Mom & Kids

Ketahui Vitamin Pencernaan Anak untuk Proteksi Kesehatan Pencernaan Buah Hati

By Vivi |

Mengonsumsi vitamin pencernaan anak sama pentingnya dengan mengonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan mata atau meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut lantaran vitamin pencernaan ini langsung berdampak pada organ vital yakni usus dan sistem pencernaan.

Siapa sangka ternyata gangguan pencernaan yang dialami bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya jadi kurang optimal. Umumnya vitamin pencernaan dikaitkan dengan suplemen probiotik alias pertumbuhan bakteri baik.

Bakteri baik berguna bukan hanya menyehatkan sistem pencernaan dan usus saja, melainkan juga optimal untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh anak. Berikut ini uraian selengkapnya.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Usus adalah bagian dari sistem pencernaan yang menjadi tempat persinggahan utama bakteri masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, di organ usus terdapat 70% sistem kekebalan tubuh sebagai garda terdepan memproteksi tubuh.

Ada bakteri jahat dan bakteri baik di dalam usus sehingga dibutuhkan keseimbangan sistem imunitas di sana. Yang akan terjadi saat bakteri jahat menguasai usus yakni risiko alergi terkait usus pada anak seperti eksim dan asma bisa saja terjadi.

Untuk menyeimbangkan kondisi usus tersebut, dibutuhkan sistem kekebalan tubuh guna memicu bakteri baik berproduksi. Dengan begitu usus dapat bekerja lebih optimal lagi. Tumbuh kembang anak berjalan lancar dan anak jadi lebih sehat dan energik.

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda bisa mengonsumsi probiotik. Berikut ini manfaat mengonsumsi probiotik dan vitamin untuk pencernaan anak antara lain:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah dan mengatasi diare
  • Mencegah dan mengatasi sembelit anak
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan
  • Menghindari timbulnya masalah pencernaan lainnya
  • Mengurangi tingkat eksim dan alergi pada anak

Penyebab Kesehatan Pencernaan Anak Terganggu

Sebenarnya dasar permasalahan pencernaan pada anak hanya terletak pada dua hal yaitu faktor cairan atau mineral dan kebutuhan nutrisi tubuh. 

Untuk diketahui cairan atau mineral berfungsi organ pada sistem pencernaan untuk memecah makanan kemudian melarutkan nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Saat kekurangan cairan tersebut, maka nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh sulit terlarutkan.

Sejalan dengan itu, tubuh jadi kekurangan nutrisi dan cairan krusial bagi kesehatan tubuh. Sekalipun telah terpenuhi cairan dan mineral di dalam tubuh namun tubuh tetap berpotensi mengalami gangguan pencernaan bila kekurangan beberapa nutrisi.

Kurangnya nutrisi serat bisa memicu sembelit dan diare tingkat 4. Omega-3, prebiotik dan probiotik yang kurang mempersulit kerja usus dan bakteri baik. Kurangnya zinc berpotensi mempersulit kinerja enzim di dalam tubuh manusia, khususnya organ pencernaan 6.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Anak dengan Eating Clean

Jenis-Jenis Vitamin Pencernaan Anak

Apa saja vitamin untuk memperbaiki pencernaan anak? Berikut ini empat vitamin yang membantu tingkatkan kesehatan pencernaan anak, di antaranya sebagai berikut.

1. Vitamin A

Beta karoten alias vitamin A ternyata berkhasiat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan khususnya kesehatan organ usus. Vitamin A bisa mengontrol komposisi mikrobiota di dalam usus.

Selain itu mempermudah proses serapan nutrisi dan menjaga usus selalu dalam sehat sebagai organ yang memberikan perlindungan terhadap kekebalan tubuh. Adapun makanan yang mengandung vitamin ini di antaranya tomat, brokoli, buah beri dan jeruk serta paprika.

2. Vitamin B Kompleks

Kemudian vitamin B kompleks seperti vitamin B1 dan B2 bagus untuk kesehatan sistem pencernaan. Vitamin B1 berperan sebagai pemecah karbohidrat. 

Sedangkan vitamin B2 berfungsi sebagai pendukung metabolisme lemak, karbohidrat dan keton. Vitamin B2 juta bisa berfungsi untuk tingkatkan membran mukosa pada saluran pencernaan.

Vitamin B3 berperan sebagai pendukung produksi cairan lambung dan sekresi empedu saat mencerna lemak. Vitamin B5 sebagai penggerak peristaltik di dalam saluran pencernaan.

Vitamin B7 untuk mendukung proses pemecahan lemak, karbohidrat dan protein. Adapun vitamin B12 sebagai pengirim sinyal pada otak dan saluran pencernaan.

Makanan yang mengandung vitamin B kompleks ini antara lain daging unggas, sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan hingga produk susu.

3. Vitamin C

Selain menjaga imunitas tubuh, vitamin C berperan untuk memproduksi kolagen yang dibutuhkan saluran pencernaan sehingga dapat bekerja lebih optimal lagi. Kolagen sendiri ampuh untuk melawan sel kanker yang mengendap di saluran pencernaan.

4. Vitamin D

Vitamin buat pencernaan anak yang terakhir yakni vitamin D. Khasiat vitamin D untuk tubuh di antaranya mengurangi risiko penyakit kanker usus besar. Kemudian vitamin D juga membantu tingkatkan kesehatan kalsium. Vitamin D bisa didapatkan dengan berjemur secara langsung di bawah sinar matahari.

Tips Memilih Vitamin Pencernaan Anak

Vitamin A, B kompleks, C dan Vitamin D bisa Anda dapatkan pada makanan-makanan tertentu. Namun, tak semudah itu melengkapi seluruh vitamin yang dibutuhkan anak. Oleh karena itu, untuk membantu melengkapi vitamin untuk anak sebaiknya berikan anak suplemen vitamin khusus.

Namun, bagaimana cara mengetahui mana jenis vitamin yang tepat dan aman untuk anak? Berikut ini tips, di antanya:

  • Pastikan suplemen dan vitamin yang dibeli memang khusus untuk anak
  • Pilih vitamin sesuai kebutuhan, dosis dan usia anak
  • Pilih bentuk suplemen yang bisa dikonsumsi anak, misalnya dalam bentuk tablet, softgel atau sirup
  • Perhatikan dosis dan kebutuhan vitamin harian anak
  • Pastikan suplemen vitamin telah terdaftar di BPOM
  • Lakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter bila anak memiliki riwayat penyakit tertentu

Rekomendasi Vitamin Pencernaan Anak

Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan anak dan menghindari potensi terkena penyakit sembelit, mual, diare hingga risiko kanker usus. Berikut ini rekomendasi vitamin anak yang bagus untuk pencernaan.

1. Interlac Mini Pack

Suplemen Interlac Mini Pack bisa dikonsumsi bayi yang baru lahir, anak-anak hingga orang dewasa. Kandungan suplemen Interlac ini antara lain Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan formula khusus untuk menyehatkan pencernaan.

2. Interlac Probiotik Drops 5 Ml

Suplemen Interlac Probiotik Drops 5 Ml sudah teruji klinis aman dikonsumsi oleh bayi baru lahir, anak-anak sampai orang dewasa. Kandungan suplemen Interlac ini antara lain Lactobacillus reuteri DSM 17938 dan formula khusus untuk menyehatkan pencernaan.

3. Interlac Tablet (Strawberry)

Interlac juga memiliki suplemen vitamin untuk anak-anak dan dewasa dalam bentuk tablet. Meski begitu, suplemen tablet ini gampang dikunyah dan berasa stroberi. Dalam satu boks Interlac Tablet (Strawberry) terdiri dari 30 tablet.

4. Interlac Tablet + Vit D3

Rekomendasi vitamin pencernaan yang terakhir memiliki kandungan vitamin D3. Formulasi khusus yang mengkombinasikan probiotik dan vitamin D3 pertama di Indonesia dan telah lulus uji klinis. Vitamin Interlac Tablet + Vit D3 dapat dikonsumsi anak berusia minimal 2 tahun, orang dewasa, lansia hingga ibu hamil.

Nah, itulah uraian pentingnya vitamin pencernaan anak, dampaknya bagi kesehatan anak bila saluran pencernaan terganggu hingga rekomendasi vitamin dari Interlac.

Anda bisa melihat suplemen dan vitamin lainnya untuk anak dan orang dewasa di platform Natural Farm. Mari jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category