang tidak diinginkan.

Sebagai calon orang tua, Anda perlu memastikan kondisi kesehatan bunda dan ayah dalam keadaan baik untuk memiliki anak. Jika ternyata ditemukan penyakit yang berpotensi akan diturunkan kepada anak, setidaknya Anda dan pasangan bisa mempersiapkan biaya perawatan dan kesehatan yang dibutuhkan kelak.

Artinya, secara tidak langsung baik ayah maupun bunda dapat bersikap lebih terbuka dan kompak dalam menyikapi penyakit satu sama lain dan potensi  penyakit yang akan diturunkan kepada anak.

Apa Saja yang Dites Saat Cek Kesehatan untuk Nikah?

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada tujuh jenis pemeriksaan kesehatan untuk calon pengantin. Adapun rangkaian cek kesehatan pra nikah antara lain:

  • Pemeriksaan darah, meliputi pemeriksaan trombosit, leukosit, Hb, hematokrit, eritrosit sampai laju endap darah
  • Tes golongan darah dan rhesus, pemeriksaan untuk mengetahui kecocokan rhesus dan efeknya untuk ibu dan calon anak
  • Deteksi hepatitis B, untuk mengetahui apakah pasangan memiliki penyakit hepatitis B
  • Tes TORCH, untuk mengetahui apakah pasangan memiliki penyakit yang menimbulkan penyakit Rubella, Herpes, dan Toxoplasma
  • Pemeriksaan HIV/AIDS, untuk mengetahui apakah pasangan terdeteksi HIV/AIDS
  • Tes gula darah
  • Tes urin

Kapan Waktu yang Tepat untuk Cek Kesehatan Calon Pengantin?

Idealnya, tes kesehatan sebelum nikah dilaksanakan sekitar 3 sampai 6 bulan sebelum pernikahan. Dengan begitu, Anda dan pasangan dapat melakukan upaya preventif dan mengatasi permasalahan gangguan kesehatan tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Biaya Cek Kesehatan Pra Nikah

Setelah mengetahui pentingnya melakukan tes pra nikah dan cek kesehatan pra nikah apa saja. Pertanyaan yang paling penting adalah berapa biaya cek  kesehatan pra nikah?

Pemerintah telah mengatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 109/PMK.05/2014 mengenai rincian biaya medical check up, di antaranya sebagai berikut.

Jenis Paket Cek Kesehatan

Rincian Biaya

Paket MCU Dasar

Rp 757.000

Paket MCU Pegawai

Rp 262.000

Paket MCU 100% Dasar

Rp 349.000

Paket MCU 100% Lengkap

Rp 471.000

Biaya MCU Jantung

Rp 946.000

Biaya MCU Pranikah

Rp 328.000 per orang

Paket MCU Pranikah (Termasuk Cek Sperma Pria)

Rp 414.000

Paket MCU Pranikah  (Termasuk Pemeriksaan Torch untuk Wanita)

Rp 2.019.000

Paket Tenaga Kerja Indonesia

Rp 711.000

Paket MCU Umrah

Mulai dari Rp 277.000

Paket MCU Haji

Mulai dari Rp 1.057.000

Paket MCU Eksekutif Wanita

Rp 1.926.000

Paket MCU Eksekutif Pria

Rp 1.664.000

Cek kesehatan pra nikah dimana? Pasangan calon pengantin bisa melakukan pemeriksaan pra nikah di rumah sakit terdekat. Selain itu, cek kesehatan pra nikah di Puskesmas telah tersedia. Akan tetapi, tes kesehatan nikah yang dilakukan hanya tingkat dasar.

Biaya medical check up di Puskesmas mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu per orang. Sayangnya, layanan BPJS belum menanggung biaya medical check up karena tindakan pemeriksaan tersebut bersifat diagnosis.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Persiapan Kehamilan

Selain melakukan cek kesehatan pra nikah dan mempersiapkan pernikahan, hal lain yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah kesehatan tubuh calon pengantin.

Sebab untuk memiliki anak, baik wanita maupun pria, wajib mempersiapkan kesehatan fertilitas diri sendiri. Untuk pria mempersiapkan kesehatan dan kualitas spermanya, sedangkan bagi  wanita mempersiapkan kesehatan rahimnya.

Berikut ini rekomendasi suplemen multivitamin untuk meningkatkan kesehatan dan kesuburan sistem reproduksi.

1. Nutriwell Folic Acid

Nutriwell Folic Acid merupakan multivitamin yang mengandung asam folat sebanyak 800 mcg. Asam folat dibutuhkan tubuh untuk mempersiapkan dan selama masa kehamilan. Pemenuhan asam folat ini mencegah potensi keguguran dan kelahiran cacat.

2. Nuvita Folic Strip

Suplemen Nuvita Folic Strip mengandung nutrisi asam folat yang dibutuhkan wanita sebanyak 1000 mcg per tabletnya. Selain untuk menyehatkan rahim dan menjaga kondisi kesehatan selama masa kehamilan, khasiat lainnya yakni untuk mencegah dan mengatasi anemia.

3. Nutriwell Vitamin D3 1000 IU

Selain nutrisi asam folat, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin D3 harian di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi Nutriwell Vitamin D3 1000 IU akan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

4. Nuvita Nutri D3 1000 IU

Rekomendasi multivitamin D3 lainnya yakni Nuvita Nutri D3 1000 IU. Khasiat mengonsumi suplemen multivitamin ini antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mempermudah penyerapan kalsium dan fosfor.

5. Natures Plus Folic Acid

Suplemen Natures Plus Folic Acid mengandung asam folat sebesar 400 mcd, vitamin B6 sebanyak 5 mg dan vitamin B12 sebanyak 15 mcg. Dengan kandungan tersebut, bukan hanya asam folat saja yang terpenuhi melainkan vitamin B untuk tubuh juga tercukupi.

6. Wellness Vit D3 1000 IU

Rekomendasi yang terakhir yakni Wellness Vit D3 1000 IU. Khasiat mengonsumsi suplemen ini antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan jantung, paru-paru, otak dan saraf.

Demikianlah informasi mengenai cek kesehatan pra nikah, waktu ideal untuk melakukan pemeriksaan tek kesehatan pra nikah hingga biaya yang dibutuhkan.

Untuk menemukan suplemen multivitamin untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang terjamin aman dan berkhasiat, silakan cari di Natural Farm.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Referensi:

  • https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/medical-check-up-pranikah
  • https://www.halodoc.com/kesehatan/cek-pra-nikah#h-bagaimana
  • https://ayosehat.kemkes.go.id/7-jenis-tes-dalam-cek-pra-nikah-yang-akan-dijalani-calon-pengantin
  • https://www.siloamhospitals.com/mcu/artikel/pentingnya-melakukan-medical-check-up-pranikah 
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-kisaran-biaya-medical-check-up-standar-pemerintah-dan-manfaatnya?srsltid=AfmBOoocm2pU_oDAs5klpH1Q9EjWH54B9Y_DxrnzgZdEfcHMsRpGclRp
  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/lengkap-ini-kisaran-biaya-medical-check-up-mcu-standar-pemerintah?srsltid=AfmBOornzoo9L3wtK34yLM41IIX6CQ3YTqQ0nKg_YhWWHSjtUZkylduZ
  • https://sahabat.pegadaian.co.id/artikel/inspirasi/biaya-medical-check-u

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category