Health

Praktis dan Ampuh, Beberapa Obat Sakit Tenggorokan Alami

By Erwin |

Umumnya sakit tenggorokan akan menimbulkan gejala seperti nyeri saat menelan, suara serak, serta tenggorokan terasa kering dan gatal. Selain itu, bisa juga disertai batuk, flu, dan demam. Mengonsumsi obat sakit untuk tenggorokan alami dan ampuh dipercaya bisa redakan gejala-gejala tersebut.

Berbagai Macam Obat untuk Sakit Tenggorokan

Biasanya, sakit tenggorokan baik kiri atau kanan disebabkan virus akan mereda sendiri dalam 5-7 hari. Namun, untuk meringankan gejala-gejalanya dan mempercepat dalam pemulihan, Anda bisa mengonsumsi obat ataupun melakukan perawatan sederhana mandiri. 

Ada sejumlah obat alami untuk sakit tenggorokan ampuh dan praktis dicoba di rumah, seperti:

  • Minum Minuman Hangat

Minuman hangat seperti wedang berempah dapat membantu dalam membersihkan lendir menempel pada tenggorokan. Selain itu, suhu hangat pun dapat cegah infeksi sinus dan juga kurangi batuk dengan menenangkan belakang tenggorokan. 

  • Larutan Garam

Larutan garam ataupun campuran air hangat diberi garam secukupnya dapat digunakan berkumur. 

Kumur menggunakan larutan garam sekali dalam satu jam dapat mengatasi sakit tenggorokan, memecah lendir menggumpal pada tenggorokan, serta basmi bakteri di dalam tenggorokan. 

  • Teh Chamomile

Seduhan teh chamomile dapat menjadi minuman herbal untuk meredakan sakit tenggorokan.

Teh dari bunga chamomile ini dapat membantu dalam meredakan gejala pilek serta membantu dalam mengatasi sakit tenggorokan karena mempunyai formula antioksidan dan anti-peradangan. 

  • Madu

Madu dicampurkan segelas air hangat pun dapat menjadi obat untuk sakit tenggorokan dan batuk yang alami. Namun Anda perlu ingat, obat ini tak boleh diberikan pada bayi di bawah usia 1 tahun, karena dapat tingkatkan risiko botulisme. Selain itu, madu relatif lebih aman untuk dikonsumsi seseorang di usia 1 tahun ke atas. 

  • Teh Peppermint 

Seperti teh chamomile, teh ini pun mempunyai formula antivirus, anti-bakteri, serta anti-peradangan. Tak hanya itu, peppermint memiliki kandungan senyawa mentol dan dapat bantu mengencerkan lendir serta mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. 

  • Bawang Putih 

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membasmi bakteri serta infeksi. Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih untuk menjadi obat sakit tenggorokan alami dengan menggunakannya sebagai bumbu dalam masakan atau jika suka bisa mengunyahnya langsung. 

  • Istirahat

Banyak orang yang remeh terhadap istirahat. Padahal, istirahat yang cukup merupakan obat alami untuk bantu pemulihan segala macam penyakit, termasuk ketika tenggorokan sakit. Untuk orang yang sakit tenggorokan, ketika istirahat usahakan memakai bantalan tinggi, atau bisa istirahat sambil bersandar pada kursi untuk kurangi rasa sakit dan tak nyaman pada tenggorokan. 

Penyebab dari tenggorokan sakit dapat berasal dari virus, bakteri, atau alergi. Cara paling baik mengetahui penyebab sakit tenggorok yaitu dengan periksa ke dokter. 

Biasanya, sakit tenggorokan yang ringan dapat sembuh setelah mencoba sejumlah obat untuk sakit tenggorokan alami seperti dijelaskan di atas. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category