Mom & Kids

Rekomendasi Merk Suplemen Asam Folat, Bantu Jaga Bumil dan Janin

By Vivi |

Asupan suplemen asam folat dibutuhkan ibu hamil untuk menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan. Anda bisa menemukan suplemen asam folat di apotik atau melalui e-commerce.

Fungsi suplemen asam folat bagi ibu hamil cukup krusial. Beberapa di antaranya mencegah anemia dan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Khasiat yang paling penting yaitu menjaga kesehatan janin pada trisemester awal sehingga janin terhindar dari kelainan atau bayi lahir dengan cacat tabung saraf.

Mari baca selengkapnya informasi mengenai manfaat suplemen asam folat bagi ibu hamil, cara memilih suplemen yang aman untuk ibu hamil hingga rekomendasi merk suplemen asam folat.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengonsumsi asam folat selama masa kehamilan akan membantu menjaga kesehatan janin hingga tanggal kelahirannya nanti. Berikut ini uraian selengkapnya.

1. Pembentukan Plasenta

Umumnya asam folat dikonsumsi sebelum hingga masa kehamilan. Beberapa dokter akan merekomendasikan pasien ibu hamil untuk mengonsumsi asam folat, khususnya pada trimester pertama.

Ternyata manfaat mengonsumsi asam folat turut membantu pembentukan plasenta di dalam kandungan. Plasenta yang terbentuk di dalam rahim berfungsi untuk menyalurkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan janin.

2. Penurunan Risiko Preeklamsia

Preeklamsia adalah istilah yang menjelaskan kondisi tekanan darah ibu hamil meningkat. Gejalanya ditandai dengan beberapa kondisi tubuh membengkak dan tingginya kadar protein dalam urine.

Perlu dilakukan penelitian lanjutan, namun beberapa ahli menyebutkan bahwa pemicu preeklamsia yaitu adanya gangguan perkembangan plasenta.

Dampak terparah dari preeklamsia bisa membuat ibu hamil kejang sampai potensi bayi lahir dengan berat badan kurang bisa terjadi.

Oleh karena itu, untuk menurunkan risiko preeklamsia, ibu hamil disarankan mengonsumsi asam folat khususnya saat usia kehamilan trimester kedua.

3. Pencegahan Risiko Cacat Tabung Saraf di dalam Kandungan

Manfaat selanjutnya yaitu mencegah risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin di dalam kandungan. Misalnya saja kondisi anensefali dan spina bifida.

Kondisi anensefali adalah kondisi di mana bayi yang lahir mengalami kelainan dengan tidak adanya sebagian otak dan tulang tengkorak. Walaupun berhasil dilahirkan, tapi bayi ini akan langsung meninggal setelah dilahirkan.

Sedangkan spina bifida merupakan kondisi kelainan yang terjadi pada saraf tulang belakang, di mana bayi memiliki celah di antara tulang belakang dan saraf tulang belakang. Bayi terlahir dengan gangguan kesehatan ini berisiko sulit berjalan, sulit tumbuh kembang, terkena infeksi otak dan saraf tulang belakang hingga cacat permanen.

Baca juga: Apa Itu Syndrome Baby Blues? Bagaimana Cara Mengatasinya?

4. Penurunan Risiko Penyakit Jantung Bawaan

Dampak saat ibu hamil kekurangan nutrisi asam folat selama masa kehamilan yakni bayi terkena penyakit jantung bawaan sejak di janin. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya sangat disarankan Anda mengonsumsi asam folat sesuai kebutuhan.

5. Pencegahan Risiko Kompilasi Kehamilan

Untuk menghindari terjadinya gangguan kesehatan atau masalah komplikasi kehamilan, dianjurkan ibu hamil mengonsumsi asam folat sesuai kebutuhan nutrisi ibu hamil. Masalah komplikasi kehamilan yang dimaksud beberapa di antaranya keguguran, gangguan perkembangan janin hingga kelahiran bayi prematur.

6. Optimalkan Produksi Sel Darah Merah

Khasiat mengonsumsi asam folat bagi ibu hamil yang terakhir yaitu membantu proses produksi sel darah merah. Dengan begitu, sel darah merah yang dibutuhkan ibu selama masa kehamilan cukup dan terhindar dari gangguan kehamilan yakni bayi lahir dengan berat badan rendah atau prematur hingga pendarahan setelah melahirkan.

Tips Memilih Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Berdasarkan data Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, umumnya kebutuhan nutrisi asam folat untuk wanita dewasa sebesar 400 mikrogram (MCG) per hari.

Adapun bila Anda merencanakan kehamilan atau sedang hamil, maka asupan asam folatnya meningkat hingga 600 mcg per hari. Pada ibu hamil yang mengandung janin kembar, konsumsi asam folatnya meningkat hingga 1.000 mcg atau 1 miligram (mg) per hari.

Untuk mencukup kebutuhan nutrisi asam folat tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan asam folat cukup penting. Beberapa makanan tersebut antara lain sayuran hijau, kacang-kacangan, buah, telur, hati sapi dan asparagus.

Selain itu, memperoleh asam folat atau vitamin B9 juga bisa dikonsumsi melalui suplemen vitamin khusus asam folat. Namun dalam memilih produk vitamin asam folat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Memilih kandungan asam folat sesuai kebutuhan, misalnya 400 mg atau 600 mg
  • Memastikan produk vitamin tersebut termasuk nutritional functional food
  • Memastikan produk vitamin telah terdaftar BPOM
  • Mempertimbangkan produk kandungan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Berikut ini rekomendasi suplemen untuk ibu hamil dan janin yang mengandung asam folat terbaik, di antaranya sebagai berikut.

1. Nuvita Folic Strip 1000 Mcg

Suplemen Nuvita Folic Strip mengandung asam folat sebesar 1.000 mcg per tablet. Meskipun kandungan asam folatnya tinggi, namun bentuk tabletnya kecil sehingga mudah dikonsumsi ibu hamil.

Bagi ibu hamil janin kembar, Vitamin Nuvita Folic Strip 1000 Mcg cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

2. Nutriwell Vitarom

Suplemen Nutriwell Vitarom kaya akan nutrisi, mulai dari nutrisi asam folat, vitamin C, vitamin D3, dan ekstrak daun pepaya yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil.

Untuk diketahui ekstrak daun pepaya berfungsi untuk tingkatkan jumlah trombosit di dalam darah untuk mencegah dan mengurangi gejala demam berdarah dan malaria. Sedangkan vitamin C dan vitamin D membantu mempertahankan dan meningkatkan daya tahan dan sistem imunitas tubuh.

3. Now Folic Acid 800 Mcg

Suplemen Now Folic Acid 800 Mcg yang mengandung asam folat membantu untuk memperbaiki genetik dan sintesis DNA. Selain itu, khasiatnya yakni untuk membelah sel, seperti sel darah merah, dengan cepat.

4. Nuvita Nutri Folic 1000 Mcg

Rekomendasi suplemen yang mengandung asam folat bagi ibu hamil dengan janin kembar adalah suplemen Nuvita Nutri Folic 1000 Mcg. Untungnya bentuk tablet suplemen Nuvita Nutri Folic kecil sehingga Anda mudah mengonsumsinya.

5. Natures Plus Folic Acid

Rekomendasi suplemen yang mengandung asam folat terakhir yakni suplemen Natures Plus Folic Acid. Suplemen ini memiliki kandungan nutrisi asam folat sebesar 400 mcg, vitamin B6 sebesar 5 mg dan vitamin B12 sebesar 15 mcg.

Khasiat suplemen Natures Plus Folic Acid membantu produksi dan pemeliharaan sel baru, mencegah terjadinya perubahan DNA yang bisa menyebabkan kanker hingga menjaga kesehatan jantung dan otak.

Nah, itulah uraian manfaat suplemen asam folat yang perlu diketahui ibu hamil lengkap dengan rekomendasi produk suplemen yang mengandung asam folat teraman dan terbaik untuk ibu hamil dan janinnya.

Anda bisa membeli suplemen asam folat di atas melalui website Natural Farm untuk mendapatkan harga khusus. Semoga selalu sehat selama masa kehamilan, ya!

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category