Health

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

By Khansa |

Bagi pasangan suami istri, memiliki anak adalah anugerah yang tak ternilai harganya. Untuk itu, berbagai upaya dilakukan termasuk mengonsumsi madu untuk promil atau program hamil. Jika Anda memiliki uang cukup untuk berkonsultasi dan mengikuti treatment dari dokter, maka tak ada masalah untuk mengikuti program kehamilan dari dokter. Namun bila ternyata memiliki keterbatasan dana, maka disarankan untuk mengikuti cara-cara tradisional untuk merencanakan kehamilan.

Ada sejumlah cara tradisional atau herbal yang bisa dilakukan sebagai promil. Salah satunya mengonsumsi madu yang bagus untuk promil. Ternyata madu memiliki khasiat untuk mendukung program kehamilan. Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Kandungan Gizi Madu yang Mendukung Kesuburan

Manfaat madu untuk promil membantu menyehatkan dan menyuburkan kondisi kandungan. Namun ternyata, manfaat madu penyubur kandungan untuk promil bagi pria dan wanita berbeda.

Untuk wanita, kandungan asam amino di dalam madu dapat menyuburkan kandungan, meningkatkan fungsi ovarium, sampai meningkatkan sistem reproduksi. Akan tetapi, sejumlah penelitian menyebutkan bila mengonsumsi madu terlalu banyak justru berdampak negatif untuk kesuburannya.

Oleh karena itu, Anda masih perlu mencari tahu berapa kadar yang sesuai yang baik untuk dikonsumsi. Sementara bagi pria, bee pollen pada madu membantu tingkatkan jumlah sperma yang diproduksi sehingga kesuburan pria semakin meningkat.

Di samping itu, kandungan vitamin B pada madu berpotensi meningkatkan produksi hormon testosteron. Kemudian kandungan oksida nitrat dapat meningkatkan ereksi sehingga meminimalisir terjadinya disfungsi ereksi alias impoten. Mengutip dari HelloSehat, 100 gram madu cukup efektif untuk meningkatkan kadar oksida nitrat di dalam darah sebesar 50%. Adapun kandungan nutrisi pada madu sebanyak 100 gram madu, antara lain:

  • Air : 20 gram
  • Fosfor : 16 mg
  • Kalori : 294 kal
  • Kalsium : 5 mg
  • Kalium : 26,9 mg
  • Karbohidrat : 79,5 gram
  • Natrium : 6 mg
  • Protein : 0,3 gram
  • Serat : 0,2 gram
  • Zat besi : 0,9 mg

Manfaat Madu untuk Program Hamil

Sejak dulu, madu sudah dijadikan obat tradisional masyarakat Mesir untuk meningkatkan peluang kehamilan pada wanita. Namun, para pria juga turut mengonsumsi madu untuk meningkatkan vitalitas. Meski yang sangat terlihat dampak madu bagi wanita, akan tetapi untuk program kehamilan madu sama-sama berdampak positif dan dibutuhkan pria maupun wanita.

Secara spesifik, manfaat mengonsumsi madu selama masa promil antara lain:

  • Gairah seksualitas meningkat karena terjadi peningkatan produksi hormon testosteron
  • Kualitas sperma meningkat, hal ini terjadi karena mineral di dalam madu efektif untuk meningkatkan kualitas sperma
  • Kualitas sel telur meningkat, disebabkan adanya kandungan zat besi dan mineral yang mampu memelihara kesehatan sel telur

Baca juga: Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Kram Perut saat Hamil

Cara Mengonsumsi Madu untuk Promil

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada madu yang baik untuk menyukseskan program kehamilan serta manfaat madu untuk promil. Kini Anda sudah sangat yakin dan mantap untuk berikhtiar hamil dengan cara mengonsumsi madu.

Hanya saja, tak semua madu dapat membantu program kehamilan Anda. Belum lagi ada sejumlah cara yang tepat agar promil kali ini berjalan lancar dengan mengonsumsi madu. Berikut ini langkah-langkahnya.

Pilih Jenis Madu yang Tepat

Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis madu memberikan manfaat untuk membatu program kehamilan. Dianjurkan untuk mengonsumsi madu murni. Selain madu murni, ada sejumlah madu lainnya yang juga bermanfaat untuk program kehamilan Anda, antara lain:

  • Madu manuka, membantu atasi masalah gangguan kesehatan yang menjadi penyebab terhambatnya proses kehamilan
  • Madu bidara, meningkatkan kesuburan dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk proses kehamilan
  • Madu herbal, meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan reproduksi suami dan istri
  • Madu ratu lebah, meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma suami serta menjaga kesehatan reproduksi istri
  • Madu propolis, menjaga kesehatan reproduksi suami dan istri
  • Madu kurma, meningkatkan stamina dan energi suami istri untuk menjalankan promil

Waktu Ideal Konsumsi Madu

Waktu ideal mengonsumsi madu yakni di pagi dan malam hari. Disarankan mengonsumsi satu sendok madu setiap kali dikonsumsi.

Campurkan Madu dengan Kayu Manis

Cara mengonsumsi madu yang terakhir dan cukup dianjurkan yakni mencampur madu dengan kayu manis. Hal ini dianjurkan karena kombinasi kayu manis dan madu efektif melancarkan aliran darah ke organ yang dibutuhkan saat proses reproduksi berlangsung. Secara spesifik, kayu manis juga berkhasiat untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar.

Rekomendasi Madu yang Aman untuk Promil

Madu Manuka merupakan madu asal Selandia Baru dan Australia yang diklaim aman dan efektif untuk membantu kelancaran program kehamilan. Di dalam Madu Manuka terdapat kandungan senyawa bioaktif seperti metilglioksal (MGO) dalam kadar cukup tinggi.Kandungan senyawa tersebut bersifat antimikroba dan antiinflamasi. Karenanya cukup aman dan efektif dikonsumsi selama program kehamilan. Berikut ini rekomendasinya.

1. Manuka Health MGO 950+ - 250 Gram

Manuka Health MGO 950+ Limited Reserve  merupakan madu langka yang dihasilkan dari sari bunga manuka. Tingkat MGO yang tinggi membuktikan semakin tinggi efektivitasnya sebagai antibakterial. Selain itu terdapat mikronutrien yang memperbaiki fungsi hormon serta memelihara kesehatan organ di dalam tubuh.

2. Manuka Farm MGS 5+ - 1000 Gram

Manuka Farm MGS 5+ memiliki kandungan 100% madu manuka asli dari New Zealand. Kandungan MGO-nya sekitar 100 mg/kg yang efektif sebagai senyawa antibakteri. Dengan mengonsumsi ini dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh, menambah energi hingga mengurangi inflamasi.

3. Manuka Farm MGS 5+ - 250 Gram

Manuka Farm MGS 5+ mengandung kandungan anti bakteri dalam kadar tinggi. Khasiat mengonsumsi madu ini bagi kehamilan di antaranya meningkatkan sistem imunitas tubuh, meminimalisir inflamasi hingga mengatasi masalah pencernaan.

4. Manuka Health MGO 30+ - 250 Gram

manuka health mgo 30 250gr

Rekomendasi yang terakhir yakni Manuka Health MGO 30+. Madu ini termasuk madu monofloral yang memiliki kandungan gizi tinggi. Dihasilkan dari sari bunga manuka asli yang tumbuh di Selandia Baru. Kandungan MGO-nya sebesar 30+ atau setara dengan 2,7+ UMF. Itu artinya kandungan metilglioksal dalam kadar tinggi sehingga efektif berperan sebagai antibiotik alami.

Demikianlah informasi mengenai kandungan nutrisi baik pada madu untuk promil, manfaat hingga cara mengonsumsinya dengan benar dan tepat agar hasilnya efektif.

Untuk menemukan produk kesehatan, suplemen dan multivitamin lainnya, silakan kunjungi website Natural Farm.

Semoga informasinya bermanfaat!

 

Reference:

https://www.haibunda.com/kehamilan/20231025032552-49-319344/7-rekomendasi-madu-untuk-promil-atau-program-hamil-bagus-dikonsumsi-suami-istri

https://bocahindonesia.com/madu-untuk-promil/

https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-madu-penyubur-kandungan-bisa-untuk-promil?srsltid=AfmBOopXoDLv9zcqjIgyKE5E1f3xW83_eJV39Y2rVQuVAEvr5tNOXtOc

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/madu-penyubur-kehamilan/

https://review.bukalapak.com/mom/rekomendasi-merek-madu-yang-cocok-untuk-program-hamil-114172

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category