Health

Perbaiki Pola Hidup! Berikut Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Amino

By Erwin |

Terhindar dari berbagai penyakit adalah keinginan setiap orang, termasuk anda. Meskipun sekarang ini banyak pengobatan yang sudah canggih dan modern, tapi menjaga lebih awal akan lebih baik. Cara mudah yang dapat dilakukan yaitu dengan menjaga pola makan sehat.

Pola makan sehat sangat diperlukan guna memenuhi kebutuhan zat yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh, salah satunya asam amino. Asam amino merupakan protein yang dipecah melalui proses metabolisme menjadi partikel yang lebih kecil yang akan digunakan untuk proses biosintesis. Secara umum memiliki fungsi sebagai antibodi, penghasil enzim, dan pembawa rangsangan kimia ke tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan akan asam amino tentu dibutuhkan asupan-asupan makanan yang sehat. Lantaran, asam amino tidak dapat diperoleh dari tubuh secara langsung, melainkan harus dipenuhi dari luar. Berikut beberapa jenis makanan yang mengandung asam amino :

1. Berbagai Jenis Kacang-kacangan

Berdasarkan penelitian yang ada, kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang mengandung asam amino. Yang menjadi sumber amino nabati ini antara lain edamame, kacang hijau, kacang tanah, almond, kacang merah, kacang brazil, biji jambu monyet.

2. Ikan

Ikan menjadi makanan yang digemari oleh masyarakat. Tanpa disadari, asam amino yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan tubuh untuk melancarkan peredaran darah dan asupan energi. Tidak hanya itu, ikan juga mengandung omega tiga yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak. Ikan yang direkomendasikan yaitu salmon, bandeng, lele, tenggiri, dan lainnya.

3. Daging Tanpa Lemak

Untuk memenuhi kekurangan kadar protein dalam tubuh, anda dapat mengonsumsi daging merah tanpa lemak. Misalnya saja, daging sapi dan unggas. Selain itu, memakan daging merah tanpa lemak bagus untuk anda yang menderita kolesterol.

4. Cottage Cheese

Cottage cheese atau keju cottage adalah salah satu makanan yang banyak mengandung protein. Terhitung per 100 g keju cottage mampu membantu pemenuhan kekurangan protein sebesar 25% setiap harinya.

5. Kuning Telur

Protein yang dihasilkan dari telur cukup tinggi dan mampu menjaga keseimbangan protein dalam tubuh. dimana telur mampu menjaga tingkat energi dari waktu ke waktu sehingga stamina tidak akan menurun ketika melakukan aktivitas. Tidak hanya itu, telur juga mempu membantu menghasilkan hormon serotonin sebagai pemicu perasaan bahagia.

6. Quinoa

Quinoa adalah makanan berbentuk biji yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Biji ini memiliki kandungan protein yang lengkap dan kompleks untuk mendukung pembentukan asam amino dalam tubuh. biji ini juga bagus dikonsumsi untuk diet karena mengandung serat. 

7. Susu

Dalam bagan empat sehat lima sempurna, susu memiliki peran yang penting dalam menyempurnakan pola makanan sehat yang dikonsumsi dalam seharinya. Susu memiliki kandungan asam amino yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi esensial manusia. susu juga bagus untuk kesehatan otot dan tulang, sehingga sangat direkomendasikan.

Demikian pembahasan mengenai beberapa jenis makanan yang mengandung asam amino sebagai penunjang kesehatan tubuh. Perlu dicamkan, lebih baik menjaga daripada mengobati.

Share

Trending Article

Mengenal Manfaat Beras Porang Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya

Kenali 6 Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasi BAB Susah Keluar

Mengenai Nutrisi Whey Protein, Manfaat & Efek Samping untuk Kesehatan Tubuh

Mengenal Perbedaan Kasein dan Whey Protein untuk Kesehatan Otot

Apa Itu Bulking? Ini Definisi, Manfaat dan Cara Bulking yang Tepat

Apa Itu Cutting? Ini Penjelasan Pola Latihan Cutting dan Rekomendasi Suplemennya

Article Category