Health

Mengenal Makanan yang Mengandung Vitamin D apa saja  

By Natural Farm |

Vitamin D dikenal sebagai salah satu nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tulang, bahkan memberikan kekuatan pada tulang. Sehingga vitamin D harus bisa tercukupi  dalam tubuh untuk bisa mencegah osteoporosis dan penyakit tulang lainnya. Lantas, makanan yang mengandung vitamin d apa saja?

Perlu diketahui, saat tubuh menerima  vitamin D, maka tubuh bisa langsung menyerap kalsium, dan beberapa komponen lainya. Vitamin D ini bisa mengatur beberapa manfaat sel yang ada pada tubuh.

Jenis Makanan vitamin d apa saja

Ada beberapa  makanan yang telah mengandung vitamin D. Berikut ini ada jenis makanan yang mengandung vitamin d apa saja:

1. Telur

Selain memiliki kandungan protein tinggi, telur ternyata juga mempunyai kandungan vitamin D. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi telur bagian kuningnya. Hal ini karena kandungan vitamin D dalam kuning telur hanya sekitar 40 IU. 

Akan tetapi, jika Anda ingin sekali meningkatkan vitamin D maka tidak boleh mengonsumsi telur secara berlebihan. Atau harus dapat langsung mengontrol pola makan.

Hal ini, tentunya karena telur mempunyai kandungan kurang lebih 200 miligram kolesterol. Tentu saja bila berlebihan akan langsung mengancam kesehatan jantung.

2. Ikan Laut 

Ikan salmon lebih dikenal sebagai kandungan protein  yang tinggi. Ikan salmon ini juga mempunyai kandungan vitamin D yang baik untuk tubuh. Selain itu, ikan salmon mempunyai kandungan yang kaya akan dimiliki Omega 3. 

Kandungan ini sangatlah diperlukan oleh tubuh. Kandungan vitamin D yang ada pada ikan salmon yaitu sekitar 100 gram ikan salmon dan telah diolah menjadi masakan. Hal ini artinya mempunyai kurang lebih 447 IU. 

Akan tetapi, tidak hanya ikan tenggiri, ikan salmon, ikan sarden serta ikan makarel juga memiliki kandungan vitamin D. Oleh karena itu, sangat bagus sekali jika rutin dikonsumsi.

3. Jamur

Jamur dikenal mempunyai kandungan vitamin D yaitu jamur jenis portobello. Jamur ini mempunyai berat sekitar 100 gram maka kurang lebih ada kandungan vitamin D sebesar 400 IU.

4. Minyak ikan

Minyak dari hati ikan kod ialah salah satu jenis makanan yang kaya kandungan vitamin D. Mengonsumsi minyak ikan kod menjadi pilihan tepat agar tubuh memperoleh nutrisi dari vitamin D. Hal ini karena setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod telah mengandung 448 IU vitamin D.

Selain vitamin D, minyak ini juga akan menjadi sumber vitamin A dan asam lemak omega-3. Misalnya saja seperti asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

Perlu Anda ketahui fakta terkait jamur mengalami yang namanya produksi vitamin D dari sinar matahari sama halnya seperti manusia. Jadi secara singkat makanan yang mengandung vitamin D apa saja akan bermanfaat untuk tubuh.

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category