Health

Perbandingan Kalori Nasi Putih dan Nasi Merah, Mana yang Lebih Baik?

By Erwin |

Tubuh manusia mengonsumsi nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh. Namun, perlu diperhatikan kalori nasi yang dikonsumsi, baik nasi putih maupun nasi merah. Kalori sendiri adalah nilai yang menunjukkan banyaknya jumlah energi yang didapat dari makanan/minuman. 

Agar Anda semakin paham tentang kalori dalam tubuh? Dan berapa jumlah kalori pada nasi putih dan nasi merah? Simak artikel ini! 

Berapa Kalori Tubuh Per Hari? 

Kebutuhan kalori tubuh per hari tergantung usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga metabolisme dalam tubuh. Namun, secara rata-rata pria dewasa membutuhkan kurang lebih 2.000-2.650 kalori per harinya. Wanita memerlukan kurang lebih 1.800 -2250 kalori per harinya. 

Jumlah kalori tersebut adalah perkiraan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh orang yang kondisi sehat. Namun, jika orang yang sedang menderita penyakit tertentu, maka kalori yang diperlukan bisa berbeda dengan orang yang sehat. 

Kenapa Tubuh Membutuhkan Kalori? 

Kalori pada tubuh manusia sangat penting untuk menunjang aktivitas fisik, lebih daripada itu kalori berfungsi melancarkan kinerja metabolisme dalam tubuh. Sisa kalori dalam tubuh manusia akan disimpan sebagai lemak. 

Jadi, meski kalori sangat penting bagi tubuh, namun kalori bisa mengakibatkan berat badan naik. Terlebih bagi Anda yang malas beraktivitas fisik atau olahraga dengan rutin. Manusia bisa mendapatkan kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, salah satunya adalah nasi, baik nasi putih maupun nasi merah. 

Kalori Nasi Putih

Nasi putih mempunyai kalori sebagai berikut: 

  1. Nasi putih 1 centong (sekitar 100 gr) kalorinya 129 kalori. 
  2. Nasi putih 1 ons kalorinya 112 kalori. 
  3. Nasi putih 1 piring kalorinya 204 kalori. 

Dengan demikian, jika dalam sepiring nasi putih tubuh mendapatkan 204 kalori. Maka, angka ini bisa memenuhi 10% dari kebutuhan angka kecukupan gizi harian tubuh. Jadi, ketika Anda dalam sehari mengkonsumsi nasi putih sebanyak tiga kali, artinya Anda memperoleh 600 kalori dari nasi putih saja. 

Kalori Nasi Merah 

Nasi merah mempunyai kalori yang lebih rendah daripada nasi putih. Nasi merah per satu centongnya (100 gr) hanya mempunyai 110 kalori. Kandungan nasi merah lebih banyak seratnya dan mempunyai indeks glikemik (G) yang lebih rendah daripada nasi putih. Hal inilah kenapa nasi merah sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. 

Tips Mengonsumsi Nasi Putih yang Benar

Ternyata mengonsumsi nasi putih secara berlebihan tidak baik bagi tubuh, karena bisa memicu berbagai penyakit berbahaya. Dalam penelitian yang dilakukan, masyarakat Asia yang suka mengonsumsi nasi setidaknya tiga kali sehari bisa meningkatkan risiko diabetes. 

Hal ini berbanding terbalik dengan orang Eropa yang minim resiko diabetes, karena mereka mengkonsumsi nasi kurang tidak lebih dari lima kali per minggunya. Untuk menjaga hal tersebut, ada istilah panduan piring makan agar gizi seimbang dalam tubuh bisa terpenuhi. 

Caranya adalah, nasi hanya ¼ piring makan, ¼ protein, dan  ½ piring sayuran dan buah. Pola ini bisa menjaga tubuh manusia tetap sehat. 

Itulah penjelasan tentang kalori nasi putih dan nasi merah yang perlu diketahui. Semoga membantu! 

Share

Latest Articles

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Article Category