Health

Cocok Jadi Menu Sarapan, Berapa Kalori Telur Ceplok?

By Erwin |

Telur merupakan bahan makanan pokok yang digemari banyak orang sebab praktis, mudah dibuat, rasanya nikmat, dan bisa diolah ke dalam banyak gaya, seperti diceplok. Olahan telur goreng mata sapi ini sayangnya kurang bagus bagi yang sedang berdiet, sebab kalori telur ceplok terbilang tinggi. 

Kalori Telur Ceplok

Hidangan telur ceplok banyak diminati masyarakat kita dan biasanya dihidangkan sebagai menu sarapan bersama nasi goreng, nasi putih dengan siraman kecap manis. Merangkum dari banyak sumber, seporsi telur ceplok berukuran besar memiliki 92 kalori, dengan rincian gizi sebagai berikut : 

  • Lemak 7,04 gram
  • Karbohidrat 0,4 gram
  • Protein 6,27 gram

Besarnya kalori telur yang diceplok ini disebabkan oleh penambahan minyak goreng dalam mengolahnya, sehingga tidak disarankan makan terlalu banyak dan sering untuk menghindari kolesterol serta lemak berlebihan. Maka dari itu, makan sebutir telur ceplok saja sudah cukup untuk penuhi sebagian asupan kalori juga gizi anda.

Manfaat Makan Telur

Bukan tanpa sebab mengapa telur digemari oleh banyak orang, pasalnya sumber protein ini menawarkan beragam manfaat baik seperti : 

  1. Tingkatkan sistem imunitas tubuh.
  2. Bantu perkuat massa otot.
  3. Tingkatkan kolesterol baik.
  4. Mampu turunkan trigliserida darah.
  5. Jaga kesehatan mata
  6. Kaya akan nutrisi dan vitamin
  7. Perbaiki kekuatan otak
  8. Sumbernya antioksidan
  9. Sokong kesehatan jantung dan metabolisme

Tips Menikmati Telur Ceplok Sehat

Anda termasuk penggemar telur ceplok? Berikut tips menikmati telur ceplok yang tetap sehat dan rendah kalori :

  • Gunakan wajan anti lengket

Supaya memasak telurnya bebas minyak goreng, anda wajib menggunakan wajan anti lengket yang tidak butuh penambahan minyak saat menggoreng. Dengan begitu, telur ceplok tetap dapat dinikmati anda setiap harinya tanpa lonjakan kalori berlebih.

  • Beri sedikit air

Di samping penggunaan wajan anti lengket, anda bisa coba metode memasak telur ceplok dengan tambahan sedikit air yang memudahkan proses masak.

  • Kurangi garam

Garam dapat menambah kalori dalam seporsi telur ceplok, di sisi lain terlalu banyak konsumsi garam dapat memberi efek buruk terhadap kesehatan. Maka dari itu kurangi penambahan garam, MSG ke dalam telur ceplok.

  • Pakai kaldu jamur

Jika anda belum bisa meninggalkan penambahan rasa asin ke dalam makanan bisa beralih ke penggunaan kaldu jamur yang rendah kalori dan lebih menyehatkan.

Kesimpulan

Telur ceplok adalah hidangan berjulukan telur mata sapi yang nikmati disantap kapan pun bersama menu masakan lainnya. Akan tetapi, olahan telur yang biasa digoreng ini memiliki kalori tinggi karena penambahan minyak goreng ke dalamnya sehingga kurang bagus jika dikonsumsi setiap hari dan untuk pelaku diet. Itu dia ulasan kalori telur ceplok, semoga anda lebih bijak saat mengkonsumsinya.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category