Mom & Kids

Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 yang Bagus dan Aman!

By Vivi |

Vitamin ibu hamil trimester 1 yang paling umum adalah vitamin B9 atau asam folat. Namun ternyata, bukan hanya asam folat saja nutrisi dan vitamin untuk ibu hamil trimester 1.

Kebutuhan vitamin ibu hamil trimester 1 menjadi hal yang krusial karena menyangkut tumbuh kembang janin. Di usia kehamilan 1 minggu  sampai 12 minggu merupakan masa-masa terbentuknya organ-organ pada janin, sehingga ibu perlu mencukupi kebutuhan nutrisi agar pertumbuhannya sehat.

Akan tetapi, kebanyakan ibu hamil pada trimester pertama rentan mengalami mual dan muntah terhadap makanan tertentu sehingga sulit untuk mencukupi kebutuhan vitamin hariannya. Apa saja vitamin yang bagus untuk ibu hamil trimester 1? Mari simak uraian selengkapnya.

Kondisi Ibu Hamil yang Memerlukan Vitamin

Tentu saja harapan setiap ibu hamil dan keluarga adalah mengharapkan kondisii kehamilan sehat dan lancar sampai hari kelahiran. Hanya saja, kondisi kehamilan setiap ibu berbeda-beda.

Lantas, kapan waktu yang tepat mengonsumsi suplemen nutrisi vitamin trimester pertama dan seterusnya untuk ibu hamil? Berikut ini tanda-tandanya menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

1. Ibu Hamil Mengalami Anemia

Gejala pertama yakni saat ibu hamil (bumil) mengalami anemia. Misalnya saja seperti lemas, pusing, kulit pucat hingga jantung berdebar. Kondisi terjadi karena tubuh bumil kekurangan zat besi yang meningkat sebesar 800 mg per hari.

2. Ibu Hamil Mengalami Kekurangan Nutrisi

Tanda-tanda ibu hamil kekurangan nutrisi yakni berat badannya tidak bertambah selama masa kehamilan, bumil sering merasa sakit-sakitan, lebih cepat lemah dan gampang pusing.

3. Ibu Hamil Mengalami Muntah Tak Biasa

Beberapa ibu hamil mungkin saja mengalami muntah-muntah. Namun bila Anda mengalami muntah yang tidak biasa, maka perlu ekstra untuk memperhatikan kecukupan nutrisi hariannya.

Ibu hamil yang mengalami muntah hebat, diikuti dengan badan terasa lemas dan sulit bergerak. Kemudian ibu hamil sulit makan dan tidak berselera makan, kondisi  tersebut disebut hyperemesis gravidarum. Maka itu artinya kebutuhan gizi dan nutrisi Anda kurang.

4. Ibu sedang Hamil Bayi Kembar

Ketika Anda dan pasangan melakukan USG Transabdominal, kemudian hasilnya ibu sedang hamil bayi kembar, sebaiknya segera rencanakan pertambahan nutrisi dua kali lipat dari ibu hamil pada umumnya. Sebab hamil bayi kembar berarti kebutuhan gizi dan nutrisinya lebih besar dua kali lipat.

Adapun kebutuhan suplemen untuk ibu hamil trimester 1 hingga terakhir menurut Kemenkes dan beberapa website kesehatan antara lain:

  • Tablet penambah dara
  • Suplemen yang mengandung kalsium
  • Suplemen yang mengandung asam folat
  • Suplemen yang mengandung vitamin A, B6, B9, B12, vitamin C, D
  • Suplemen yang mengandung protein
  • Suplemen yang mengandung zat besi

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin untuk Ibu Hamil dan Pertumbuhan Janin

Rekomendasi Vitamin Terbaik untuk Ibu Hamil Trimester 1

Sementara itu, berikut ini daftar merk vitamin ibu hamil trimester 1 yang aman dikonsumsi antara lain sebagai berikut.

1. Nutriwell Pregnancy Formula

Nutriwell Pregnancy Formula merupakan suplemen ibu hamil trimester 1 yang aman juga dikonsumsi sampai menjelang kelahiran berdasarkan resep dan arahan dokter.

Sebab, suplemen ini mengandung formula khusus kombinasi antara vitamin, asam folat dan mineral untuk mencukupi kebutuhan ibu hamil. Kandungan asam folatnya sebesar 800 mcg serta 20 kombinasi vitamin dan mineral.

2. Nuvita Folic Strip

Nuvita Folic Strip merupakan suplemen dalam bentuk tablet yang dikonsumsi satu tablet satu hari. Kandungan asam folatnya sebesar 1000 mcg per tablet.

Asam folat adalah vitamin penting yang dibutuhkan ibu hamil agar nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin tercukupi. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari risiko keguguran dan kelahiran cacat. Asam folat juga mendukung pembentukan sel darah merah.

Khasiat lainnya yakni membantu memelihara perkembangan dan pertumbuhan janin, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta meningkatkan kesehatan fertilitas ibu hamil.

3. Nutriwell Vitamin D3 1000 IU

Rekomendasi vitamin bumil TM 1 sampai 4 yakni Nutriwell Vitamin D3 1000 IU. Suplemen yang mengandung vitamin D ini membantu proses penyerapan kalsium yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sekalipun Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin D melalui paparan sinar matahari. Akan tetapi kadar kebutuhan harian vitamin D tersebut berpotensi belum cukup sehingga Anda perlu menambahnya melalui suplemen vitamin D.

4. Nuvita Nutri D3 1000 IU

Rekomendasi vitamin D lainnya yang aman dikonsumsi ibu hamil yakni Nuvita Nutri D3 1000 IU. Suplemen multivitamin berbentuk kaplet selaput ini mudah ditelan sehingga tidak menyulitkan ibu hamil untuk mengonsumsinya.

Khasiat mengonsumsi suplemen multivitamin dari Nuvita Nutri ini antara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menekan risiko serta terapi infeksi saluran pernapasan, meningkatkan daya tahan otot, menjaga kesehatan tulang dan gigi hingga sebagai antioksidan.

5. Nuvita Nutri Calcium

Selama masa kehamilan, Anda membutuhkan nutrisi kalsium dalam jumlah besar. Sebab bukan hanya kesehatan tulang dan gigi ibu saja, melainkan pertumbuhan tulang dan gigi  janin juga membutuhkan nutrisi kalsium dalam jumlah yang sesuai.

Untuk memenuhinya, Anda bisa mengonsumsi Nuvita Nutri Calcium. Kandungan kalsiumnya cukup tinggi yakni 1200 mg per 3 kaplet. Aturan konsumsinya yakni mengonsumsi 3 kaplet selaput per hari.

Khasiatnya selain memenuhi kebutuhan kalsium, suplemen ini juga membantu memelihara kepadatan tulang ibu hamil dan menyusui. Mencegah sekaligus mengatasi osteoporosis hingga menjaga kesehatan sistem pencernaan dan fungsi syaraf.

Demikianlah informasi tentang kebutuhan vitamin ibu hamil trimester 1 dan rekomendasi suplemen multivitamin yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebaiknya lakukan konsultasi lanjutan dan minta resep dokter kandungan untuk mengetahui kebutuhan kadar nutrisi dan vitamin yang Anda butuhkan. Termasuk bila ditemukan gejala berbeda setelah mengonsumsi suplemen multivitamin, segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Temukan suplemen multivitamin yang aman dikonsumsi ibu hamil, ibu menyusui, anak dan seluruh anggota keluarga lainnya di Natural Farm.

Yuk, jaga kehamilan dengan mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Referensi:

  • https://primayahospital.com/kebidanan-dan-kandungan/vitamin-ibu-hamil/
  • https://ayosehat.kemkes.go.id/rekomendasi-suplemen-semasa-kehamilan-pk
  • https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-rekomendasi-vitamin-ibu-hamil-yang-bagus?srsltid=AfmBOooI751eMzUFQxi7RgEu9Qys8p7G4oek4chanerKySfhRxNjW8Xw
  • https://www.prenagen.com/id/vitamin-vitamin-yang-dibutuhkan-selama-kehamilan
  • https://www.alodokter.com/6-vitamin-ibu-hamil-trimester-1-yang-dianjurkan

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category