Mom & Kids

Rekomendasi 6 Vitamin Otak Anak untuk Tingkatkan Kecerdasan

By Vivi |

Mengonsumsi vitamin otak anak dapat membantu tingkatkan kecerdasan otak dan fungsi kognitifnya. Berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan anak, mulai dari protein, omega 3 dan 6, zat besi sampai vitamin B kompleks.

Umumnya, Anda akan memperhatikan makanan apa yang dikonsumsi Anak untuk memastikan kebutuhan nutrisi di tubuhnya. Namun ternyata, itu saja kurang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Mari cari tahu nutrisi apa saja yang dibutuhkan otak anak, cara memilih vitamin untuk kecerdasan otak anak dan merk vitamin untuk mencerdaskan otak anak.

Kebutuhan Nutrisi untuk Otak Anak

Untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak, Anda perlu mengetahui nutrisi apa saja yang berfungsi untuk tumbuh kembang otak dan tubuh anak. Secara spesifik, berikut ini nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

1. Protein

Nutrisi mendasar untuk membantu peningkatan kerja otak adalah protein. Bahkan bukan hanya meningkatkan kerja otak saja melainkan juga membantu optimalkan fungsi kognitif dan tumbuh kembang anak.

Karenanya tak heran bila sejak dini anak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Beberapa di antaranya seperti telur, kacang-kacangan, makanan laut hingga produk susu dan suplemen.

2. Omega-3 dan Omega-6

Omega-3 dan Omega-6 berfungsi meningkatkan fungsi kognitif pada anak melalui peningkatan pada kemampuan belajar sampai daya ingat dan konsentrasi anak.

Di dalam tubuh, Omega-3 akan berubah menjadi DHA alias docosahexaenoic acid. DHA merupakan asam lemak yang bisa membantu peningkatan otak anak, apalagi bila dibantu dengan enzim delta-4-desaturase.

Sedangkan Omega-6 yang menjadi asam lemak esensial selain mengembangkan fungsi otak anak. Nutrisi ini membantu pertumbuhan rambut dan kulit pada anak, menjaga kesehatan tulang sampai memaksimalkan sistem metabolisme dan reproduksi.

Makanan yang mengandung Omega-3 dan Omega-6 di antaranya kacang-kacangan, ikan salmon, tuna, sarden, susu dan suplemen khusus.

3. Asam Folat

Mencari suplemen atau vitamin yang mengandung asam folat atau vitamin B9 penting sekali. Pasalnya jenis nutrisi ini sulit diproduksi secara alami di dalam tubuh.

Asam folat berfungsi untuk memperkuat sistem saraf anak, membantu proses pembentukan sel darah merah sampai mencegah anemia pada anak.

4. Seng

Seng termasuk nutrisi yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi otak. Mineral yang satu ini terkandung di dalam beberapa jenis makanan seperti ikan, daging tanpa lemak, tiram sampai kacang-kacangan dan susu.

5. Zat Besi

Hampir serupa dengan seng. Zat besi menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak untuk membantu proses produksi sel darah merah.

Apabila anak berusia di bawah 2 tahun sudah kekurangan zat besi, risikonya cukup signifikan yakni menghambat perkembangan fungsi otak.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, berikan anak beberapa makan berikut ini yakni ikan, hati, telur sampai daging merah. Sedangkan zat besi nabati terkandung pada sayuran hijau, kacang-kacangan dan tahu. 

Baca juga: Ini 10 Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan & Kesehatan Tubuh

6. Kolin

Kolin merupakan mikronutrien larut air. Jenis nutrisi ini masih satu keluarga dengan nutrisi vitamin B kompleks. Selain membantu fungsi kognitif dan perkembangan otak anak, kolin turut membantu produksi DNA hingga meningkatkan aliran impuls saraf di otak.

Saat kecepatan aliran impuls saraf pada otak anak tinggi, maka hal ini dapat membantu daya berpikir anak semakin baik. Belum lagi adanya senyawa asetilkolin untuk menyempurnakan komunikasi antara otot dan saraf.

7. Vitamin B6

Vitamin B6 berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf, meningkatkan sistem imunitas tubuh sampai perkembangan otak anak.

Selain itu, kehadiran vitamin B6 di dalam tubuh ternyata membantu proses produksi hemoglobin. Hemoglobin dibutuhkan otak untuk membawa nutrisi dan oksigen menyebar ke seluruh tubuh sampai ke otak.

Vitamin B6 bukan jenis makronutrien yang bisa diproduksi secara alamiah di dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi vitamin B6 anak.

8. Vitamin B12

Nutrisi lainnya yang dibutuhkan otak anak yakni vitamin B12. Selain untuk perkembangan otak, vitamin ini membantu proses kecepatan sel saraf untuk menghantarkan impuls.

Fungsi vitamin B12 lainnya yakni menyokong produksi materi genetik tubuh agar perkembangan anak terjadi normal. Untuk mengurangi risiko terpapar penyakit anemia pada anak, vitamin B12 dapat membantu mencegahnya melalui proses pembentukan sel darah merah.

Tips Memilih Vitamin Otak untuk Anak yang Tepat

Mencari tahu produk vitamin untuk mencerdaskan otak anak cukup mudah. Ada berbagai jenis dan merk suplemen vitamin khusus untuk membantu kecerdasan anak, fungsi kognitif hingga tumbuh kembangnya.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan membeli produk suplemen vitamin tertentu. Hal tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Mencari tahu label komposisi alergi
  • Mengetahui komponen yang memicu alergi anak
  • Memastikan jumlah nutrisi yang terkandung dalam vitamin sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh si kecil
  • Memilih bentuk vitamin yang disukai anak kecil, apakah dalam bentuk sirup di dalam botol, tablet, kapsul atau softgel
  • Mengonsumsi vitamin sesuai dosis
  • Mendiskusikan dengan dokter anak terkait vitamin-vitamin tertentu

Rekomendasi Vitamin Otak untuk Anak

Sudah paham betapa pentingnya vitamin anak untuk daya tahan tubuh dan otak? Nah, berikut ini produk dan harga vitamin otak untuk anak, di antaranya sebagai berikut.

1. Natures Health Omega Junior 30 Softgels

Vitamin Natures Health Omega Junior 30 Softgels diklaim akan disukai anak-anak karena memiliki rasa orange sewaktu dimakannya. Bentuknya pun bersifat chewable alias cangkang softgel yang gampang digigit dan larut.

Memiliki kandungan Omega-3 dengan kadar DHA yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan sel retina, dan otak.

2. Youvit Omega 3 Gummy

Vitamin Youvit Omega 3 Gummy memiliki berbagai jenis rasa mulai dari rasa persik, jeruk dan raspberry. Untungnya vitamin ini tidak berbau amis sehingga anak mudah doyan mengunyah vitamin ini. Diformulasikan khusus untuk optimalkan kerja otak anak.

3. Wellness Kids Omega 3 30 Softgels

Vitamin Wellness Kids Omega 3 30 Softgels berbentuk softgel dengan rasa orange dan coklat. Kandungan Omega-3 membantu menimbulkan pola makan sehat pada anak.

4. ChildLife Liquid Vitamin C 4oz 118 Ml

Vitamin ChildLife Liquid Vitamin C 4oz 118 Ml berbentuk cair dengan varian rasa jeruk. Vitamin C yang terkandung didalamnya membantu ciptakan sistem imunitas tubuh anak.

Sejalan dengan itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya membantu tingkatkan antioksidan untuk memperkuat pertahanan tubuh saat melawan virus dan penyakit.

5. Nutriwell Children Multivitamin Gummies 60

Vitamin Nutriwell Children Multivitamin Gummies 60 mengandung 9 jenis kombinasi vitamin dan mineral esensial.

Berbentuk gummy dengan bentuk yang lucu sehingga anak mudah menyukai dan mengonsumsinya. Tersedia rasa lemon, stroberi dan jeruk alami.

6. Youvit Kids Vitamin Gummy

Vitamin Youvit Kids Vitamin Gummy mengandung formula khusus dengan bahan premium dan alami yang kaya akan 12 sayur dan buah asli.

Beberapa nutrisi yang terkandung di antaranya vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, Iodium, Selenium, hingga Zinc.

Nah, itulah rekomendasi vitamin otak anak dan informasi lengkap mengenai kebutuhan nutrisi otak anak.

Walaupun kebutuhan nutrisi anak sudah ada pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Akan tetapi, sering kali jumlahnya tak mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Untuk melihat suplemen dan vitamin lain yang baik untuk kesehatan Anda dan anak bisa mengunjungi website Natural Farm. Semoga bermanfaat.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category