Health

Dapatkan Banyak Manfaat Minum Air Hangat Teratur

By Erwin |

Manfaat air hangat bagi kesehatan ada banyak. Ini bisa bantu dalam melancarkan pencernaan, melegakan hidung yang tersumbat, serta buat suasana hati menjadi membaik. 

Walaupun banyak hal positif yang dapat dirasakan, air hangat pun mudah didapatkan dan tentu saja murah. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat minum air hangat, Anda bisa simak pembahasan di bawah ini!

Manfaat Air Hangat Bagi Kesehatan

  • Membantu dalam Penurunan Berat Badan

Walaupun tak langsung, minum air hangat dapat tingkatkan rasa kenyang. Ini bantu Anda untuk makanan lebih sedikit, jika Anda sedang diet untuk turunkan berat badan.

Selain itu, tubuh perlu memakai energi ekstra untuk dinginkan cairan lebih panas dibandingkan suhu tubuh. Ini akan bantu dalam membakar sejumlah kalori ekstra. 

  • Baik Bagi Pencernaan

Manfaat minum air hangat adalah baik untuk pencernaan. Minum air hangat bisa tingkatkan motilitas esofagus yang bisa bantu sejumlah masalah pencernaan, seperti rasa makanan yang tersangkut pada tenggorokan. Tak hanya itu, air hangat pun bisa bantu melancarkan pencernaan. 

  • Tingkatkan Sirkulasi

Minum air hangat bisa tingkatkan sirkulasi darah. Hal itu karena, dehidrasi merupakan salah penyebab volume darah dan tekanan darah rendah, serta minum air putih hangat pun akan memperbaikinya. Tekanan darah lebih sehat artinya risiko penyakit kardiovaskular pun menurun.

  • Meredakan Hidung Tersumbat

Jika Anda sedang alami hidung tersumbat, coba untuk minum air hangat. Uap air hangat mempunyai manfaat untuk bantu melegakan dan melonggarkan hidung tersumbat. Untuk dapatkan efek maksimal, coba hirup uap air hangat sebelum diminum. 

  • Meningkatkan Suasana Hati

Manfaat lainnya kebiasaan minum air hangat. Minum minuman hangat membantu untuk lebih rileks serta kurangi stres dengan alami. 

  • Menghilangkan Rasa Nyeri

Rasa hangat yang diberikan air hangat dipercaya bisa bantu otot-otot lebih merasa rileks. Oleh sebab itu, air hangat dinilai dapat meredakan rasa nyeri karena kram perut. Tentu ini menguntungkan untuk Anda yang kerap nyeri perut. 

Selain itu, untuk ibu hamil yang mendekati persalinan, minum air hangat bermanfaat untuk meredakan nyeri dan tegang pada tubuh.

  • Tingkatkan Fungsi Sistem Saraf Pusat

Jika cairan masuk ke tubuh kurang, maka akan timbulkan dampak negatif, salah satunya di sistem saraf. Ini nantinya akan ganggu suasana hati serta fungsi otak. 

Mengonsumsi air hangat secara cukup bisa tingkatkan aktivitas sistem saraf pusat.

  • Atasi Sembelit

Salah satu manfaat dari minum air hangat bagi kesehatan yakni bisa meringankan sembelit. Ini karena sembelit bisa terjadi diakibatkan air di dalam tubuh kurang sehingga tak ada pergerakan usus. 

Minum air hangat bisa bantu tingkatkan suhu serta rangsang pergerakan peristaltik usus. 

Demikian pembahasan tentang manfaat minum air hangat. Walaupun bermanfaat, bukan berarti hanya minum air hangat dapat menjamin kesehatan Anda. Jika Anda tetap perlu untuk konsumsi makanan-makanan bergizi serta terapkan gaya hidup yang sehat lainnya. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category