Health

Kenali Daftar Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung Berikut

By Erwin |

Permasalahan asam lambung, umumnya sering kali menjadikan para penderitanya merasakan kondisi bagian perut tidak nyaman dan sulit untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Agar supaya tidak memberikan risiko lebih parah, maka penting untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. 

Apabila Anda penasaran mengenai daftar makanan yang tidak diperbolehkan bagi para penderita asam lambung, maka perlu menyimak detail ulasannya di artikel berikut ini.  

Apa saja daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung?

Sebagai informasi, penyakit asam lambung atau sering dikenal dengan GERD umumnya merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke bagian esofagus / kerongkongan. Kondisi ini, biasanya disebabkan oleh kebiasaan seseorang yang sering kali terlambat makan dan tidak mengontrol asupan makanan sehari – hari. 

Oleh karena itulah, penting bagi penderita asam lambung untuk menghindari sejumlah makanan berikut agar kondisinya tidak semakin parah. 

1. Coklat 

Pada dasarnya, coklat merupakan salah satu makanan yang memiliki manfaat kesehatan penting bagi tubuh. Akan tetapi, siapa yang menyangka jika coklat juga ternyata memiliki dampak tersendiri dalam menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Dimana dalam hal ini, coklat dapat menyebabkan otot di katup kerongkongan menjadi lemas, sehingga bisa memicu makanan dan isi lambung kembali naik. Bahkan, coklat juga bisa berpotensi dalam meningkatkan produksi asam lambung. 

2. Makanan pedas

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi, bahwa makanan pedas menjadi salah satu pantangan bagi para penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan, rasa pedas dari zat capsaicin di dalam cabai umumnya dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada lambung. Selain memberikan sensasi rasa pedas, zat capsaicin tersebut juga dapat memperlambat kerja sistem pencernaan tubuh. Apabila sudah terlalu menumpuk di perut, maka akan menyebabkan risiko naiknya asam lambung. 

3. Tomat & kubis 

Anda perlu tahu, bahwa sayuran tomat dan kubis juga menjadi daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Dikarenakan, tomat memiliki kandungan asam tinggi sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan, akan menimbulkan kenaikan asam lambung. Sama halnya dengan kobis yang juga mengandung fruktosa tinggi gula, yang mana hal ini juga dapat memicu terjadinya lambung menghasilkan lebih banyak gas serta memicu kambuhnya gejala penyakit maag.

4. Buah citrus

Terakhir, ada buah citrus yang juga tidak boleh dikonsumsi bagi para penderita asam lambung. Ya, buah citrus yang memiliki kandungan vitamin C ini diketahui dapat memicu terjadinya peningkatan asam lambung bagi penderitanya. Selain itu, buah ini juga bisa memicu terjadinya sensasi terbakar di bagian perut ketika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Bahkan ada dugaan yang mengatakan, bahwa buah citrus dapat melemahkan otot esofagus sehingga menjadikan asam lambung naik. 

Jadi, itulah tadi informasi penting untuk Anda pahami mengenai beberapa makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung, agar tidak memperparah kondisi kesehatannya. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category