Lifestyle

5 Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut Lebat dan Kuat

By Vivi |

Rambut merupakan mahkota setiap wanita. Saat menemukan persoalan rambut sering rontok, tak perlu khawatir. Sebab berikut ini rekomendasi shampo penumbuh rambut yang bisa Anda coba khasiatnya.

Rambut rontok bisa dialami oleh siapa aja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Apabila dibiarkan begitu saja, maka dapat membuat rambut semakin menipis hingga Anda mengalami kebotakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja Anda akan mencari shampo penumbuh rambut cepat. Bagaimana cara memilih produk shampo untuk rambut rontok dan penumbuh rambut yang tepat? Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.

Cara Kerja Shampo Penumbuh Rambut

Faktor penyebab terjadinya kerontokan yang terlalu sering terjadi sampai mengalami fase kebotakan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor genetik, orang tersebut mengalami perubahan hormon cukup drastis, hingga mengalami stres dan pola makan sehat tidak terjaga.

Peran shampo untuk menumbuhkan rambut hanya sebatas membantu memberi dukungan dengan cara menjaga kebersihan kulit kepala dan folikel rambut tetap sehat serta menstimulasi pertumbuhan rambut lebih optimal lagi.

Manfaat tersebut bisa Anda rasakan bila mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat akar rambut dan kesehatan kulit kepala. Jika nutrisinya saja tidak tercukupi, maka kerja shampo akan sulit untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut.

Umumnya shampo untuk penumbuh rambut mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). Kandungan bahan kimia tersebut membantu menjaga kebersihan kulit kepala dengan membersihkan kotoran yang menempel pada kulit kepala. Akan tetapi, kandungan SLS cukup kuat bagi rambut sensitif.

Kandungan lain yang tak kalah pentingnya yakni asam amino dan betaine. Bahan kimia tersebut berperan sebagai pengontrol proses produksi minyak rambut sekaligus membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala.

Untuk mengoptimalkan proses penyehatan rambut yang rontok sekaligus penumbuhan rambut yang botak, Anda perlu melengkapi treatment dengan kondisioner dan produk hair care lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Ketombe: Solusi Ampuh untuk Rambut Bebas Masalah

Tips Memilih Shampo Penumbuh Rambut

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih produk hair care seperti shampo yang cepat menumbuhkan rambut, di antaranya sebagai berikut.

1. Memilih Shampo Berbahan Aktif Ginseng, Biotin atau Kafein

Perhatikan kandungan di dalam shampo tersebut. Disarankan memilih produk berbahan aktif ginseng, biotin ataupun kafein. Sebab, ginseng dan kafein berperan aktif untuk meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Saat aliran darah lebih lancar maka proses penumbuhan rambut lebih maksimal.

Adapun kandungan biotin membantu pemenuhan nutrisi esensial yang dibutuhkan kulit kepala sehingga memberikan stimulasi rambut tumbuh dengan sehat.

2. Menyesuaikan Shampo dengan Jenis Kulit Kepala

Kemudian sesuaikan shampo dengan jenis kulit kepala. Tujuannya supaya pertumbuhan rambut yang lebat dan sehat lebih efektif dan efisien. Bagi ibu hamil dan menyusui bisa menggunakan langkah ini saat mengalami kerontokan selama masa kehamilan dan menyusui.

Adapun cara mengetahui jenis kulit kepala, antara lain:

  • Bila timbul sebum pasca keramas selama satu jam, maka kulit kepala Anda berminyak
  • Bila timbul sebum pasca keramas selama tiga jam, maka kulit kepala normal
  • Bila timbul sebum pasca keramas keesokan harinya, maka kulit kepala Ada kering

Setelah mengetahui jenis kulit kepala Anda, selanjutnya sesuaikan bahan kimia aktif berdasarkan jenis kulit kepala. Berikut ini penjelasannya:

  • Bagi kulit kepala berminyak bisa memilih shampo yang mengandung tea tree oil, zinc PCA, zinc pyrithione, salicylic acid
  • Bagi kulit kepala kering, bisa memilih shampo yang mengandung plant oil, glycerin, hyaluronic acid
  • Bagi kulit kepala sensitif, bisa memilih shampo yang mengandung alkohol, parfum, sulfat dan silikon

3. Mengatasi Masalah Ketombe dengan Shampo Antiketombe

Tips terakhir untuk memilih shampo penumbuh rambut terbaik yakni dengan melihat persoalan rambut itu sendiri. Bila Anda menemukan kerontokan yang diikuti dengan munculnya ketombe. Maka sebaiknya atasi persoalan ketombe terlebih dulu menggunakan shampo antiketombe.

Rekomendasi Shampo Penumbuh Rambut

Berikut ini rekomendasi shampo penumbuh rambut terbaik lengkap dengan kandungan dan khasiatnya.

1. O Sweet Singapore Anti Dandruff & Oil Control Shampo

O Sweet Singapore Anti Dandruff & Oil Control Shampo cocok untuk Anda yang  memiliki kulit kepala berminyak. Terdapat kandungan tea tree essential oil yang memiliki efek antibakteri sekaligus antiinflamasi dengan aroma relaxing. Kandungan menthol membantu mengurangi gatal di kepala sehingga kepala lebih segar.

Kemudian terdapat kandungan piroctone olamine, kandungan aktif untuk mengatasi ketombe dengan efek antioksidan dan bakterisidal. Kandungan amino acid menjaga kelembaban rambut dan mencukupi nutrisinya serta kandungan sericin untuk memperbaiki elastisitas rambut.

2. Eucalie Organics Hair Treatment Hair Loss Shampoo

Eucalie Organics Hair Treatment Hair Loss Shampoo merupakan shampo organik yang mengandung sulfate dengan ph-balanced tepat. Diproduksi dengan formula khusus menggunakan bahan premium organik baobab peptides, sphingony, rosemary dan essential oil.

Khasiat shamponya ini di antaranya untuk memperbaiki rambut rusak, mengurangi rambut rontok, menumbuhkan dan menghaluskan rambut, memperkuat akar rambut, hingga mengurangi ketombe dan iritasi kulit kepala.

Shampo ini cocok digunakan semua jenis kepala. Anak-anak dan ibu hamil aman menggunakan shampo ini.

3. Foligain Triple Action Shampoo for Men

Foligain Triple Action Shampoo for Men merupakan shampo penumbuh rambut khusus untuk pria yang mengandung bioaktif, trioxidil triple action complex sebesar 2%, dan moisture lock agar nutrisi terkunci sehingga kulit kepala lebih sehat.

Kandungan trioxidil komplex berkhasiat untuk menstimulasi pertumbuhan rambut lebih tebal, merevitalisasi nutrisi hingga menjaga kesehatan kulit kepala. Seluruh bahan kimia yang digunakan telah melalui proses uji klinis sehingga lebih aman untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

4. Escalade Loss Less Shampoo & Conditioner

Escalade Loss Less Shampoo & Conditioner mengandung berbagai bahan kimia yang baik untuk pertumbuhan rambut lebih sehat dan tebal. Mulai dari kandungan cressatine sebesar 50% untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala sehingga folikel rambut lebih kuat dan mengurangi kerontokan.

Kemudian kandungan tea tree oil untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan rambut, mengatasi iritasi, kulit kepala kering dan gatal. Kandungan terakhir yakni geranium oil yang bersifat antiinflamasi, anti jamur dan anti bakteri untuk mengurangi bakteri dan jamur penyebab ketombe.

5. Foligain Triple Action Shampoo Women

Rekomendasi shampo untuk menumbuhkan rambut yang terakhir ini dikhususkan untuk wanita yakni Foligain Triple Action Shampoo Women. Terdapat kandungan trioxidil kompleks dengan triple action formula untuk memberikan stimulasi pertumbuhan rambut lebih tebal, merevitalisasi nutrisi hingga menjaga kesehatan kulit kepala.

Nah, itulah rekomendasi shampo penumbuh rambut yang sehat dan tebal lengkap dengan kandungan nutrisi di  dalamnya. Anda bisa menyesuaikan setiap kandungan nutrisi dengan kebutuhan nutrisi berdasarkan jenis kulit kepala Anda.

Temukan produk perawatan dan kecantikan lainnya yang aman dan terdaftar BPOM di website Natural Farm.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Referensi:

  • https://id.my-best.com/4078
  • https://www.fimela.com/beauty/read/4532790/5-rekomendasi-sampo-penumbuh-rambut-yang-bikin-rambut-panjang?page=5
  • https://www.orami.co.id/magazine/sampo-penumbuh-rambut?srsltid=AfmBOoqqXlf3_V32sZ5a_W7QaMyEd9AbhCO6gtL28rap346mMNcIj-PR
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-rekomendasi-shampo-penumbuh-rambut-agar-kuat-dan-lebat?srsltid=AfmBOop3W8UldKsTsqcuHQHke8R5I4Icw6LbF2_mzxsSlfz-lFp-P4ot

Share

Latest Articles

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Kenali Perbedaan GERD dan Maag agar Tepat Cara Mengobatinya

10 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsi yang Benar

Article Category