Health

Jadi Salad Khas Indonesia, Cek Kalori Gado Gado Ini!

By Erwin |

Tidak perlu jauh-jauh mencari olahan salad ala Negara Barat, pasalnya Indonesia yang kaya akan budaya dan kulinernya pun memiliki olahan salad lokal yang bernama Gado-gado. Sayuran campur dengan saus kacang ini cukup bikin ketagihan, namun tahukah anda berapa kalori gado gado? Mari cari tahu jawabannya di sini!

Mengenal Gado-gado

Gado-gado adalah hidangan khas Indonesia, tepatnya berasal dari wilayah Jawa Barat yang mengkombinasikan sayuran rebus, tempe, tahu goreng, kentang, dan kondimen lain yang disiram saus kacang manis di atasnya serta biasa dinikmati bersama kerupuk. Salad lokal ini juga sering dihidangkan bersama nasi atau lontong yang menambah kenikmatan sekaligus kalorinya.

Berapakah Kalori Gado-gado

Meski Gado-gado bisa dikatakan hidangan bak salad, akan tetapi kalorinya terbilang tinggi yakni sekitar 312 kalori tiap porsinya. Tingginya kalori dikarenakan campuran kondimen dalam seporsinya mulai dari kentang, tahu goreng, ditambah bumbu kacang berlemak apalagi jika anda menikmatinya bersama lontong atau nasi.

Dengan kalorinya yang tinggi otomatis konsumsi Gado-gado harus diperhatikan kembali jika anda sedang menjalani diet. 

Rekomendasi Porsi untuk Mengkonsumsi Gado-gado

Beberapa komposisi Gado-gado yang digoreng dapat menyiasatinya dengan penggunaan minyak goreng sehat, atau menghindari komposisi tersebut. Sementara bumbu kacang dalam Gado-gado menyumbang 22,02 gram karbohidrat per 100 gramnya dengan total kalori capai 257 kkal. Selain karbohidrat, saus kacang juga mengandung 16 gram lemak dan 6 gram protein.

Referensi Topping Gado-gado

Sedang diet, tetapi ingin menikmati seporsi Gado-gado? Berikut referensi topping yang bisa anda pilih :

  • Tahu dan tempe

Kedua panganan berbahan dasar kacang kedelai ini merupakan sumber protein nabati. Supaya tidak menaikkan kalori secara berlebih, tahu dan tempe bisa anda olah dengan ‘menggorengnya’ memakai air fryer.

  • Telur rebus

Untuk menambah sumber protein, vitamin, dan kolin bisa didapatkan dari penambahan telur rebus ke dalam seporsi Gado-gado.

  • Sayuran

Khusus sayurannya, coba pilih tauge, kangkung, kol, waluh hijau yang semuanya direbus atau kukus.

  • Kentang rebus

Dapatkan sumber karbohidrat dari potongan kentang yang direbus hingga matang. Jika tidak mau makan karbohidrat berlebih, anda bisa gunakan 1/2 buah kentang.

  • Mentimun

Supaya sensasi makan Gado-gado terasa menyegarkan, mentimun potong juga dapat ditambahkan sebagai teman makan. Tumbuhan berwarna hijau ini baik untuk jantung dan bisa menurunkan kolesterol.

Kesimpulan

Indonesia yang kaya akan pilihan kulinernya memberikan banyak opsi menu makanan yang bisa anda pilih, seperti contohnya Gado-gado. Hidangan sayur campur disiram saus kacang ini menawarkan rasa lezat dengan gizi padat, namun kalori gado gado yang terbilang tinggi tetap harus diperhatikan penikmatnya  terlebih anda yang sedang diet. Semoga dengan artikel ini anda bisa mempertimbangkan porsi makan Gado-gado.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category