Health

4 Cara Menghilangkan Rasa Mual Sendiri Tanpa ke Dokter

By Erwin |

Sensasi mual yang datang tiba-tiba sering kali mengganggu aktivitas, apalagi yang disertai muntah. Di sisi lain, Anda tak bisa sembarangan mengaplikasikan cara menghilangkan rasa mual. Pasalnya, keluhan ini dapat menjadi tanda dari berbagai kondisi, dari kehamilan sampai penyakit serius.

Mengenal penyebab sensasi mual

Sensasi mual umumnya muncul akibat sesuatu yang memicu chemoreceptor trigger zone (CTZ). Adapun faktor-faktor penyebabnya mencakup:

  • Kehamilan. Seperti yang disinggung, kehamilan adalah salah satu penyebab mual yang dialami sebagian besar perempuan. Sejauh ini, efek human chorionic gonadotropin (HCG) yang disebut-sebut meningkatkan risiko tersebut;
  • Naiknya asam lambung. Banyak orang yang mencari cara menghilangkan rasa mual saat asam lambungnya naik. Tercampurnya makanan dengan asam lambung adalah faktor yang gejala mual;
  • Sistem cerna yang terinfeksi. Bakteri, virus, dan jamur penyebab infeksi pada sistem cerna sering menimbulkan reaksi, salah satunya mual hingga muntah. Hal ini juga jadi tanda tubuh yang berupaya mengeluarkan zat beracun;
  • Mabuk perjalanan dan alkohol. Mual akibat motion sickness di perjalanan cukup umum terjadi akibat tercampurnya sinyal yang dikirim ke telinga dan otak. Sementara alkohol acap kali memicu peningkatan asam lambung yang membuat Anda mual sampai muntah.

Cara mudah dan cepat mengatasi sensai mual

Setelah mengenali faktor penyebab, Anda dapat aplikasikan cara menghilangkan rasa mual yang cepat dan mudah berikut:

1. Minum air putih

Seperti yang diketahui, sebagian besar tubuh manusia terdiri atas cairan. Dalam hal ini, minum air putih dianggap membantu Anda meredakan sensasi mual yang diakibatkan kekurangan cairan atau gangguan kesehatan lain. Air hangat direkomendasikan untuk membuat tubuh lebih nyaman, terutama kalau Anda muntah-muntah.

2. Baringkan atau sandarkan tubuh

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membaringkan dan menyandarkan tubuh pada permukaan yang empuk dan lembut. Pasalnya, memaksakan diri untuk terus beraktivitas malah akan memperparah sensasi mual. Saat beristirahat, pastikan Anda memposisikan kepala lebih tinggi daripada bagian tubuh lain. 

3. Konsumsi makanan yang mudah dicerna

Cara menghilangkan rasa mual selanjutnya adalah mengonsumsi makanan yang mudah dicerna. Misalnya bubur dan pisang yang dianggap mampu meredakan sensasi tersebut. Kemudian, jahe juga direkomendasikan untuk menghangatkan tubuh sekaligus melancarkan sirkulasi darah. Anda bisa membuatnya jadi minuman seperti wedang jahe.

4. Jauhi sumber bau menyengat

Entah itu makanan, pakaian, atau sampah, sebaiknya hindari sumber bau menyengat saat sensasi mual belum kunjung menghilang. Saran ini biasanya ditujukan kepada ibu hamil yang sedang sensitif. Anda yang merasa mual akibat penyebab lain juga sebaiknya mencari tempat atau ruangan dengan udara bersih untuk meredakannya.

Semoga cara menghilangkan rasa mual ini bermanfaat untuk pemulihan kesehatan Anda

Share

Latest Articles

Cek 7 Cara Mengatasi Lemas pada Anak Setelah Sakit, Ampuh!

Anak Kurus Apakah Cacingan? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kenali 10 Penyebab Bayi Rewel dan Cara Ampuh Mengatasinya!

Intip 10 Fakta Bahaya Makan Mie Instan untuk Anak, Waspadalah!

Khasiat Madu untuk Promil dan Cara Tepat Mengonsumsinya!

Kenali 7 Ciri Ciri Batuk Alergi pada Anak & Bedanya dengan Batuk Biasa

Article Category