Sport

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

By Vivi |

Ternyata susu whey protein bukan hanya untuk pria saja, melainkan susu whey protein untuk diet wanita dinilai efektif untuk mengoptimalkan program diet dan olahraga.

Apabila Anda sedang rutin melakukan fitness, disarankan untuk mengonsumsi susu protein untuk perempuan ini agar seluruh latihan fisik menghasilkan hasil lebih maksimal.

Sebab susu protein whey dapat membantu pembentukan massa otot. Mari ketahui lebih lanjut manfaat susu protein untuk diet wanita, cara memilih produk susu protein whey yang aman dan rekomendasinya.

Manfaat Whey Protein untuk Diet Wanita

Susu whey protein sering juga disebut protein shakes, merupakan susu protein yang berasal dari whey, kedelai dan juga protein kasein. Ketiga asam amino tersebut bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, ada sejumlah manfaat lain mengonsumsi minuman protein untuk wanita. Mengutip dari website kesehatan HelloSehat, berikut ini manfaatnya.

1. Rasa Lapar dan Nafsu Makan Berkurang

Beberapa penelitian yang diterbitkan Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics menuliskan bahwa dengan mengonsumsi protein akan meningkatkan rasa kenyang lebih lama. Karenanya, dengan mengonsumsi susu protein maka Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga dapat menurunkan nafsu makan berlebih.

2. Proses Pembakaran Lemak di Perut Lebih Efektif

Jika Anda memiliki permasalahan perut buncit, maka cara untuk menghilangkan lemak jahat di perut dengan mengonsumsi makanan, suplemen dan susu yang kaya protein.

Para ahli kesehatan menyepakati pernyataan bahwa diet dengan memperhatikan konsumsi protein dalam jumlah tinggi cukup efektif untuk menghilangkan lebih banyak lemak, khususnya lemak di bagian perut.

Secara spesifik, studi yang dilakukan dan ditulis dalam The Journal of Nutrition melakukan penelitian kepada sejumlah peserta yang mengonsumsi protein dengan kadar dilebihkan hingga 56 gram protein whey hariannya. Para peserta tersebut mengalami penurunan berat badan hingga 2,3 kilogram.

Akan tetapi perlu digarisbawahi bahwa Anda tetap perlu memperhatikan pola makan yang sehat dan mengonsumsi makanan bernutrisi lainnya.

3. Terhindar dari Peningkatan Berat Badan pasca Berat Badan Turun

Berdasarkan studi dari Physiology & Behaviour, peserta yang mengonsumsi protein tinggi dapat menurunkan berat badan cukup drastis. Bahkan, penurunan berat badan tersebut tidak diikuti dengan peningkatan berat badan berlebih pasca berat badannya turun.

4. Proses Metabolisme Meningkat

Para ahli dalam jurnal Nutrition & Metabolism menyebutkan bahwa melakukan diet tinggi protein dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh. Proses tersebut terbagi ke dalam dua cara yakni dengan mengurangi sekresi hormon ghrelinnya dan meningkatkan efek termal makanan.

Adapun orang yang sedang melakukan diet protein tinggi umumnya mengganti makanan dengan protein shakes sebagai sumber asupan kalori harian. Langkah ini cukup efisien untuk mengurangi berat badan.

5. Stimulasi Perkembangan Massa Otot

Whey protein yang terkandung di dalam susu protein bersifat anabolik. Artinya kandungan nutrisi tersebut akan memberikan stimulasi khusus untuk mengembangkan massa otot.

Sebab, bentuk lain protein yang terkandung di dalamnya akan meningkatkan asam amino yang berguna untuk proses sintesis protein otot. Oleh karena itulah alasan protein shakes dikonsumsi sebelum, selama atau setelah berolahraga.

Baca Juga: Ini Rekomendasi dan Manfaat BCAA untuk Tingkatkan Massa Otot

Cara Memilih Whey Protein untuk Wanita Diet

Ternyata tak semua susu protein whey efektif untuk menyukseskan program diet menurunkan berat badan. Pemilihan susu protein untuk diet wanita tergantung dari fungsi atau khasiat susu itu sendiri.

1. Whey Protein untuk Pembentukan Otot

Apabila susu whey protein diperuntukkan untuk membentuk dan mengembangkan massa otot, maka disarankan memilih produk susu protein shakes yang mengandung nilai biologis tinggi. Nilai tersebut sebagai parameter untuk mengetahui seberapa baik protein terserap dan bermanfaat untuk tubuh.susu whey protein untuk wanita

2. Whey Protein untuk Penurunan Berat Badan

Pilih susu whey protein yang bebas gula tambahan atau pemanis buatan dari pati (dekstrin). Pasanya jenis susu protein yang seperti itu yang baik dikonsumsi untuk tujuan menurunkan berat badan.

Disarankan tidak mengonsumsi susu protein yang memiliki kandungan asam amino rantai bercabang (BCAA), sebab kandungan nutrisi tersebut justru meningkatkan berat badan melalui perkembangan massa otot.

3. Whey Protein untuk Diet Vegan

Bagi Anda yang sedang mengikuti program diet vegan, ternyata ada produk susu protein khusus yang bisa Anda  konsumsi. Susu whey protein untuk diet vegan yang mengandung protein yang berasal dari protein nabati seperti kedelai, rami atau kacang polong.

4. Whey Protein untuk Pasien Diabetes

Sementara itu, bagi penderita diabetes yang wajib menghindari konsumsi gula tetap bisa mengikuti program diet tinggi protein dengan mengonsumsi produk susu whey protein khusus. Pastikan susu protein tersebut bebas dari tambahan gula dan kandungan karbohidratnya rendah sehingga gula darah tetap terjaga.

Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

ISOPURE Infusions 0.88 lb bisa menjadi pilihan whey protein untuk diet wanita. Susu protein ini mengandung whey protein isolate (WPI) yang bisa menghasilkan protein sebesar 20 gram.

Whey protein isolate akan menghasilkan kadar protein tinggi namun dengan  kandungan laktosa, lemak dan karbohidrat yang rendah, bahkan di setiap takarannya. Setiap takaran sajinya mengandung 90 kalori.

Diproduksi melalui formula khusus sehingga varian rasa buahnya yang bersifat alami menimbulkan rasa segar dan lebih mudah terserap. Terdapat varian ISOPURE Infusions 0.88 lb Mango Lime dan ISOPURE Infusions 0.88 lb Mixed Berry.

Disarankan mengonsumsi ISOPURE di pagi hari atau di antara waktu makan. Manfaat mengonsumsi ISOPURE sebagai susu protein mulai dari mencukupi kebutuhan protein harian, meningkatkan massa dan pembentukan otot, mempertahankan massa tubuh bebas lemak, membantu proses pemulihan otot hingga menurunkan berat badan.

Untuk menemukan produk suplemen multivitamin khusus untuk menjaga kesehatan dan produk-produk perawatan dan kesehatan lain, silakan kunjungi website Natural Farm.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Referensi:

  • https://hellosehat.com/nutrisi/diet/susu-protein-untuk-diet/
  • https://tirto.id/rekomendasi-susu-protein-untuk-wanita-dan-pria-gWtn
  • https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230117095212-267-901318/10-rekomendasi-protein-untuk-wanita-cocok-buat-diet
  • https://www.blibli.com/friends/blog/whey-protein-untuk-wanita-07/?srsltid=AfmBOoq8i29czTjskaow9ADD4VSYO8x5HzwxbFUFVQcAlPNi2P66px6M

Share

Latest Articles

Ternyata Paracetamol Tidak Boleh Diminum dengan Beberapa Jenis Obat Ini, Wajib Tahu!

Tanda Tanda Perut akan Sixpack dan Contoh Latihan yang Efektif

Mana Lebih Baik, BCAA vs Creatine? Kenali Perbedaannya!

Nutrisi dan Makanan untuk Bulking agar Hasilnya Lebih Optimal

Ternyata Begini Cara Menaikkan Massa Otot Dengan Cepat!

Manfaat dan Rekomendasi Whey Protein untuk Diet Wanita

Article Category