Health

Makanan Penyebab Vertigo yang Wajib Anda Ketahui

By Erwin |

Vertigo adalah kondisi medis yang membuat penderitanya merasa seperti berputar. Walaupun pada umumnya hal ini disebabkan oleh gangguan di dalam telinga, namun nyatanya ada beberapa makanan yang bisa berkontribusi menyebabkan vertigo. Jika Anda adalah penderita vertigo, berikut makanan penyebab vertigo yang wajib Anda hindari.

Mengandung Kafein

Jika Anda memiliki vertigo, makanan dan minuman yang mengandung kafein wajib Anda hindari. Konsumsi kafein berlebihan akan berpotensi besar menimbulkan dehidrasi dan dehidrasi inilah yang nantinya akan membuat vertigo kambuh.

Hal ini karena dehidrasi membuat cairan di dalam tubuh tidak seimbang sehingga vertigo dengan mudah muncul. Kafein juga bisa membuat telinga Anda mendengung sehingga akan memperparah gejala vertigo. Sangat disarankan untuk menghindari makanan dan minuman dengan kafein seperti kopi, minuman energi terkhusus rokok.

Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan? Berbagai jenis gorengan bisa dengan mudah ditemui dan sangat enak dinikmati kapan saja. Namun jika Anda penderita vertigo, akan sangat baik jika Anda mengucapkan selamat tinggal pada gorengan. 

Gorengan adalah makanan yang dapat memicu peradangan, berkontribusi mengganggu pusat keseimbangan yang ada pada telinga, sehingga berperan membuat vertigo kambuh. Tidak hanya itu, gorengan yang dimasak dengan minyak sisa atau jelantah juga berpotensi menyebabkan penyakit lain seperti stroke, jantung, kanker, sampai Alzheimer. 

Gula dan Garam yang Tinggi

Makanan penyebab vertigo selanjutnya adalah makanan apa saja yang mengandung gula yang banyak. Makanan dengan gula yang tinggi akan meningkatkan volume dan tekanan cairan yang ada di telinga dan akan memicu nyeri kepala serta membuat vertigo kambuh. Asupan gula yang disarankan untuk penderita vertigo adalah sekitar 50 gram per hari.

Selain gula, garam yang tinggi juga perlu dihindari. Garam mengandung sodium, dan sodium akan membuat cairan menumpuk di dalam tubuh Anda. Cairan yang menumpuk ini nantinya akan berkontribusi menyebabkan vertigo kambuh karena cairan di dalam tubuh yang tidak seimbang.

Makanan dengan Tiramin

Tiramin sendiri sebenarnya adalah jenis asam amino yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi dengan kadar yang berlebihan, justru akan memicu naiknya tekanan darah, migrain dan vertigo. Beberapa makanan dan minuman yang mengandung tiramin adalah hati ayam, daging asap, serta anggur merah.

Alkohol

Selanjutnya, minuman dan makanan penyebab vertigo yang harus Anda hindari adalah alkohol. Konsumsi makanan dan minuman beralkohol secara berlebihan akan memicu berbagai jenis penyakit, terutama yang sudah dimiliki oleh tubuh seperti vertigo. Hal ini karena konsumsi alkohol akan berpotensi membuat tubuh kekurangan cairan yang diperlukan, sehingga kemudian akan memicu sakit kepala dan vertigo pun akan kambuh dengan sendirinya.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category