Health

Wajib Coba! 4 Makanan Pahit Yang Ternyata Sangat Baik Untuk Kesehatan!

By Erwin |

Kita sering kali menghindari makanan pahit. Padahal, tidak semua makanan dengan cita rasa pahit tersebut berbahaya. Bahkan, ada beberapa makanan yang rasanya pahit tapi nyatanya memiliki segudang manfaat kesehatan! Nah, berikut ini jenis makanan bercita rasa pahit namun perlu Anda coba agar tubuh tetap sehat. 

Pare 

Pare memang memiliki bentuk yang kurang enak dilihat. Selain itu, bahan makanan ini juga sangat pahit di lidah. Rasa pahitnya bahkan bisa menempel lama di lidah jika pare tidak diolah dengan benar.

Walaupun begitu, pare bukan makanan beracun. Justru rasa pahit dari pare bisa membantu menurunkan gula darah. Artinya, bahan makanan ini sangat baik untuk penderita diabetes. 

Ternyata, pare mengandung triterpenoid, polifenol, dan flavonoid. 3 kandungan ini memiliki manfaat luar biasa untuk menghambat pertumbuhan sel kanker! Pare biasanya dikukus, dipotong-potong, lalu disajikan dengan bumbu kacang dalam siomay. 

Teh Hijau 

Jenis teh yang satu ini memang terkenal memiliki cita rasa yang pahit jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya. Tapi, dibalik rasanya yang pahit, ternyata teh hijau memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahan makanan pahit ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Kandungan ini dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu beragam penyakit degeneratif. Selain itu, kandungan lain yang ada pada teh hijau juga sangat baik untuk mempertahankan kesehatan jantung. 

Sawi Hijau 

Anda mungkin tidak suka mengonsumsi sawi hijau karena rasanya yang pahit. Nah, mulai sekarang cobalah untuk lebih sering mengonsumsi sayuran ini. Terlepas dari rasanya yang pahit, sawi hijau memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. 

Kandungan glokosinolates-lah yang membuat rasa sawi menjadi pahit. Tapi, sayuran ini juga memiliki kandungan fitonutrien, seperti flavonoid, carotenoid, dan sulforaphane. Kandungan tersebut masuk dalam antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Dengan begitu, risiko terserang penyakit degeneratif menjadi lebih kecil. 

Bubuk Kakao 

Bahan makanan yang satu ini juga sangat pahit. Tapi, banyak orang menyukai bahan makanan ini jika sudah ditambahkan dengan bahan lain ataupun dijadikan coklat. Mengonsumsi bubuk kakao ternyata bisa menurunkan risiko penyakit jantung hingga 56 persen! 

Alasannya karena bubuk kakao mengandung beberapa zat bermanfaat seperti polifenol dan antioksidan. Kandungan ini juga membantu melebarkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Yang paling penting, Anda harus melihat kadar gula dalam produk coklat tersebut. Pilih produk kakao yang rendah gula agar kesehatan tubuh tetap terjaga.  

Terbukti! Tidak semua makanan pahit itu adalah racun bagi tubuh kita. 4 jenis makanan di atas memiliki cita rasa pahit namun ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Jadi, cobalah untuk mulai mengonsumsi jenis makanan bercita rasa pahit. Dengan begitu, tubuh bisa menyerap kandungan baik dari makanan tersebut. Anda pun bisa tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. 

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category