Mom & Kids

Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil dan Cara Konsumsinya

By Vivi |

Buah markisa untuk ibu hamil memiliki banyak khasiat dan kandungan nutrisi baik yang dapat menjaga kesehatan ibu dan janin. Beberapa vitamin yang terkandung mulai dari vitamin A, B sampai fosfor dan zat besi.

Selama masa kehamilan, Anda harus memperhatikan kesehatan dan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan janin. Tujuannya agar janin berkembang dengan sehat sampai hari kelahiran tiba.

Salah satu buah yang mengandung nutrisi baik untuk ibu hamil yaitu buah markisa. Seberapa besar manfaat buah markisa untuk ibu hamil? Bagaimana cara mengonsumsinya yang aman untuk ibu hamil? Mari simak ulasan selengkapnya berikut  ini.

Baca Juga: Mengenal Fase Tumbuh Kembang Bayi 0-12 Bulan

Kandungan Nutrisi Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Buah markisa berasal dari Argentina, Brazil dan Paraguay memiliki penyebutan ilmiah Passiflora edulis atau passion fruit. Dalam satu buah markisa memiliki berbagai kandungan nutrisi baik.

Vitamin esensial yang terkandung di dalam markisa di antaranya vitamin A, vitamin B2, B3, B6 dan vitamin C. Kemudian kandungan serat dan mineralnya cukup lengkap dan tinggi. Kandungan serat dan mineralnya terdiri dari fosfor, kalium, magnesium, zat besi dan tembaga.

Hellosehat mengutip informasi dari website FoodData Central U.S. Department of Agriculture. Dalam satu buah markisa berbobot 18 gram, terdapat kandungan nutrisi di antaranya:

  • Vitamin A : 11,5 mcg
  • Vitamin C : 5,4 mg
  • Vitamin K : 0,126 mcg
  • Fosfor : 12,2 mg
  • Kalium : 62,6 mg
  • Kalsium : 2,16 mg
  • Zat Besi : 0,288 mg
  • Magnesium : 5,22 mg
  • Serat : 1,87 g
  • Lemak : 0,126 g
  • Protein : 0,396 g
  • Karbohidrat : 4,21 g
  • Energi : 277 kalori

Manfaat Markisa untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam buah markisa, berikut ini khasiat buah markisa untuk ibu hamil, di antaranya:

  • Mendukung tumbuh dan kembang janin di dalam rahim semakin sehat
  • Meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga ibu hamil dapat terproteksi dari radikal bebas
  • Menurunkan gangguan tidur atau insomnia pada ibu hamil, sebab markisa mengandung alkaloid, kandungan sejenis obat tidur karena memberikan efek sedatif
  • Menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan seratnya cukup tinggi
  • Mengontrol tekanan darah karena terdapat kandungan potasium, salah satu kandungan mineral penting untuk menyehatkan sistem pencernaan
  • Menjaga kesehatan tulang untuk mencegah terjadinya nyeri sendiri dan osteoporosis
  • Mengontrol kadar gula sehingga ibu hamil terbebas dari risiko diabetes

Cara Konsumsi Markisa yang Aman bagi Ibu Hamil

Bagaimana cara mengonsumsi buah ini dengan benar agar tidak menimbulkan efek samping markisa untuk ibu hamil? Sama halnya dengan makanan sehat lainnya di mana ibu hamil bisa mengonsumsinya asalkan dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan.

Seperti yang tertulis dalam blog resmi Prenagen, kadar ideal ibu hamil mengonsumsi buah markisa sekitar 200 sampai 300 gram per hari. Ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi buah markisa, di antaranya:

  • Hindari mengonsumsi buah markisa yang belum matang sempurna atau mentah
  • Hindari memakan kulit buah berwarna putih
  • Hindari menggigit biji markisa sebab rasanya yang pahit

Cara membedakan buah markisa matang atau mentah dengan melihat kulitnya. Markisa yang matang memiliki kulit agak keriput, Anda akan merasa lembut saat memegangnya dan keluar aroma manis.

Apabila Anda mengonsumsi markisa yang masih mentah, maka efek samping markisa untuk ibu hamil yakni meningkatkan rasa pusing, mual dan muntah.

Ibu hamil bisa mengonsumsi buah markisa secara langsung atau mencampurkannya ke berbagai makanan dan minuman. Bulir markisa bisa dicampur dengan yoghurt ataupun dengan jus buah lain seperti jus mangga dan jus jeruk.

Rekomendasi Suplemen Multivitamin untuk Cukupi Nutrisi Ibu Hamil

Pemenuhan gizi dan nutrisi ibu hamil harus diperhatikan dengan cermat sebab bukan hanya ibu saja yang membutuhkan khasiatnya, melainkan janin calon bayi membutuhkan gizi dan nutrisi untuk tumbuh kembangnya di dalam rahim.

Selain mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah, Anda bisa mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil melalui suplemen multivitamin yang aman untuk ibu hamil.

1. Nutriwell Folic Acid

Nutriwell Folic Acid mengandung vitamin B9 atau asam folat sebesar 800 mcg. Untuk diketahui, asam folat berkhasiat untuk menjaga kesehatan janin agar tumbuh kembangnya di dalam rahim sehat dan terbebas dari risiko keguguran atau kelahiran cacat.

2. Nutriwell Pregnancy Formula

Nutriwell Pregnancy Formula adalah suplemen khusus ibu hamil agar kebutuhan nutrisi dan vitamin hariannya tercukupi. Kandungan nutrisi di dalamnya merupakan kombinasi antara vitamin dan mineral sehingga seluruh kebutuhan nutrisinya terlengkapi.

Terdapat 20 vitamin dan mineral serta kandungan asam folat sebanyak 800 mcg. Dengan mengonsumsi suplemen ini, Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian ibu hamil.

3. Nuvita Vitamin D3 400 IU

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, ibu hamil bisa mendapatkannya secara alami melalui paparan sinar matahari langsung. Kemudian mencukupi kadar kebutuhan hariannya melalui suplemen Nuvita Vitamin D3 400 IU.

Khasiatnya yakni untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan saluran pernapasan, tulang dan gigi hingga sebagai antioksidan untuk melawan paparan radikal bebas.

4. Nutriwell Bone Formula

Rekomendasi suplemen terakhir untuk ibu hamil yakni Nutriwell Bone Formula. Suplemen multivitamin untuk ibu hamil ini melalui proses produksi khusus dengan komposisi coral calcium agar kemampuan daya serap nutrisi di dalam tubuh lebih besar.

Terdapat vitamin D3 untuk mengoptimalkan proses penyerapan kalsium. Manfaat lainnya yakni menjaga kesehatan metabolisme tubuh saat terjadi  kontraksi otot, menjaga kesehatan jantung, tulang, gigi dan gusi.

Demikianlah informasi mengenai nutrisi dan khasiat buah markisa untuk ibu hamil. Ada banyak cara untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, misalnya saja seperti mengonsumsi buah segar dan suplemen multivitamin yang aman untuk ibu hamil.

Temukan suplemen multivitamin yang aman untuk ibu hamil, ibu menyusui, bayi hingga orang dewasa di website Natural Farm.

Yuk, proteksi kesehatan diri dan keluarga sekarang juga!

Referensi:

  • https://www.prenagen.com/id/manfaat-buah-markisa#:~:text=Markisa%20juga%20mengandung%20kalium%2C%20magnesium,300%20gram%20dalam%20satu%20hari.
  • https://www.halodoc.com/artikel/7-manfaat-buah-markisa-bagi-kesehatan-ibu-hamil?srsltid=AfmBOoo6RlwipynFkX21qCsXToGY0pCQf-aAIlqkwMhBo5fKDLyOZD2H
  • https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/markisa-untuk-ibu-hamil/
  • https://www.popmama.com/pregnancy/third-trimester/annas/manfaat-buah-markisa-untuk-ibu-hami

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category