Health

Ternyata Dibalik Kalori Tempe Goreng, Ada Manfaat Yang Luar Biasa Lho!

By Erwin |

Sumber protein tidak hanya dari hewani saja, anda juga bisa menemukannya pada tumbuhan atau disebut protein nabati. Tentunya lebih murah dan menyehatkan bagi tubuh. Salah satu produknya yaitu tempe. 

Siapa yang tidak tau bahan makanan satu ini? Pasti semua sudah mengetahuinya bukan. mengingat tempe menjadi sumber protein utama yang banyak dikonsumsi rakyat Indonesia termasuk anda. selain sudah popular, tempe bisa dibuat menjadi olahan apapun sesuai selera. 

Tapi jangan salah, cara memasak yang salah akan membuat kalori yang masuk dalam tubuh meningkat. Misalnya saja tempe goreng. Untuk itu, bagi anda yang sedang diet perlu memastikan kalori yang ada dalam tempe cukup alias tidak berlebihan. Meskipun begitu, dibalik kalori tempe goreng ada manfaat yang luar biasa yaitu: 

1. Baik Untuk Sistem Pencernaan 

Suatu riset menemukan bahwa probiotik mampu meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek di usus besar, termasuk butirat yang merupakan sumber utama energi bagi sel-sel yang membentuk lapisan usus besar.

Tak hanya itu, beberapa penelitian juga menghubungkan konsumsi prebiotik dengan peningkatan frekuensi buang air besar, pengurangan peradangan, dan peningkatan fungsi memori. Prebiotik inilah yang dihasilkan dari fermentasi tempe. 

2. Meningkatkan Rasa Kenyang 

Tempe menjadi salah satu makanan yang bisa membuat anda merasakan kenyang lebih lama lantaran mengandung protein yang tinggi. Dengan begitu, anda bisa dengan baik mengontrol konsumsi karbohidrat yang masuk dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, konsumsi kalori tempe goreng juga bisa membantu produksi panas yang mengarah pada meningkatnya metabolisme dan membantu pembakaran makanan yang ada di dalam tubuh, sehingga tidak ada pengendapan yang berakhir penciptaan lemak. 

3. Mengurangi Kadar Kolesterol Dalam Tubuh 

Konsumsi protein yang berasal dari kedelai mampu menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh. Sehingga aman dikonsumsi dalam jangka Panjang. Hal ini disebabkan oleh pengaruh senyawa alami yang disebut isoflavon. 

Dengan hal ini, lemak jahat atau kolesterol yang ada dalam tubuh bisa anda minimalisir dengan baik. Namun perlu diingat, meskipun begitu anda harus mengolah tempe dengan baik. Jika digoreng menggunakan minyak yang sehat. 

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Tempe merupakan salah satu sumber kalsium yang sangat baik. Mineral ini memiliki peran penting dalam menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. 

Asupan kalsium yang memadai terbukti dapat mengurangi risiko terkena osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai oleh penurunan kepadatan tulang. Peningkatan asupan kalsium telah terbukti bermanfaat dalam menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. 

Sekian pembahasan mengenai manfaat yang bisa anda dapatkan dari kedelai olahan atau tempe. Namun anda tetap harus memperhatikan kandungan kalori tempe goreng didalamnya agar tidak menyebabkan penyakit dalam tubuh. Gimana penasaran pengen cobain kenikmatanya? 

Share

Latest Articles

Tips & Cara Menambah Massa Otot dan Mengurangi Lemak

7 Rekomendasi Susu yang Mengandung Protein Tinggi Sesuai Kebutuhan Harian

10 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Pria, Aman dan Anti Ribet!

Ketahui Manfaat Aloe Vera untuk Wajah dan Kandungan Nutrisinya

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Article Category