Health

Daftar Makanan dengan Protein Tinggi

By Erwin |

Makanan dengan protein tinggi sangat baik untuk orang-orang yang sedang ingin membentuk massa otot, yang sedang diet, serta ibu hamil dan menyusui untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Protein berperan besar dalam proses metabolisme, termasuk juga memperbaiki sel rusak serta memproduksi sel baru. Berikut daftar makanan dengan protein tinggi yang perlu Anda konsumsi secara rutin.

Daging Ayam

Daging ayam sangat mudah didapatkan dan ditemukan di mana saja dan ini adalah kabar baik karena daging ayam adalah salah satu sumber protein tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan jumlah protein yang maksimal, pilih daging ayam bagian dada untuk dimasak dan kemudian dikonsumsi.

Tidak hanya protein, daging ayam juga mengandung nutrisi lainnya seperti kolin, vitamin B dan selenium yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Namun Anda perlu tahu, untuk mendapatkan hasil maksimal, jangan makan daging ayam beserta kulitnya. Kulit ayam adalah sumber kolesterol sehingga akan lebih baik jika Anda memisahkannya dari konsumsi Anda, terutama konsumsi harian.

Telur

Makanan lain yang sangat mudah didapatkan dengan kandungan protein yang tinggi adalah telur. Telur juga memiliki kandungan lemak tak jenuh, mineral juga vitamin. Karena berbagai nutrisi yang dimilikinya, telur dapat membantu menjaga berat badan, membantu proses penyembuhan bahkan juga menjaga kesehatan jantung.

Kacang Kedelai

Makanan dengan protein tinggi selanjutnya adalah kacang kedelai yang merupakan sumber dari protein utuh. Hal ini karena kacang kedelai memiliki kandungan 9 asam amino esensial. Karena kandungan ini, Anda disarankan untuk mengkonsumsi kacang kedelai sebagai camilan Anda seperti edamame.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memanfaatkan produk olahan kacang kedelai untuk mendapatkan kandungan protein yang dimilikinya. Anda bisa mencoba susu kedelai, dan tentu saja tahu tempe yang berbahan baku kacang kedelai. Selain protein, tahu dan tempe juga mengandung isoflavon yang adalah antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Jamur

Jika Anda adalah penggemar jamur, maka kabar baik untuk Anda, jamur adalah salah satu sumber protein yang nikmat dikonsumsi. Tidak hanya itu, jamur juga mengandung serat serta kalori yang rendah juga berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu fosfor, magnesium, zinc, kalium dan selenium. 

Dengan mengkonsumsi jamur secara rutin seperti jamur shitake, Anda akan bisa mendapat berbagai macam manfaat seperti menjaga kesehatan jantung, membantu pertumbuhan sel, serta menjaga daya tahan tubuh.

Itu dia daftar makanan dengan protein tinggi yang sangat mudah ditemui dan didapatkan. Makanan yang mengandung protein akan dipecah oleh tubuh menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan disebut dengan asam amino. Asam amino inilah yang nantinya akan berperan besar untuk kesehatan tubuh.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category